Sukses

7 Wisata Murah Jakarta yang Penuh Edukasi, Cocok untuk Keluarga

Wisata murah Jakarta bisa menjadi spot berfoto sekaligus edukasi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata murah Jakarta bisa dijadikan alternatif liburan penghilang penat. Selain menghilangkan penat, berbagai wisata murah Jakarta ini juga cocok dijadikan destinasi untuk liburan bersama keluarga, karena juga menawarkan edukasi.

Berbagai tempat wisata terkenal yang letaknya di Jakarta bisa kamu kunjungi menggunakan berbagai macam transportasi umum yang telah ada. Sehingga kamu tidak perlu lagi menyewa kendaraan untuk pergi ke destinasi yang kamu inginkan tersebut.

Wisata murah Jakarta bisa menjadi spot berfoto sekaligus edukasi. Museum-museum yang antik dan penuh dengan pembelajaran, serta monumen yang ikonik tentunya dapat menjadikan liburan kamu menyenangkan bersama keluarga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/11/2019) tentang wisata murah Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Monumen Nasional dan Kawasan Kota Tua Jakarta

Monumen Nasional

Wisata murah Jakarta yang pertama tentunya adalah Monumen Nasional, atau yang lebih dikenal dengan nama Monas. Monas merupakan salah satu ikon di Jakarta. Bangunan setinggi 32 meter tersebut awalnya dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa melawan para penjajah. Monas memiliki mahkota lidah api yang terbuat dari lapisan emas murni.

Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di era Presiden Soekarno. Monas selesai dan diresmikan pada tanggal 16 Juli 1975 dan masih kokoh hingga saat ini. Tiket masuk Monas bisa dibeli dengan harga Rp 30.000. Dengan tiket tersebut kalian bisa mengunjungi museum di dalamnya atau melihat Jakarta dari atas Monas. Kamu juga bisa mempelajari sejarah bangsa Indonesia di wisata murah Jakarta satu ini.

Monas buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Namun, setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya, pelayanan akan ditutup untuk umum.

Kawasan Kota Tua Jakarta

Wisata murah Jakarta selanjutnya adalah Kawasan Kota Tua Jakarta. Selain tempat nongkrong, Kota Tua juga menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Ketika berkunjung ke Jakarta jangan lupa mapir ke Kota Tua, selain tempatnya bagus untuk berfoto, kota tua juga sarat akan nilai sejarah.

Kota Tua terletak di Jakarta Pusat, wilayah utara. Waktu yang pas untuk datang ke tempat tersebut adalah menjelang sore.

Di kawasan Kota Tua Jakarta, berdiri cukup banyak bangunan bersejarah. Sebut aja Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri.

Mendatangi Kawasan Kota Tua, kamu bisa berkunjung ke banyak museum. Wajar kalau salah satu wisata murah Jakarta ini menjadi tujuan hemat dan praktis untuk wisata edukasi. Hanya dengan Rp 2.000 – Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa mendapatkan tiket masuk ke maisng-masing museum yang terdapat di Kawasan Kota Tua Jakarta ini.

3 dari 4 halaman

Museum Nasional dan TMII

Museum Nasional

Mengunjungi museum memang dapat menjadi pilihan wisata murah Jakarta yang mendidik. Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Museum Nasional. Kamu akan diperkenalkan 160 ribu benda-benda yang punya nilai sejarah. Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu - Buddha, hingga warisan budaya dan sejarah lainnya.

Walau dinamakan Museum Nasional, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Untuk masuk ke Museum Nasional. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 hingga Rp 10.000 saja.

Museum Nasional terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta. Buka dari Selasa – Jumat pukul 08.00 – 16.00 dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 17.00.

Taman Mini Indonesia indah (TMII)

TMII dibangun pada era Presiden Soeharto. Tempat wisata murah Jakarta ini terletak di Cipayung, Jakarta Timur. Harga tiket masuk ke gerbang utamanya hanya dibanderol sekitar Rp 6.000 – Rp 10.000 saja, tergantung kendaraan apa yang kamu gunakan. Kemudian setiap wahananya ditarif dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon TMII adalah gedung teater IMAX yang berbentuk seperti keong. Biasanya film yang diputar adalah film yang berjudul Keong Mas dan Tanah Airku.

4 dari 4 halaman

Pantai Ancol, Planetarium, dan Kebun Binatang Ragunan

Pantai Ancol

Jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga bermain pasir pantai sembari melihat matahari terbenam, maka Pantai Ancol jawabannya. Harga tiket masuk ke Pantai Ancol adalah Rp 25.000. Karena itulah, pantai ini menjadi salah satu wisata murah Jakarta.

Kamu juga tidak perlu khawatir juga bila sewaktu-waktu perut merasa lapar, karena di sepanjang pantai banyak sekali yang menawarkan berbagai macam menu sea food.

Planetarium

Wisata murah Jakarta selanjutnya adalah Planetarium. Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Tempat ini merupakan salah satu wahana simulasi langit. Harga tiket masuk ke planetarium dibanderol sekitar Rp 7.000 saja untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Jam operasional planetarium buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 13.00 WIB.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Karena di tempat tersebut terdapat 300 spesies binatang, yang disertai dengan papan penjelasan spesies tersebut. Selain sebagai tempat refresing, Ragunan juga bisa menjadi tempat edukasi anak-anak. Tiket masuk ke kebun binatang ragunan dan menaiki beberapa wahana di sana, kurang lebih Rp 20 ribu saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini