Sukses

6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan, Mulai Rambut hingga Kulit

Jaga kesehatan rambut dan kulit tubuh dengan menggunakan pepaya.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam cara melakukan perawatan tubuh guna menjaganya agar tetap ternutrisi dan sehat. Ketika bagian tubuh sehat, maka akan memperkecil faktor risiko penyakit muncul. Salah satu cara merawat area tubuh dengan menggunakan bahan alami.

Salah satu bahan yang kerap dijadikan sebagai bahan perawatan tubuh adalah pepaya. Ada beberapa produk perawatan tubuh atau kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya seperti sabun mandi, losion, masker wajah dan rambut, dan lain sebagainya.

Manfaat pepaya untuk kecantikan dihasilkan dari adanya kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh (bagian rambut hingga kulit). Pepaya kaya akan tinggi serat, vitamin dan mineral, kaya antioksidan, dan melimpahnya kandungan bioflavonoid.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat pepaya untuk kecantikan mulai dari rambut dan kulit, Senin (28/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat pepaya untuk kecantikan yang belum banyak diketahui adalah mampu membantu pertumbuhan rambut. Hal ini bisa bekerja karena adanya asam folat pada pepaya  yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kamu bisa merasakan manfaat ini dengan mengonsumsi pepaya secara teratur. Bersiaplah untuk mendapatkan rambut panjang dan sehat.

3 dari 7 halaman

Mengontrol Munculnya Ketombe

Manfaat pepaya untuk rambut lainnya bisa kamu dapatkan dari bijinya. Kamu bisa menjadikan biji pepaya sebagai perawatan rambut untuk mengurangi ketombe.

Hal ini dikarenakan biji pepaya pepaya memiliki sifat antijamur yang mampu mengendalikan dan mencegah ketombe. Kandungan tersebut bisa mengurangi infeksi jamur yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

Untuk menggunakannya sebagai perawatan rambut, kamu bisa menggunakan setengah buah pe[aya untuk diambil bijinya. Cara membuatnya, campurkan daging dan biji pepaya hingga menjadi seperti pasta halus.

Aplikasikan pasta ke kulit kepala kamu dan oleskan ke seluruh rambut. Diamkan selama satu jam dan keramas setelahnya seperti biasa.

4 dari 7 halaman

Mencegah Peradangan Kulit

Adanya kandungan proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan papain dalam pepaya dapat mempercepat proses penyembuhan serta mencegah timbulnya infeksi lanjutan di area kulit yang terbakar matahari. Untuk mendapatkan manfaat pepaya, kamu bisa menggunakan sabun atau losion berbahan pepaya.

Saat kamu menggunakan sabun pepaya untuk mandi, maka akan membuat kulit yang sudah terlanjur menggelap akan mengelupas secara bertahap dan akan membuat warnanya kembali seperti semula.

Hal ini dikarenakan adanya kombinasi kandungan enzim papain beserta asam alfa hidroksi (AHA). Kedua kandungan ini bertindak sebagai eksfolian untuk melarutkan protein tak aktif sekaligus membuang sel kulit mati.

Untuk mendapatkan manfaat pepaya yang lebih baik, oleskan juga pelembap yang mengandung enzim papain. Selain itu, produk perawatan kulit yang mengandung papain juga berkhasiat dalam mengobati bisul.

5 dari 7 halaman

Melembutkan Kulit

Kalau proses pengelupasn kulit selesai, biasanya kulit akan menjadi lebih kering. Lanjutkan proses perawatan dengan menggunakan losion yang mengandung ekstrak pepaya. Gunakan secara rutin di permukaan kulit untuk mendapatkan kulit menjadi lembap dan lembut.

Biasanya, bagian kulit yang rentan bersisik adalah betis. Untuk melembutkannya, kamu bisa mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya.

6 dari 7 halaman

Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Tak hanya sabun dan losion yang mengandung ekstrak pepaya oranye, manfaat pepaya lainnya yang bisa kamu ambil adalah dari buah yang masih hijau untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Cara membuatnya, cukup haluskan pepaya hijau hingga menjadi bubur. Kemudian oleskan pepaya hijau yang sudah halus ke bagian bawah mata. Diamkan selama beberapa waktu dan lakukan secara rutin untuk memudarkan lingkarkan gelap tersebut.

7 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit yang Terkena Eksem dan Psoriasis

Penderita eksem dan psoriasis dapat mengandalkan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya agar kulit tak terlalu kering. Selain itu, kulit-kulit mati yang menempel pada kulit juga bisa dihilangkan dengan menggunakan ekstrak pepaya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini