Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

6 Tanaman Hias yang Bisa Menghilangkan Racun Berbahaya di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Tanaman hias kini memiliki banyak penggemarnya. Umumnya, tanaman hias digunakan sebagai salah satu benda penunjang interior dan eksterior di rumah. Namun, ternyata tanaman ini enggak hanya sebatas mempercantik sudut ruangan rumah saja. 

Selain estetis, tanaman hias ini juga memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat tanaman hias yang masih belum banyak diketahui adalah kemampuannya untuk menyerap racun di udara. Tentunya, hal ini berguna untuk membuat kesehatanmu menjadi lebih baik.

Nah, buat kamu yang tinggal di lingkungan dengan udara yang kurang baik, bisa banget buat memanfaatkan tanaman hias untuk menyegarkan udara di sekitar rumah.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (19/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa tanaman hias yang bisa menghilangkan racun di area rumahmu.

2 dari 7 halaman

Lidah Mertua

Tanaman hias pertama yang bisa menghilangkan racun berbahaya di rumah pertama adalah lidah mertua. Tanaman ini memiliki nama latin Sansevieria, yang ternyata memiliki banyak nama berbeda di dunia.

Kalau di Indonesia tanaman ini dikenal dengan lidah mertua dan pedang-pedangan. Sedangkan sebutan untuk internasionalnya ada snake plant, snake tongue, dan devil’s tongue.

Tanaman ini diketahui dapat menyerap berbagai racun seperti formaldehid, benzena, dan trikhloroetana. Tanaman ini cocok kamu letakkan di dalam kamar. Keunggulannya yaitu bisa menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari.

Untuk peletakkan tanaman ini alangkah lebih baiknya ditaruh dekat area yang terkena cahaya, lalu rutin diberi air ketika tanah tanaman sudah mulai kering.

3 dari 7 halaman

Lidah Buaya

Tanaman ini dikenal baik karena memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Pemilik nama lain Aloe Vera ini memang lebih dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan seperti perawatan rambut dan juga wajah.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tanaman ini juga sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam ataupun luar ruangan dikarenakan kemampuannya dalam menyaring polutan di udara.

Ya, daun lidah buaya dapat meresap zat kimia berbahaya di udara. Kamu hanya perlu memberikan air selama tiga minggu sekali dan letakkan di tempat yang panas. Sangat cocok dijadikan tanaman hias di rumah yang minimalis.

4 dari 7 halaman

Sirih Gading

Walaupun nama tanaman ini masih sama-sama sirih, namun tanaman ini tidak bisa digunakan untuk menyirih yang biasa dilakukan oleh beberapa orang. Hal ini dikarenakan sirih gading merupakan jenis tanaman hias.

Tanaman hias ini juga memiliki nama asing yang berbeda-beda, seperti golden photos, devil’s ivy, dan nama latinnya yaitu Epipremnum aureum. Tanaman ini cukup mudah ditemukan, karena memiliki harga yang relatif murah.

Walaupun murah, siapa sangka kalau tanaman ini memiliki segudang manfaat yang besar untuk menyerap formaldehida atau formalin di udara di sekitar rumah. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya dapat menghilangkan senyawa kimia benzena dan trichloromenthyl yang dapat meracuni udara sekitar.

5 dari 7 halaman

Peace Lily

Walaupun memiliki nama Lily, namun sebenarnya bunga ini berbeda dengan jenis Lily yang aslinya. Selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman hias ini juga dapat menghilangkan polusi kimia di udara atau tercemarnya udara akibat cairan pembersih di rumah.

Ya, tanaman Peace Lily memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat berbahaya dalam udara seperti formaldehid, benzena, trichloroethyele, toluene, dan xilena. Buat kamu yang tertarik untuk menanam tanaman ini ada baiknya untuk meletakkannya di dekat jendela. Jangan lupa untuk menyiram ketika tanahnya sudah mulai kering.

6 dari 7 halaman

English Ivy

Tanaman hias yang biasa digantung dan merembat ini ternyata sangat baik untuk kesehatan paru-paru kamu. Hal ini dikarenakan English Ivy merupakan salah satu tanaman yang dapat memfilter dan menjernihkan udara di dalam rumah.

Kamu bisa melatakkan tanaman ini di rumah atau di kantor, karena tanaman ini sangat baik untuk kamu yang sangat sensitif terhadap asap rokok. Letakkan tanaman English Ivy ini di dekat sumber cahaya dan pastikan untuk rutin menyiramnya supaya tidak kering.

7 dari 7 halaman

Pakis Boston

Tanaman hias yang biasa disebut fern ini merupakan tanaman yang terbilang mudah untuk ditemukan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Salah satunya adalah tanaman ini dapat memengaruhi kulit menjadi lembap dan tidak mudah kering. Untuk cara merawat tanaman hias ini hanya perlu disiran secukupnya dan ditaruh di tempat yang sering terkena cahaya matahari.

Selain beberapa tanaman hias yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi tanaman hias yang baik untuk menyerap racun berbahaya di rumah.

Loading
Artikel Selanjutnya
Macam-Macam Bunga hias dan Namanya, Mudah Ditanam di Pekarangan
Artikel Selanjutnya
5 Tanaman Hias dengan Aroma Khas, Pengharum Ruangan Alami