Sukses

6 Destinasi Wisata Puncak Bogor dan Sekitarnya, Alamnya Sejuk Memesona

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Puncak Bogor masih menjadi pilihan terbaik untuk menikmati nuansa alam yang segar dan memesona. Banyak warga kota khususnya, memilih Puncak Bogor untuk menghabiskan waktu berliburnya. Hal ini dikarenakan Puncak Bogor memiliki suhu relatif dingin, berbeda dengan di kota.

Tempat wisata Puncak Bogor selalu menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang banyak dipilih. Banyak orang dari berbagai wilayah telah merencanakan liburannya ke Puncak Bogor untuk liburan.

Tak salah memang memilih destinasi wisata Puncak Bogor untuk menghabiskan akhir pekan. Beberapa destinasi wisata Puncak Bogor memang menawarkan alam yang sejuk dan memosana. Cocok untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas di kota yang padat.

Berikut ada beberapa referensi destinasi wisata Puncak Bogor yang bisa kamu kunjungi. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa destinasi wisata Puncak Bogor dengan alamnya yang memesona, Selasa (1/10/2019).

2 dari 7 halaman

Kebun Raya Cibodas

Sebelum menuju Puncak Bogor, kamu bisa berkunjung sebentar ke kawasan jalur arah Puncak antara Taman Safari-Cipanas. Ada destinasi wisata Puncak Bogor yang tak biasa, yaitu Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas yang terletak di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur.  

Pohon yang biasanya ada di Jepang ini bisa kamu lihat di Kebun Raya Cibodas. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat kamu temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini. Kamu bisa menikmati indahnya bunga Sakura di taman ini sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan iklim dan kontur tanah yang berbeda dengan tempat aslinya, Jepang.

Kamu bisa menikmati padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman yang langka, taman lumut, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

3 dari 7 halaman

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata Puncak Bogor ini kamu bisa mengunjungi taman-taman dengan tema tertentu seperti Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih.

Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

4 dari 7 halaman

Paralayang Bukit Gantole Puncak Bogor

Destinasi wisata Puncak Bogor yang satu ini cocok buat kamu yang suka olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor kamu bisa paragliding, mengudara sambil berswafoto.

Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Kamu bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Nantinya kamu akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan terjamin.

5 dari 7 halaman

Little Venice Puncak

Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan menggunakan arsitektur yang sangat mirip dengan kota Venesia di Italia. Di sini kamu bisa mencoba berbagai permainan, mulai dari sepeda untuk anak-anak hingga gondola yang bisa kamu dayung sendiri.

Selain bisa mendayungnya sendiri, kamu juga bisa menggunakan petugas untuk mendayung gondola. Sementara kamu hanya duduk santai menikmati pemandangan Puncak Bogor yang indah dari atas gondola.

6 dari 7 halaman

Curug Cibeureum

Jika kamu ingin menikmati kesegaran alam yang asri khas Puncak Bogor, kamu bisa mengunjungi Curug Cibeureum. Curug berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti sungai. Sedangkan Curug Cibeureum jika diartikan memiliki makna air terjun sungai merah.

Penamanan ini bermula dari, karena zaman dahulu air terjun ini memiliki aliran air yang berwarna merah. Warna merah ini disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing. Di sini kamu bisa menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona.

Curug Cibeureum ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, cukup besar dan tinggi sehingga sangat menarik untuk dinikmati.

Untuk bisa menikmati air terjun ini, kamu perlu berjalan kaki terlebih dahulu sepanjang 3 kilometer. Tak perlu merasa lelah, karena di sepanjang perjalanan kamu akan banyak menemukan tempat peristirahatan.

7 dari 7 halaman

Agrowisata Gunung Mas

Destinasi wisata Puncak Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya. Kamu juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini.

Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini kamu akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh.