Sukses

6 Makanan Manis Pengganti Permen untuk Anak, Lebih Sehat dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Permen merupakan makanan yang paling digemari anak-anak. Rasanya yang manis dan kaya rasa membuat anak-anak tak bisa berhenti mengunyahnya. Permen memang bisa menyenangkan hati anak. Namun, permen juga memiliki dampak buruk jika dikonsumsi terus menerus.

Permen kebanyakan terbuat dari gula, perisa buatan, dan pewarna makanan. Ini menyediakan kalori tetapi sangat sedikit nutrisi. Permen bisa merusak gigi, memicu obesitas, hingga berkurangnya nafsu makan pada anak. Dampak buruk permen inilah yang membuat para orang tua perlu membatasi konsumsi permen pada anak.

Mengurangi kebiasaan makan permen pada anak penting diterapkan. Ini juga termasuk memberi kesadaran pada anak dampak buruk apa yang didapat akibat mengonsumsi banyak permen. Banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya adalah mencari alternatif pengganti permen.

Alternatif pengganti permen ini jauh lebih sehat, namun masih memiliki rasa manis yang disukai anak. Salah satu contoh pengganti ini adalah buah-buahan karena mengandung gula alami yang jauh lebih aman dari gula buatan yang ada pada permen. Anda bisa membuat sendiri alternatif permen di rumah. Berikut 6 alternatif permen yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2019).

2 dari 7 halaman

Buah Segar

Buah segar adalah alternatif paling mudah dan terjangkau. Buah segar aman dikonsumsi setiap hari. Buah segar secara alami manis dan dikemas dengan nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral. Buah segar juga dapat memberikan sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Tidak seperti permen, buah-buahan biasanya rendah kalori dan tinggi serat. Misalnya, 1 cangkir (144 gram) stroberi hanya mengandung 46 kalori, 3 gram serat dan 94% dari Nilai Harian untuk vitamin C. Anda bisa mengombinasikan buah-buahan yang dikonsumsi pada anak setiap hari.

Anda juga bisa mencoba membekukan buah untuk variasi camilan si kecil. Buah beku menjaga nutrisi buah segar karena sepenuhnya matang sebelum dibekukan. Di rumah, Anda dapat membekukan buah dengan yogurt untuk camilan cepat dan sederhana.

3 dari 7 halaman

Buah Kering

Ada banyak mancam buah kering, yang paling terkenal adalah kismis dan kurma. Sepotong buah kering mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan buah segar, tetapi terkondensasi dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Berdasarkan beratnya, buah kering mengandung hingga 3,5 kali serat, vitamin, dan mineral buah segar.

Buah kering umumnya mengandung banyak serat dan merupakan sumber antioksidan, terutama polifenol. Karena kering, buah kering sangat terkonsentrasi dalam nutrisi dan gula, menjadikannya lebih manis dan lebih padat kalori daripada buah segar. Jadi perhatikan porsi hariannya.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah kering memiliki kualitas makanan dan asupan gizi yang baik, dua faktor yang terkait dengan berat badan yang lebih rendah.

4 dari 7 halaman

Es Loli Buatan Sendiri

Es loli buatan rumah memberimu semua manfaat buah tanpa tambahan gula dan bahan buatan yang ada di es komersial. Untuk menyiapkannya, cukup campur buah pilihan dengan air, jus, atau susu. Tuang campuran ke dalam cetakan es loli atau gelas plastik, letakkan tongkat es loli di tengah masing-masing, dan bekukan semalaman.

Jika Anda lebih suka tekstur yang lembut, padukan dengan yogurt atau cukup masukkan tongkat es loli ke dalam cangkir yogurt dan bekukan untuk pencuci mulut yang cepat. Anda bisa mengajak anak untuk membuat es loli ini bersama dan membiarkannya berkreasi sedemikian rupa.

5 dari 7 halaman

Apel Panggang

Apel kaya akan serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman lainnya. Satu apel ukuran sedang (182 gram) mengemas 17% asupan harian untuk serat, 9% asuoan harian untuk vitamin C, dan senyawa tanaman yang kuat, termasuk polifenol yang dapat melindungi terhadap penyakit kronis.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan buah ini secara teratur memiliki risiko kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2 yang berkurang, dan penambahan berat badan. Untuk membuat apel panggang, potong apel menjadi potongan-potongan, tambahkan sedikit minyak kelapa dan kayu manis, dan panggang selama 20-30 menit pada suhu 176 derajat Celcius.

6 dari 7 halaman

Puding Alpukat-Cokelat

Alpukat adalah sumber lemak sehat, serat, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Alpukat juga menyediakan vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, dan kalium. Penelitian menunjukkan bahwa lemak dan serat dalam alpukat dapat membantu menjaga nafsu makan, yang sangat penting untuk pengendalian berat badan.

Anda bisa membuat puding kental dengan memadukan buah ini hanya dengan beberapa bahan sederhana, seperti bubuk kakao dan madu. Anda juga bisa memadukan puding alpukat dengan buah lain seperti jeruk dan stroberi.

7 dari 7 halaman

Kacang Panggang Madu

Kacang dikemas dengan asam lemak tak jenuh, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol LDL (buruk) sebesar 3–19%.

Kacang juga tinggi serat, protein berkualitas tinggi, dan senyawa tanaman bermanfaat. Memanggang kacang dengan madu memberi perpaduan rasa manis dan asin yang sempurna. Madu merupakan pemanis alami yang aman dibanding dengan gula lainnya.

Loading