Sukses

5 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Agar Tidak Menimbulkan Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan makan bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit. Hal ini tentu saja jika kamu melakukan berbagai kebiasaan makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk memperhatikan lagi bagaimana kebiasaan makan kamu untuk menjaga kesehatan.

Kebiasaan makan yang tidak sehat adalah salah satu faktor risiko utama yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan kondisi kesehatan lain yang terkait dengan obesitas.

Kebiasaan makan yang tidak sehat harus segera dihindari. Jika kamu ingin tetap menjaga kesehatan dan tidak ingin berbagai penyakit menyerang, sudah seharusnya kamu benar-benar memperhatikan kebiasaan makan yang harus dihindari ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/9/2019) beberapa kebiasaan makan yang harus dihindari agar tidak menganggu kesehatan tubuh.

2 dari 6 halaman

Makan Porsi Besar Sekaligus

Kebiasaan makan pertama yang harus dihindari adalah makan dengan porsi besar secara sekaligus. Biasanya orang melakukan hal ini jika ia melewatkan salah satu waktu makan. Banyak orang berpikir, karena melewatkan sarapan atau makan siang, maka ia harus makan dengan porsi yang banyak pada sore hari atau malamnya.

Ternyata pikiran tersebut tidak benar dan merupakan kebiasaan makan yang salah. Daripada makan dengan porsi besar dalam sekali waktu, lebih baik kamu melatih diri dengan makan porsi kecil setiap harinya. Kamu juga bisa menukar piring makan yang besar dengan piring yang kecil saat makan.

3 dari 6 halaman

Makan Terburu-Buru

Jika kamu memiliki kebiasaan makan terburu-buru maka hal ini bisa menyebab kamu memiliki kelebihan berat badan. Hal ini karena melahap makanan terburu-buru, baik itu camilan maupun makanan besar, tidak memberikan waktu yang cukup bagi otak untuk merespon dan mengejar ketinggalan dengan perut.

Jika kamu menghabiskan makan siang kurang dari 10 menit, maka kamu mungkin saja makan lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itulah, berat badan bisa naik karenanya.

Untuk menghilangkan kebiasaan makan terburu-buru, kamu bisa meletakkan sendok garpu di antara suapan, ambil porsi suapan yang lebih kecil, dan pastikan untuk mengunyah makanan dengan menyeluruh. Selain itu, minum air putih selama makan juga akan membantu kamu memperlambat makan dan merasa lebih kenyang seiring waktu.

4 dari 6 halaman

Melewatkan Sarapan

Hal ini mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan, yaitu melewatkan sarapan. Padahal sarapan merupakan waktu makan yang paling penting sepanjang hari. Apalagi bagi orang-orang yang sering terburu-buru pada pagi harinya, sarapan pun jadi ditinggalkan.

Melewatkan sarapan tidak hanya akan menguras energi untuk seharian ke depan, namun juga mungkin membuat kamu lebih rentan ngemil terus-terusan sepanjang hari. Melewatkan sarapan juga akan mengganggu metabolisme tubuh, sehingga tubuh membakar lebih sedikit kalori.

Jadi, jika sedang berusaha menurunkan berat badan, melewatkan sarapan bukanlah kebiasaan yang baik. Sarapan memberi dorongan energi ekstra yang dibutuhkan untuk menjalani rutinitas harian. Sepotong roti lapis dengan selai kacang pun tidak masalah dijadikan sebagai sarapan.

5 dari 6 halaman

Ngemil Tengah Malam

Kebiasaan makanan yang harus dihindari selanjutnya adalah ngemil pada tengah malam. Sesekali ngemil tengah malam saat kamu terbangun kelaparan tidak apa, namun jika kamu jadi tidak bisa tidur tanpa mengudap sepiring kue cokelat atau semangkuk es krim terlebih dulu, maka hal ini dapat menjadi risiko kenaikan berat badan drastis.

Para peneliti menduga bahwa semakin lama selang waktu antar jam makan memungkinkan tubuh untuk memproses makanan lebih efisien. Alasan lainnya, kamu bisa tidur lebih baik jika tidak ngemil larut malam, hal ini karena ngemil pada tengah malam hanya akan membuat kamu kesulitan tidur karena tubuh akan sibuk mencerna makanan.

6 dari 6 halaman

Ngemil Sepanjang Hari

Ngemil sepanjang hari adalah salah satu dari sekian banyak kebiasaan buruk yang dimiliki oleh banyak orang. Apalagi jika kamu, ngemil tanpa henti, dengan makanan berkalori tinggi dan penuh karbohidrat kosong.

Sebenarnya ngemil sah-sah saja dilakukan, asalkan kamu pintar-pintar menyiasatinya. Jauhkan diri kamu dari segala macam junkfood dan siapkan makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur. Selain itu, untuk memangkas asupan garam, cobalah untuk meningkatkan rasa makanan yang dimasak di rumah dengan bumbu dan rempah-rempah daripada menambahkan garam ataupun penyedap yang tidak sehat.

Selain itu, masih ada beberapa kebiasaan makan yang harus dihindari, seperti, makan saat emosi hingga makan sambil menonton tv atau melakukan hal-hal lainya.