Sukses

Macam-macam Jenis Usaha dengan Modal Kecil, Bisa Dikelola di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam jenis usaha perlu diketahui oleh orang-orang di zaman ini. Apalagi dengan kehidupan yang dinamis, dibutuhkan ide usaha yang mampu bertahan lama dan bisa beradaptasi mengikuti berbagai perkembangan. 

Banyak orang yang ingin membuka usaha, namun bingung usaha seperti apa yang ingin dibuka. Apalagi dengan begitu banyaknya jenis usaha yang muncul saat ini. Tentunya berbagai peluang usaha yang memiliki keuntungan besar diincar banyak orang.

Macam-macam jenis usaha dengan modal yang cukup kecil bisa dilakukan. Selain mudah dalam pengerjaannya, usaha ini juga bisa dilakukan dari rumah dan tentunya menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.

Apalagi dengan ketersediaan internet yang sekarang sudah merambah tempat terpencil sekalipun, usaha kamu tentunya bisa cepat berkembang dengan kerja yang tekun dan disiplin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019) tentang macam-macam jenis usaha

2 dari 6 halaman

Bisnis Online

Macam-macam jenis usaha yang pertama adalah bisnis online. Jenis bisnis online ini merupakan yang peluang usahanya berkembang dengan begitu cepat. Apalgi dengan tersedianya internet dan smartphone yang telah begitu global.

Membuka Toko Online

Macam-macam jenis usha online yang pertama tentunya adalah membuka toko online. Ini merupakan peluang bisnis rumahan yang paling mudah dan tidak terlalu berat dikerjakan.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya memerlukan smartphone dan melakukan promosi. Jika ada pesanan, kamu hanya perlu menghubungi supplier barang dan mereka akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pelanggan Kamu dengan menggunakan nama usaha Kamu. Jangan pernah sepelekan bisnis ini, walaupun simpel tetapi hasilnya menggiurkan.

Menjual Foto Online

Macam-macam jenis usaha online selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menjual foto secara online. Hal ini tentunya berlaku bagi orang-orang yang menyenangi fotografi. Dengan hasil jepretan sendiri, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjualnya secara online.

Pastinya akan selalu ada orang yang bersedia membeli foto yang kamu hasilkan jika memang fotonya bagus dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto).

3 dari 6 halaman

Bisnis Penyediaan Jasa

Macam-macam jenis usaha selanjutnya adalah dari bisnis penyediaan jasa. Bisnis seperti ini perkembangannya juga semakin cepat dengan dukungan dari internet dan smartphone. Selain itu, bisnis penyediaan jasa juga mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal yang terlalu banyak, sehingga banyak menjadi pilihan.

Laundry

Bisnis seperti ini tentunya sangat banyak ditemukan di perumahan yang padat, terutama di kota besar. Usaha laundry saat ini merupakan peluang usaha sedang digemari saat ini terutama di daerah perkotaan.

Hal ini dikarenakan mencuci pakaian kotor merupakan pekerjaan yang selalu dilakukan setiap hari. Namun saat ini banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Salah satu kunci sukses bisnis laundry adalah letak usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat. Setelah kamu memiliki tempat usaha yang strategis maka selanjutnya kamu harus mempersiapkan peralatan laundry yang berkualitas. Dengan memiliki alat laundry yang berkualitas maka hasil cuci kamu juga akan menjadi lebih baik.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan strategi pemasaran yang menarik dan unik. Kamu dapat menyebarkan selebaran di lingkungan sekitar tempat usaha kamu atau memberikan harga promosi yang menarik.

 

4 dari 6 halaman

Bisnis Penyediaan Jasa Lainnya

Cuci Motor dan Mobil

Macam-macam jenis usaha selanjutnya yang tak kalah menjanjikan dan menguntungkan saat ini adalah bisnis cuci mobil dan motor. Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar.

Usaha cuci mobil dan motor juga memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Walau terlihat sepele namun banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka secara rutin. Oleh sebab itu banyak pemilik kendaraan tersebut mencuci di tempat cuci mobil dan motor.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi kamu. Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini kamu dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah kamu berada di tempat strategis maka kamu dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah.

Jasa Pengetikan

Selain itu, macam-macam jenis usaha dalam bidang jasa selanjutnya adalah jasa pengetikan. Bisnis ini tentunya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, kamu bisa mendatangkan uang.

Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Usaha ini tentunya tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Kamu hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Bisnis Menjual Barang

Macam-macam jenis usaha berikutnya adalah bisnis menjual barang. Kamu bisa menjual barang, terutama barang-barang yang memang menarik bagimu atau hobimu.

Menjual Produk Berdasarkan Hobi

Macam-macam jenis usaha dengan menjual produk berdasarkan hobi ini tentunya akan sangat menyenangkan. Selain bisa memiliki berbagai produk dari hobi dan kesenanganmu sendiri, kamu juga bisa berbagai dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Kamu bisa mengambil contoh pada hobi memancing. Hobi memancing biasanya dimiliki oleh para lelaki. Harga alat pancing dan perlengkapannya bisa dijual sampai jutaan rupiah. Sedangkan yang kamu dapatkan hanyalah kepuasan. Karena itu, mengapa tidak sekalian melayani orang-orang yang memiliki hobi yang sama denganmu dengan menjual produknya.

Selain itu, kamu tentunya akan sangat terbantu dalam mencari barang atau menghubungi pelanggan dengan adanya internet.

6 dari 6 halaman

Bisnis Kuliner atau Makanan

Macam-macam jenis usaha selanjutnya adalah bisnis kuliner atau bisnis makanan. Tentunya kamu melihat banyak sekali kafe atau kedai makan dan minum yang buka di berbagai kota. Berbagai konsep ditawarkan untuk menarik minat pengunjung.

Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Macam-macam jenis usaha kuliner atau makanan dan minuman yang bisa menjadi contoh adalah bisnis warung kopi. Warung kopi adalah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah kafe. Membukanya di malam hari karena anggaran dan tenaga yang terbatas, apalagi jika ini merupakan usaha sampingan, tentunya pagi harinya kamu gunakan untuk pekerjaan utama.

Membuka warung kopi di malam hari mejadi salah satu alternatif yang cukup menarik, apalagi bila kamu juga senang nongkrong. Kamu bisa sekalian memantau usahamu tersebut dengan terjun langsung.

Loading