Sukses

Cara Membuat Gel Lidah Buaya dan Penggunaannya, Mudah dan Aman

Buat sendiri gel lidah buaya agar lebih aman, bebas dari bahan kimia yang membahayakan.

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya merupakan tanaman yang hingga kini digunakan sebagai bahan campuran produk perawatan tubuh. Benar saja, sejak ribuan tahun silam gel lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit lainnya.

Hingga saat inipun sudah banyak produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, dalam proses pembuatannya tak terlepas dari penggunaan bahan kimia seperti pewarna.

Bahan tambahan ini berpotensi membahayakan ketika digunakan. Oleh karena itu, untuk menghindari beberapa risiko masalah kesehatan, kamu bisa mencoba membuat gel lidah buaya sendiri di rumah.

Membuat gel lidah buaya sendiri bisa lebih terjamin keamanannya. Berikut cara membuat gel lidah buaya sendiri di rumah yang mudah dan aman. Telah Liputan6.com lansir dari kanal Healthline, berikut ulasannya, Selasa (15/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Bahan dan alat yang diperlukan:

- Daun lidah buaya

- Pisau atau alat pengupas untuk sayuran

- Sendok kecil

- Blender

- Wadah kedap udara untuk menyimpan

- Vitamin C atau vitamin E (opsional)

Kamu bisa menggunakan satu atau dua daun lidah buaya dalam proses pembuatannya. Tidak perlu terlalu banyak, pasalnya gel lidah buaya yang dibuat secara alami tanpa bahan pengawet hanya bisa bertahan sekitar 1 minggu.

Namun, kalau kamu ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa membekukannya atau menambahkan pengawet ke dalam proses pembuatannya. Kamu bisa menambahkan bubuk vitamin C atau vitamin E untuk membuat gel lidah buaya bertahan lama.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Gel Lidah Buaya

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, kamu hanya butuh sekitar 30 menit untuk membuat gel lidah buaya. Berikut langkah-langkah membuat gel lidah buaya.

Menyiapkan Daun Lidah Buaya

Setelah menyiapkan daun lidah buaya segar dari tanaman, potonglah kulit bagian terluar dari daun lidah buaya. Kemudian, cucilah dengan baik. Bersihkan kotoran yang terdapat pada daun lidah buaya.

Kemudian, berdirikan daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih tersebut untuk menurunkan resin berwarna kuning yang mengalir keluar dari daun. Resin mengandung lateks yang dapat mengiritasi kulit.

Kalau resin sudah benar-benar tidak ada, bersihkan sisa-sisa daun dan kupas kulitnya dengan menggunakan pisau kecil. Pastikan untuk mengupas salah satu sisi kulit sehingga gel tetap menempel pada sisi yang lain.

Ambil Gel Lidah Buaya

Setelah daunnya dikupas, kamu akan melihat gel lidah buaya alami. Untuk mengambil gel lidah buaya, kamu bisa mengambilnya dengan sendok kecil. Kemudian masukkan ke dalam blender.

Blender beberapa detik gel lidah buaya alami hingga berbusa. Setelah itu, pindahkan gel lidah buaya yang sudah diblender ke wadah tertutup. Kamu bisa menyimpannya selama 1 minggu. Jika ingin lebih lama, kamu bisa menambahkan pengawet.

Tambahkan Pengawet jika Ingin Bertahan Lebih Lama

Apabila kamu ingin mendapatkan gel lidah buaya bisa bertahan lebih lama, kamu bisa menambahkan pengawet berupa vitamin C atai vitamin E. Kedua pengawet alami ini merupakan pengawet yang sangat baik untuk memperpanjang penyimpanan gel lidah buaya.

Kedua vitamin atau pengawet aman ini mengandung antioksidan dan anti-penuaan, yang bisa membantu meningkatkan daya untuk melindungi gel lidah buaya.

Pada ¼ cangkir atau 60 ml gel lidah buaya, kamu bisa menambahkan 500 mg bubuk vitamin C atau 400 International Unit (IU) bubuk vitamin E atau bisa menggunakan keduanya. Tambahkan kedua vitamin ini langsung ke dalam proses blender gel lidah buaya.

Untuk penyimpanannya, gel lidah buaya tanpa pengawet bisa disimpan dalam lemari pendingin dalam wadah kedap udara hingga 1 minggu. Sedangkan, jika ditambahkan pengawet bisa disimpan lebih lama hingga 2 bulan di lemari pendingin.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Gel Lidah Buaya yang Benar

Setelah gel lidah buaya alami selesai dibuat, kamu bisa langsung mengaplikasikannya langsung ke kulit. Menggunakan gel lidah buaya sebagai perawatan kulit bisa menghindari kulit terbakar akibat sinar matahari, luka ringan, dan iritasi kulit.

Gel lidah buaya merupakan pelembab alami yang bisa digunakan pada wajah dan tangan. Penggunaan gel lidah buaya bisa menjadi penghalang antibakteri untuk melindungi luka ringan.

Selain itu, adanya antioksidan pada gel lidah buaya mampu membantu melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari yang berlebihan. Kandungan lainnya berupa polisakarida yang merupakan gula alami yang mampu memberikan penyembuhan kulit.

Kandungan nutrisi lainnya dari gel lidah buaya alami seperti vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, dan E yang dapat membantu menyembuhkan luka dan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini