Sukses

10 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat blueberry bagi kesehatan dan kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat blueberry bagi kesehatan dan kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang banyak. Bahkan, di samping kaya akan beberapa kandungan seperti vitamin C, serat, hingga mineral, buah ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

Buah yang berbentuk seperti bola-bola kecil berwarna biru gelap dengan rasa masam ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan berbagai kandungan antioksidan yang dimilikinya, kamu bisa mengonsumsi blueberry sebagai alternatif dalam menjaga kesehatan.

Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah besar. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa senyawa yang banyak terdapat pada blueberry dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis meliputi pencegahan beberapa jenis kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019) tentang manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Otak dan Mencegah Kanker

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat blueberry yang paling banyak diketahui adalah dapat meningkatkan kesahatan otak. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa menyantap blueberry secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi memori dan saraf otak. Bahkan, blueberry juga dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Mengonsumsi blueberry secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit Parkinson, yaitu gangguan pada sistem saraf karena kematian sel pada otak. Selain itu juga dapat mengurangi risiko kerusakan kognitif.

Mencegah Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, blueberry juga bisa mencegah terjadinya berbagai macam penyakit kronis. Kandungan-kandungan nutrisi di dalam blueberry, terutama vitamin A dan vitamin C adalah zat antioksidan yang kuat. Zat inilah yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Zat tersebut juga membantu memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, mulut, pankreas, faring, endometrium, kolon, prostat, esofageal, menghambat pertumbuhan tumor, serta mengurangi peradangan di dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Tulang

Mencegah Penyakit Jantung

Selain itu, blueberry juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini memungkinkan karena blueberry mengandung asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi pencegah penumpukan senyawa homosistein. Homosistein yang menumpuk inilah yang berdampak kepada kerusakan pembuluh darah dan berujung kepada masalah kesehatan jantung.

Selain itu, anthosianin sebagai salah satu zat yang terkandung pada blueberry, mampu menurunkan risiko serangan jantung pada wanita sebesar 32 persen, apabila dikonsumsi secara teratur.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat blueberry selanjutnya adalah memelihara kesehatan tulang. Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc.

Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya juga berguna untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Mengobati Diabetes

Menurunkan Berat Badan

Manfaat blueberry untuk kesehatan lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Kandungan serat yang dimiliki dalam buah ini berkhasiat untuk membantu mengontrol berat badan, mengurangi nafsu makan, serta menjaga perut agar kenyang lebih lama, sehingga mengoptimalkan penurunan berat badan.

Mengobati Diabetes

Kandungan serat dalam blueberry dapat memberikan manfaat dalam mengobati diabetes. Seseorang dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat cenderung memiliki kadar glukosa yang rendah.

Blueberry minim akan gula namun memiliki kandungan serat yang melimpah. Maka dari itu, blueberry sangat baik bagi kamu yang mengidap diabetes tipe 1. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi 7 persen risiko diabetes tipe 2.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Memenuhi Asupan Vitamin C Harian

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi, blueberry memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C pada Blueberry yang sangat tinggi. Berkat mengonsumsi vitamin ini, kamu akan mendapatkan sederet manfaat yang beragam, yaitu sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker.

Memenuhi Asupan Vitamin C Harian

Bahkan, dari satu cangkir blueberry utuh dan segar saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu sebesar 24 persen. Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Keuntungan lainnya adalah sebagai pendukung kesehatan gusi.

6 dari 6 halaman

Menyehatkan Kulit Wajah

Menjadikan Kulit Lebih Halus dan Sehat

Manfaat blueberry juga bisa kamu dapatkan untuk kecantikan. Blueberry memiliki khasiat untuk menyehatkan kulit karena kandungan vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Masih berkaitan dengan kandungan vitamin C pada blueberry, buah ini memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan kolagen yang berfungsi mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan membantu mencegah kerusakan kulit akibat polusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini