Sukses

9 Pose Yoga Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan tidur di malam hari yang berkualitas sangat diperlukan untuk mengembalikan energi yang terbuang dalam sehari penuh. Namun, tak semua orang bisa mendapatkannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja gangguan saat tidur.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa gerakan yoga. Pose yoga bisa kamu lakukan sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Gerakan yoga ini tidak sulit atau berat seperti yang dibayangkan.

Melakukan gerakan yoga sebelum tidur berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar menjadikannya nyaman. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari Do You Yoga, Selasa (22/10/2019) gerakan yoga sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak.

2 dari 9 halaman

Virasana (Hero Pose)

Untuk memulai serangkaian gerakan yoga yang bisa bantu membuat tidurmu nyenyak, mulai dengan pose duduk yang nyaman. Pose ini akan membantu kamu terhindari dari cedera, menghilangkan ketidaknyaman yang terjadi pada tubuh, serta membantu untuk merasakan hangat dan nyaman.

Lakukan pose ini dengan gerakan kepala dan punggung lurus. Gunakan napas yang dalam dan merata untuk memperlambat detak jantung dan menjernihkan pikiran.

3 dari 9 halaman

Marjaryasana dan Bitilasana (Cat and Cow Pose)

Lakukan gerakan yoga ini sambil menarik dan membuang napas. Lakukan gerakan dengan pola bernapas tersebut untuk beberapa kali sesuai yang kamu inginkan.

4 dari 9 halaman

Balasana (Child’s Pose)

Tenggelamkan pinggul ke tumit dan letakkan dada di antara paha. Posisikan jari-jari kaki bersentuhan satu sama lain dan lebarkan lutut sejauh yang kamu bisa. Lutut terpisah ini berguna agar kamu bisa bernapas saat melakukan gerakan ini. Tempelkan dahi ke lantai dan regangkan tangan kamu ke depan.

5 dari 9 halaman

Gerakan Angka Empat Terbalik

Gerakan ini mampu memberikan rasa nyaman dan santai sebelum tidur. Gerakan ini mampu melepaskan ketegangan dari pinggul dan punggung bawah. Kamu bisa melakukan gerakannya secara bergantian dan berulang beberapa kali sebelum tidur.

Gerakan yoga ini akan membantu kamu untuk merileksasikan diafragma dan pernapasan. Selain itu, juga bisa meringankan ketegangan di pinggul.

6 dari 9 halaman

Menempelkan Kaki di Dinding

Gerakan menempelkan kaki di dinding bisa mengatur sistem saraf serta memudahkan tekanan pada pergelangan kaki, betis, dan punggung bawah. Gerakan ini bisa bantu mencegah terjadinya cedera, mengurangi rasa lelah, dan nyeri jika kamu telah melakukan banyak kegiatan.

7 dari 9 halaman

Pose Sentuhan Terlentang

Mulailah berbaring dengan punggung kamu, lalu tekuk lutut kiri atau kanan kemudian tempatkan di seluruh tubuh.

8 dari 9 halaman

Happy Baby

Posisikan tubuh kamu seperti gambar tersebut. Pastikan lutut ditarik kea rah ketiak. Hal ini berguna agar kamu bisa mengayun-ayunkan tubuh untuk memijat tulang belakang dengan lembut.

Gerakan yoga ini bagus untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut dan bisa merelaksasikan tulang belakang dengan sempurna.

9 dari 9 halaman

Reclining Goddess Pose dan Savasana (Corpse Pose)

Reclining Goddess Pose

Pose ini akan meregangkan secara lembut panggul, perut bagian bawah, dan paha bagian dalam. Rasakan napas mu sendiri. Bairkan napas kamu mendalam dan menyeluruh. Rilekskan wajah dan tutup mata untuk mendapatkan kenyamanan.

Savasana (Corpse Pose)  

Lakukan gerakan yoga ini dengan mata tertutup dan biarkan pikiran kamu tenang dan bebas dari pikiran. Lakukan gerakan ini sambil bernapas secara alami atau santai dan biarkan tubuh terasa rileks.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Yoga untuk Kulit Wajah, Cantik dan Cerah
Artikel Selanjutnya
6 Pose Yoga untuk Pemula yang Mudah Dipraktikkan, Lakukan Tiap Pagi