Sukses

6 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan, Wajah Cerah hingga Rambut Sehat

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, merawat kulit dan rambut menjadi keutamaan yang harus terpenuhi. Hal ini dikarenakan kulit dan rambut merupakan bagian tubuh terluar yang langsung menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, kulit dan wajah perlu mendapat perawatan ekstra. 

Memilih produk perawatan yang mengandung bahan alami banyak dipilih karena dirasa lebih aman, walaupun cukup memakan waktu untuk memperoleh hasilnya. Salah satu bahan alami yang biasa dimasukkan ke dalam campuran produk perawatan kecantikan adalah alpukat.

Buah alpukat memiliki segudang nutrisi baik yang dibutuhkan untuk merawat tubuh, khususnya kulit dan rambut. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari kanal The Healthy seputar manfaat alpukat untuk kecantikan, Kamis (31/10/2019).

2 dari 7 halaman

Menghilangkan Ketombe

Alpukat bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut, salah satunya untuk menghilangkan ketombe. Kamu bisa menggunakan minyak dari alpukat untuk merasakan manfaatnya. Minyak alpukat memiliki sifat pelembab yang dapat membantu meringankan masalah pada kulit kepala yang kering dan gatal.

Tak hanya untuk menghilangkan ketombe, minyak alpukat juga bisa membantu mengobati luka dan kerusakan yang terjadi pada kulit kepala yang disebabkan oleh eksim dan psoriasis.

3 dari 7 halaman

Menumbuhkan Rambut

Buah alpukat sangat kaya akan vitamin B dan vitamin E. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk rambut, kamu bisa menggunakan masker alpukat.

Vitamin E berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan pada kulit kepala. Sedangkan vitamin B meningkatkan pergantian sel yang mampu menghasilkan rambut yang kuat.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Rambut Kusut

Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh yang terkandung pada alpukat mampu membantu mengembangkan sel baik di dalam maupun di luar tubuh.

Kalau kamu ingin mengembalikan penampilan yang mengkilap dan tekstur halus pada rambut, kamu bisa menggunakan kondisioner yang mengandung bahan alpukat di dalamnya.

Produk yang mengandung alpukat mampu membantu melembapkan dan menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.

5 dari 7 halaman

Merawat Kulit Wajah Kusam

Buah alpukat mengandung lemak sehat, vitamin, dan antioksidan, yang merupakan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk medapatkan manfaatnya, kamu bisa menjadikannya sebagai masker alias dengan menghaluskan daging buahnya.

Kamu bisa menggunakan masker alpukat sebagai perawatan wajah untuk mengurangi masalah kulit kusam. Masker buah alpukat ini mampu membantu melembapkan dan merevitalisasi kulit kamu.

6 dari 7 halaman

Mengurangi Keriput pada Wajah

Manfaat alpukat untuk kecantikan yang bisa dirasakan untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengurangi keriput di wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan menggunakan minyak alpukat.

Hal ini dikarenakan minyak alpukat kaya vitamin yang mampu membantu menumbuhkan dan melembapkan kulit. Minyak alpukat ini mampu mengurangi keriput secara perlahan jika digunakan secara rutin.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar Matahari

Ketika kamu banyak melakukan aktivitas di bawah langsung paparan sinar matahari, kamu bisa meringankan kondisi kulit yang terbakar dengan menggunakan alpukat. Ya, selain menggunakan gel lidah buaya, kamu juga bisa meringankan kondisinya dengan bauh alpukat.

Adanya kandungan antioksidan dan lemak sehat mampu membantu menghidrasi kulit yang terbakar sinar matahari dan mengurangi rasa sakitnya. Oleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang bermasalah.

Kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun sebelum mengoleskannya untuk menenangkan kulit secara instan.