Sukses

5 Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan bisa didapatkan berkat nutrisi yang dikandungnya. Walaupun camilan satu ini memiliki bentuk dan ukuran yang kecil, namun manfaatnya begitu besar jika kamu mengonsumsinya dengan benar. 

Bunga matahari dengan warna kuning cerah dan bentuk yang menyerupai matahari biasanya memiliki lebih dari 2000 biji pada setiap satu batang. Mengonsumsinya sebagai camilan membuat kamu ketagihan, namun kamu juga bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

Manfaat biji bunga matahari berkaitan dengan kandungan vitamin E dan nutrisi lainnya. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/10/2019) tentang manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan

2 dari 6 halaman

Anti Inflamasi

Manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan yang pertama adalah memiliki sifat anti inflamasi. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang dapat memerangi radikal bebas yang bisa merusak membran sel, sel otak dan juga kolesterol.

Bahkan manfaat anti inflamasi ini juga sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit, terutama sebagai obat jerawat. Jerawat terjadi ketika ada minyak berlebih dalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah kulit terhubung dengan bakteri.

Kamu bisa mengoleskan minyak biji bunga matahari ke kulit wajah untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, sebelum menggunakan perawatan alternatif ini, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan vitamin E dalam biji bunga matahari dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperlambat proses penuaan serta akan membuat kulit terlihat cerah.

Dengan begitu, kulit bisa terjaga kelembutannya dan kesehatannya. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat biji bunga matahari atau kuaci bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan tinggi magnesium pada kuaci mampu menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh menjadi seimbang. Hal ini menjadikan tulang lebih kuat.

Zat-zat dalam biji bunga matahari diperlukan oleh tulang dan sendi agar lebih fleksibel. Bahkan, kandungan magnesium mampu untuk mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

5 dari 6 halaman

Melawan Kanker

Manfaat biji bunga matahari atau kuaci berikutnya bisa didapatkan dari kandungan selenium di dalamnya. Selenium merupakan musah utama sel kanker. Jadi mengonsumsi biji bunga matahari dapat dijadikan sebagai sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker.

Selenium telah terbukti memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, selain itu selenium juga mampu menghambat petumbuhan dan mematikan sel kanker. 

Bila selenium bertemu dengan vitamin E maka dapat menghasilkan antioksidan yang berperan penting untuk menghalau radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel dan memicu kanker.

6 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin E yang dikandung oleh biji bunga matahari ini memainkan peran penting bagi kesehatan organ dalam. Vitamin E mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol yang bisa mencegah penyakit jantung dan juga serangan stroke.

Loading