Sukses

Seniman Ini Bikin Jembatan dari Bahan Tak Terduga, Unik Banget

Steve Messam seorang seniman Inggris membuat jembatan dari puluhan ribu kertas.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini banyak sekali jembatan mulai dari jembatan penyeberangan mobil, kereta api, kapal dan masih banyak lagi. Keberadaan suatu jembatan berfungsi menghubungkan orang dari satu tempat ke tempat lain saja. Pada umumnya, jembatan dibuat dari kayu, besi, atau beton.

Hal ini agar jembatan tersebut mampu menopang beban yang berat dan tetap kokoh. Tapi di Inggris ada sebuah jembatan yang terbuat dari kertas. Bisa membayangkan bagaimana jembatan yang terbuat dari kertas ini?

Layaknya sebuah sulap, seorang seniman Inggris membuat jembatan dari puluhan ribu kertas. Seniman tersebut bernama Steve Messam, yang membuat jembatan di sungai di pedesaan Lake District National Park of Cumbria, di Inggris.

Diketahui Steve Messam membuat jembatan yang diberi nama Paper Bridge ini menggunakan 22 ribu lembar kertas, seperti yang Liputan6.com lansir dari Dezeen, Selasa (8/10/2019). Meskipun jembatan ini hanya terbuat dari kertas, jembatan ini sama kokohnya dengan jembatan-jembatan pada umumnya yang terbuat dari kayu ataupun besi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Unik dari Kertas

Dalam kondisi basah pun jembatan ini diklaim masih tetap kuat. Messam tidak menggunakan lem maupun tulangan baja untuk membangun jembatan ini. Ia benar-benar memakai kertas dengan metode kompresi. Uniknya, jembatan ini juga bisa dilewati manusia tanpa runtuh.

Jembatan ini dibuat menggunakan prinsip-prinsip dasar yang sama dari rekayasa, yang telah digunakan untuk membangun footbridges selama ribuan tahun. Jembatan ini dibangun dari serangkaian kertas yang disusun menjadi balok yang masing-masing berisi 1.000 lembar.

Jembatan ini tidak hanya tahan cuaca, bahkan akan semakin kuat ketika terkena air. Hal ini dikarena kertas yang menyerap air justru bisa membuat semakin erat. Paper Bridge adalah proyek sementara yang ditugaskan oleh organisasi pariwisata Lake distrik, Inggris. Setelah 10 hari, jembatan ini akan dibongkar dan kertas kembali di daur ulang. Sementara itu, batu-batu yang digunakan akan disebar di sekitar area tanpa meninggalkan jejak keberadaan jembatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini