Sukses

7 Penyebab Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kepala gatal biasanya dipengaruhi oleh perawatan yang kamu lakukan. Jika kamu merawat kulit kepala dengan baik, maka tentunya gangguan tersebut tidak akan terjadi. Sebaliknya jika kamu tidak merawat kulit kepala atau rambut dengan baik, maka dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. 

Berbagai masalah kulit kepala mulai dari yang tergolong ringan hingga yang cukup parah dapat menjadi penyebab kepala gatal. Tidak hanya mengganggu kenyamanan dan kesegaran rambut, hal ini tentunya juga dapat mengganggu penampilan kamu.

Penyebab kepala gatal ini bisa kamu atasi dengan berbagai bahan alami. Syaratnya, selain menggunakan bahan alami ini, kamu juga perlu untuk memperhatikan perawatan harian untuk rambut. Jagalah kebersihan rambut secara rutin agar terhindar dari berbagai masalah rambut dan kulit kepala.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/11/2019) tentang penyebab kepala gatal dan cara mengatasinya secara alami

2 dari 6 halaman

Ketombe dan Kurap

Ketombe

Penyebab kepala gatal yang pertama adalah ketombe. Ketombe mungkin merupakan penyebab kulit kepala gatal yang cukup umum. Ketombe umumnya disebabkan oleh jamur yang tumbuh secara berlebih, dan menyebabkan timbulnya minyak serta sel-sel mati di kulit kepala.

Inilah yang menimbulkan serpihan atau kulit kepala mengelupas dan gatal di kulit kepala. Selain itu, ketombe juga bisa muncul disebabkan oleh kulit kepala yang sensitif terhadap produk tertentu. Serta penggunaan banyak produk penataan rambut atau jarang mencuci rambut.

Kurap

Kurap pada kulit kepala biasanya menyebabkan ruam dengan pinggiran yang terasa menonjol saat diraba dan kemerahan seperti cacing, dan membentuk cincin. Kurap merupakan infeksi jamur dari lapisan luar kulit kepala dan rambut.

Gejala yang muncul dapat bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bagian kepala yang terkena kurap menjadi botak, dan kulit kepala bersisik. Kurap di kulit kepala dapat menular dan paling sering terjadi pada anak usia sekolah.

 

3 dari 6 halaman

Alergi Produk Perawatan Rambut dan Psoriasis

Alergi Produk Perawatan Rambut

Selain itu, alergi pada produk perawatan rambut juga dapat memicu kulit kepala gatal. Misalnya, penggunaan hair spray untuk menata rambut. Hal ini disebabkan hair spray membuat tekstur rambut mengeras dan memberikan sensasi rambut seperti ditarik, yang dapat membuat kulit kepala gatal. Penggunaan sampo, conditioner, dan minyak rambut juga harus diperhatikan.

Selanjutnya, kebiasaan mewarnai rambut juga bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal. Ini berawal dari adanya zat dalam produk pewarna rambut yang memicu alergi pada kulit kepala.

Psoriasis

Penyebab kepala gatal berikutnya adalah psoriasis. Masalah kulit kepala ini disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat, sehingga membentuk bercak tebal dan kemerahan.

Kulit kepala yang memerah ini kemudian ditutupi oleh serpihan dan sisik berwarna keperakan. Psoriasis tergolong kronis dan paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan leher bagian belakang.

Gejala dari proriasis adalah ketombe menempel pada batang rambut, bercak keperakan yang tebal dan akan berdarah jika dikelupas atau diangkat dari kulit kepala. Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar garis rambut, dan menimbulkan rasa sakit atau kulit kepala gatal serta timbul pada bagian tubuh lain.

4 dari 6 halaman

Jarang Keramas, Infeksi Jamur, dan Kutu

Jarang Keramas

Penyebab kepala gatal selanjutnya adalah jarang keramas. Kebutuhan keramas setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Meski begitu, setidaknya kamu harus keramas 2-3 hari. Jika lebih dari itu, semua minyak alami; kotoran; debu; hingga residu produk akan menumpuk di akar dan kulit kepala yang menjadi penyebab kulit kepala gatal.

Intinya, selalu pastikan kamu rutin keramas. Pasalnya, air dan busa yang dihasilkan saat keramas mampu melarutkan kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di rambut dan kulit kepala.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab kepala gatal. Salah satu jamur di kulit kepala bernama malassezia bisa mengakibatkan infeksi. Infeksi jamur biasanya terjadi ketika produk perawatan rambut seperti sampo dan conditioner tidak terbilas dengan tuntas saat keramas. Akhirnya, sisa produk pun menumpuk di kulit kepala.

Bila kamu merasa curiga mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat meresepkan obat antijamur guna membasmi infeksi jamur pada kulit kepala.

Kutu

Penyebab kepala gatal berikutnya adalah Kutu. Kutu kepala bisa muncul dalam bentuk hewan ataupun telur, keduanya akan memicu sensasi gatal di kulit kepala.

Bila hal ini terjadi, kamu disarankan untuk rutin menggunakan sampo penghilang kutu atau potong rambut menjadi lebih pendek. Semua tergantung pada tingkat keparahan kutu yang ada di rambut kamu.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Kepala Gatal Secara Alami

Berikut beberapa cara mengatasi kepala gatal secara alami:

Tea Tree Oil

Bahan alami pertama yang dapat mengatasi kepala gatal adalah tea tree oil. Minyak yang identik untuk mengusir jerawat ini ternyata bermanfaat juga untuk kulit kepala. Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung anti-jamur, anti-peradangan, dan anti-bakteri yang bisa mengusir masalah pada kulit kepala.

Ada dua cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit kepala gatal. Yang pertama, campurkan sepuluh sampai dua puluh tetes tea tree oil dengan sampo bayi dan gunakan untuk mencuci rambut dengan teratur.

Cara yang kedua adalah campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air, celupkan bola kapas ke dalamnya, dan dengan lembut aplikasikan pada kulit kepala sebelum tidur. Ulangi perawatan ini selama satu sampai dua minggu.

Lidah Buaya

Bahan satu ini memang kerap kali digunakan sebagai bahan kecantikan. Selain dapat melembabkan kulit, lidah buaya sangat cocok dipakai untuk kulit kepala yang kering dan mudah gatal.

Caranya tuang gel lidah buaya ke area kulit kepala dan tunggu sampai 20 menit. Lalu bilas kepala dengan air hangat. Tidak hanya membuat kulit kepalamu lebih bersih, lidah buaya juga dapat membuat rambutmu sehat dan lebih berkilau.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Kepala Gatal Secara Alami Lainnya

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang sering digunakan tak hanya untuk kesehatan saja tapi juga untuk perawatan tubuh. Jika kamu kerap mengalami kulit kepala gatal, ada baiknya menggunakan minyak kelapa.

Sambil dipijat oleskan minyak kelapa di area kulit selama dua kali dalam seminggu. Kandungan pada minyak kelapa tidak hanya meringankan kulit yang teriritasi. Tapi juga dipercaya dapat menutrisi rambut.

Cuka Apel

Sampo, kondisoner serta produk rambut lain yang kerap kita gunakan dapat menumpuk residu pada kulit kepala, jika tidak bersih saat dibilas. Tapi kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam dalam cuka dikenal antibakteri dan antijamur sehingga kulit menjadi sehat dan bersih.

Cukup dengan menuangkan 2-4 sendok teh dalam secangkir air hangat lalu siram ke area kulit kepala. Tunggu beberapa menit lalu siram dengan air bersih, kini rambutmu bebas gatal dan ketombe.

Loading