Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Desain Rumah yang Bisa Berputar 360 Derajat, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Arsitektur modern sekarang ini banyak membawa perubahan dalam hal desain dan gaya suatu bangunan. Bahkan dengan kemajuan teknologi, berbagai bentuk bangunan sekarang ini bisa diciptakan sama persis dengan imajinasi manusia. Sekarang ini sudah banyak bentuk bangunan yang unik dan berbeda dari standar bangunan pada umumnya.

Seperti yang beberap waktu sedang viral adalah bentuk bangunan spiral, kini ada lagi yang lebih unik. Memadukan antara teknologi dan seni arsitektur, kini mulai banyak desain rumah unik dan tak biasa. Salah satunya adalah rumah yang bisa berputar 360 derajat seperti bumi berotasi. Bahkan ada sebagian dari rumah tersebut bisa berputar karena tiupan angin.

Kini banyak orang berlomba-lomba membuat desain rumah yang bisa berputar. Untuk membangun rumah seperti ini memang diperlukan perhitungan dan teknik yang mumpuni. Tak hanya unik rumah 360 derajat ini juga menawarkan kemewahan dan pemandangan yang memanjakan mata. Penasaran seperti apa desain rumah yang bisa berputar 360 derajat ini?

Berikut 5 desain rumah yang bisa berputar 360 derajat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2019).

2 dari 6 halaman

1. Villa Girasole

Rumah yang terlatak di utara Italia ini dapat berputar penuh 360 derajat. Rumah unik ini dirancang oleh arsitek Roberto Rossi. Ia mengaku membuat rumah ini agar penghuninya bisa menikmati pemandangan sekelilingnya, berupa pesisir Adriatic yang dibingkai dengan perbukitan hijau.

Rumah berbentuk segi delapan ini menggunakan rotasi untuk mengarahkan panel surya ke arah matahari. Panel surya ini dipasang di atap sehingga mampu menyimpan panas matahari setiap saat. Layaknya rumah panggung, rumah ini berdiri tegak di atas sebuah tiang.

Tiang ini berfunsi ganda sebagai pemutar sekaligus poros rumah, yang memudahkan rumah ini untuk berputar. Strukturnya sendiri terbuat dari kerangka baja, dengan dinding yang dibangun dari potongan kayu. ide pembuatan rumah seperti ini sebelumnya pernah dilakukan oleh arsitek Angelo Invernizzi pada tahun 1930-an.

3 dari 6 halaman

2. ReActor

Rumah unik yang dapat berputar 360 derajat dengan tenaga angin ini dirancang dan dibangun oleh dua arsitek sekaligus seniman Alex Schweder and Ward Shelley. Dinding rumah unik ini menggunakan material transparan sehingga kita dapat melihat inetrior ruangan.

Rumah ini dibagi dua dengan tiang sebagai titik tengahnya. Masing-masing seniman memiliki kamar dan balkonnya sendiri. Sementara kamar mandi dan pantry berada di tengah. Tidak ada pengendali apapun untuk membuat hunian berputar. Rumah ini hanya mengandalakan angin.

4 dari 6 halaman

3. Everingham Rotating House

Everingham Rotating House terletak di pedesaan Australia dan sudah berumur lebih adri 60 tahun. Pemilik rumah pertama, Buckminster Fuller membangun rumah yang dapat berputar dengan tujuan agar rumah selalu terkena sinar matahari di berbagai musim.

Rumah ini mampu berputar hingga 360 derajat. Rumah putar ini memiliki bentuk segi delapan dengan diameter 24 meter. Sifat oktagonal rumah ini memungkinkan setiap ruangan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

5 dari 6 halaman

4. The Revolving House of T

Rumah ini awalnya merupakan hunian tua yang ditinggalkan oleh penghuninya. Namun di tangan Mochida Atsuko, rumah peninggalan yang sudah terbengkalai ini direkonstruksi kembali secara besar-besaran. Atsuko bahkan menambahkan struktur baru yang memungkinkan rumah ini berputar 360 derajat. Berlokasi di kota Mito, prefektur Ibaraki, Jepang, rumah ini menjadi tempat yang memudahkan penghuninya untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain.

6 dari 6 halaman

5. 359

Pada tahun 2016, PATH Architecture merancang sebuah rumah di Portland, Oregon, Amerika Serikat. Berukuran kecil, rumah seluas 13,4 meter persegi itu ternyata juga multifungsi. Bukan rumah biasa, bangunan yang diberi nama 359 tersebut dapat berputar 360 derajat.

359 Merupakan rumah yang mampu berputar secara manual dan dapat dioptimasi untuk menjadi lebih dingin ketika musim panas atau lebih hangat ketika musim dingin. Satu kelebihan lagi, perputarannya yang dibuat hanya 360 derajat tidak akan membuat kabel maupun saluran listrik tersangkut atau kusut.

Sementara itu, rumah 359 juga dilengkapi dengan ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tangga yang mengarah ke kamar tidur.

Loading