Sukses

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Bentuk Penyampaian, Dilengkapi Contohnya

Mengenal beragam jenis drama dan contohnya sebagai sarana memeperoleh informasi dan hiburan.

Liputan6.com, Jakarta Drama merupakan satu di antara karya seni yang sudah dipertontonkan sejak zaman dahulu kala. Drama merupakan jenis karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerakan. Ada beragam jenis-jenis drama berdasarkan penyajian lakon, keberadaan naskah, dan sarana penyampaiannya.

Umumnya, drama disampaikan dengan menggambarkan realita kehidupan, watak serta tingkah laku manusia lewat peran dan dialog yang dipentaskan. Oleh karena itu, ada beberapa jenis-jenis drama yang dikelompokkan.

Berdasarkan jenis-jenis drama memliki kriterianya masing-masing yang berbeda-beda. Mulai dari cara tokoh memainkan peran, penggunaan sarana untuk menyampaikan drama, hingga naskah yang digunakan.

Fungsi dan tujuan drama dihadirkan sebagai media hiburan, menambah pengetahuan dan wawasan, menyampaikan nilai estetika, dan mengajarkan nilai sosial. Lewat tujuannya tersebut, kamu bisa menikmatinya dari beragam jenis-jenis drama yang ada.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber jenis-jenis drama beserta contohnya, Senin (4/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Penyajian Lakon

Tragedi

Tragedi merupakan jenis-jenis drama yang menyampaikan kisah-kisah ataupun cerita tentang kesedihan. Biasanya, drama jenis ini mengangkat tema berunsur gelap seperti tentang kematian, bencana, serta penderitaan.

Umumnya, tokoh protagonis dalam drama jenis ini akan memiliki kisah yang berakhir tragis seperti kesialan, ketidak beruntungan, dan lain sebagainya. Beberapa contoh drama jenis ini seperti Oedipus Rex yang menceritakan tentang seseorang yang membunuh ayah kandungnya sendiri dan kemudian menikahi ibu kandungnya sendiri.

Komedi

Drama komedi merupakan salah satu dari jenis-jenis drama yang memiliki sifat menghibur. Hal ini dikarenakan drama tersebut menggunakan unsru jenaka di dalamnya.

Di dalam sebuah skenario drama komedi, didapatkan dialog lucu yang menyinggung dan biasanya memiliki akhir cerita yang bahagia. Begitu juga dengan para tokoh yang memainkan drama komedi. Mereka memiliki karakter yang lucu, jenaka, dan bijaksana.

Tujuan jenis drama komedi ini dibuat untuk dapat memberikan hiburan pada penonton. Contoh jenis drama komedi yang bisa kamu saksikan seperti Crazy Rixh Asians.

Tragekomedi

Berbeda dengan komedi, jenis drama tragekomedi merupakan penggabungan dari tragedi dengan komedi. Pada tragekomedi cerita yang dibawakan layaknya drama tragedi dan dibawakan dengan cara berlebuhan dan juga terdapat bagian selingan komedi.

Tak menutup kemungkinan tragekomedi berakhiran dengan kisah yang menyenangkan. Contoh jenis drama tragekomedi seperti Inside Out.

Opera

Jenis-jenis drama berikutnya adalah opera. Jenis drama ini disampaikan dengan cara dinyanyikan serta diiringi oleh musik. Drama jenis. Biasanya opera dimainkan oleh penyanyi dan diiringi orchestra lengkap.

Contoh drama opera bisa dilihat pada Hair, Rent, Wicked, The Fantasticks, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Penyajian Lakon Lainnya

Farce

Farce merupakan jenis drama yang menyerupai dagelan, namun tidak sepenuhnya berisikan dagelan. Drama ini biasanya berisi tentang kejadian yang ditanggapi secara berlebihan serta humor slapstick.

Alur pada cerita disusun didasarkan pada pengembangan situasi pada tokohnya. Adegan di dalam drama sering dibuat terlalu berlebihan dan komedi yang melibatkan kontak fisik. Pada jenis drama frace ini sering dikenal dengan sebutan komedi picisan.

Salah satu contoh farce terkenal adalah drama karya Oscar Wilde yang berjudul The Importance of Being Earnest.

Sendratari

Tablo merupakan jenis drama yang memadukan seni peran dengan seni tari. Biasanya aktris dan aktor yang memainkan drama ini mengucapkan dialog secara biasa, namun pada bagian-bagian penting suatu drama seperti peperangan, adegan bermesraan disampaikan lewat tarian.

Salah satu sendratari yang terkenal di Indonesia adalah Sendratari Ramayana yang biasanya dipentaskan di pelataran Candi Prambanan.

Tablo

Tablo merupakan jenis drama yang dalam penyajiannya lebih mengutamakan gerak gerik dari pemainnya. Pemain-pemain tersebut tidak mengucapkan dialog, namun menyampaikan pesannya lewat gerakan yang di dalamnya terkandung banyak arti.

Contoh pertunjukan tablo ini biasanya dilakukan di jurusan seni dan teater.

Kolosal

Jenis drama kolosal mengangkat kisah-kisah tentang perjuangan, maupun latar tantang zaman kerajaan. Contoh dari jenis drama kolosal ini seperti Angling Drama dan Mahabharata.

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Sarana Penyampaian

Drama panggung; merupakan jenis drama yang dipentaskan secara langsung di atas panggung.

Drama radio; merupakan jenis drama yang diperdengarkan lewat radio.

Drama televisi; merupakan drama yang disiarkan lewat stasiun tv. Biasanya tayangan jenis ini seperti sinetron dan ftv.

Drama film; pembuatan drama film mirip dengan drama televisi. Namun biasanya tema yang digunakan lebih spektakuler dan pertunjukannya diputar di bioskop.

Drama wayang; merupakan drama yang penyajiannya menggunakan sarana wayang untuk menggantikan aktris dan aktor. Di mana wayang tersebut digerakkan oleh seorang dalang.

Drama boneka; jenis drama ini hampir mirip dengan drama wayang. Hanya saja, media yang digunakan dalam penyampaian ceritanya berupa boneka yang dapat dimainkan oleh satu atau beberapa orang.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Drama Berdasarkan Naskahnya

Drama tadisional; merupakan drama yang tidak menggunakan naskah. Pemain biasanya hanya diberikan gambaran umum tentang jalan ceritanya saja. Sedangkan di setiap adegan yang dipentaskan merupakan hasil kreativitas antar pemainnya.

Drama modern; merupakan jenis drama yang menggunakan naskah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini