Sukses

6 Makanan yang Membantu Mengatasi Kecanduan Rokok

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok tentunya sangat dicari-cari oleh banyak orang. Tidak hanya bagi pecandu rokok, namun juga bagi keluarga perokok yang menginginkan saudaranya untuk terlepas dari kecanduan pada zat adiktif tersebut.

Rokok mengandung nikotin yang berasal dari tembakau. Nikotin ini dianggap menjadi zat paling berbahaya pada rokok dan penyebab seseorang kecanduan rokok. Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti juga sebuah kemustahilan.

Makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok dapat memudahkan kamu dalam prosesnya. Ada kalanya, beberapa mantan perokok hampir menyerah karena tak kuat dilanda stres setelah berhenti merokok. Namun, kecanduan rokok ini bisa ditahan dengan mengatur pola makan yang sehat.

Hal pertama yang perlu kamu ingat ketika ingin berhenti merokok adalah jangan mengurangi asupan makananmu. Jika dikurangi, keinginan untuk merokok justru akan semakin besar.

Kamu dianjurkan untuk mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, agar tetap bergizi dan mengandung kalori yang cukup. Mengatur pola makan merupakan kunci sukses dalam misi kamu untuk berhenti merokok. Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok dari berbagai sumber, Jumat (18/10/2019).

2 dari 7 halaman

Buah-buahan

Makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok yang pertama adalah buah-buahan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013, para mantan perokok yang suka makan sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok. Bahkan, keinginan untuk berhenti merokok terus menguat hingga 30 hari selanjutnya, dibandingkan dengan orang yang jarang makan sayur dan buah.

Kamu bisa memilih beberapa buah-buahan segar seperti jeruk, pir, apel, dan pisang, yang kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin. Buah-buahan tersebut dapat membantu membersihkan radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh akibat kebiasaan merokok.

3 dari 7 halaman

Sayur

Selain buah-buahan, tentunya salah satu makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok lainnya adalah sayur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sayuran seperti seledri, mentimun, labu, dan terong juga membuat rokok terasa tidak enak di mulut.

Selain itu, kamu juga bisa memilih variasi sayuran yang akan kamu konsumsi. Kamu bisa juga mengonsumsi sayuran dalam bentuk camilan agar lebih mudah dimakan dimana saja.

Camilan yang sebaiknya kamu konsumsi adalah camilan yang sehat, tanpa banyak tambahan penyedap rasa. Salah satu camilan yang bisa kamu konsumsi adalah sayuran yang rendah kalori, seperti wortel, seledri, brokoli, dan tomat. Tapi, kamu harus tetap memperhatikan agar tidak terlalu banyak dalam mengonsumsinya.

4 dari 7 halaman

Kacang

Makanan selanjutnya yang dapat membantu mengatasi kecanduan rokok adalah kacang. Segenggam kacang dapat memberimu energi, protein, dan banyak nutrisi. Daripada sibuk mengisap rokok, kamu bisa menyibukkan mulutmu dengan memakan kacang dengan perlahan.

Kacang yang kaya akan serat, seperti kacang polong, kacang merah atau kacang kedelai, dapat membuatmu tetap kenyang. Mengonsumsi kacang sebagai camilan akan membantu mengalihkan perhatianmu dari keinginan untuk merokok, tanpa membuat berat badanmu bertambah. Tentunya kamu harus memperhatikan agar tidak terlalu banyak mengonsumsinya.

Selain itu, pastikan kacang yang kamu konsumsi tidak mengandung banyak garam atau penyedap rasa. Selain itu, pastikan juga kacang tidak diolah dengan cara digoreng, agar nantinya tidak berdampak buruk pada kesehatanmu.

5 dari 7 halaman

Popcorn

Kamu juga bisa mengonsumsi popcorn sebagai makanan yang membantu mengatasi kecanduan rokok. Camilan yang biasa dikonsumsi saat menonton di bioskop ini juga bisa membantumu menghindari kebiasaan merokok. Selain membuatmu sibuk mengunyah sehingga melupakan keinginan untuk merokok, makan popcorn juga akan membuatmu cepat kenyang.

Popcorn merupakan pilihan camilan yang tepat karena kaya akan serat dan rendah kalori. Selain iut, sekitar 1.000 gram atau setara dengan 5 cangkir popcorn hanya mengandung 150 kalori. Jadi, kamu tak perlu cemas akan kegemukan setelah makan popcorn. Tapi ingat, pastikan popcorn yang kamu konsumsi tidak mengandung garam, gula, mentega, atau zat perasa lainnya.

6 dari 7 halaman

Permen Karet

Makanan yang dapat membantu mengatasi kecanduan rokok selanjutnya adalah permen karet. Daripada mengisap rokok, kamu bisa menyibukkan mulutmu dengan mengunyah permen karet.

Permen karet yang bebas gula merupakan cara yang bagus untuk membantumu mencegah keinginan merokok. Selain itu, permen karet atau permen mint juga dapat menghilangkan bau mulut akibat rokok yang sudah pernah kamu hisap.

Setiap kali keinginan untuk merokok muncul, kamu bisa mengalihkannya dengan mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet dengan rasa mint dan bebas gula. Mengonsumsi permen karet dapat membantu mengurangi keinginanmu untuk merokok.

7 dari 7 halaman

Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang dapat membantu mengatasi kecanduan rokok. Menurut penelitian dari Duke University, Amerika Serikat, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok akan membuat rokok memiliki rasa yang sangat pahit. Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba mengatasi kecanduan rokok, minumlah susu setiap kali kamu merasakan keinginan merokok.

Selain itu, produk olahan susu seperti yoghurt juga bisa membantu mengatasi kecanduan rokok. Bagi kamu yang tidak ingin atau tak suka meminum susu, yogurt bisa menjadi alternatif pilihan baik lainnya. Yogurt yang dibuat dengan pemanis alami juga tetap memiliki manfaat yang sama dengan susu, yaitu dapat merubah rasa rokok menjadi tidak enak.

Loading