Sukses

7 Cara Mengeringkan Pakaian dengan Cepat Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Tips mengeringkan pakaian saat musim hujan bisa dilakukan di rumah. Biasanya saat musim hujan datang, kerap kali pakaian yang telah dicuci malah basah lagi saat dijemur. Bahkan, saat hujan tidak pernah reda di siang hari, terpaksa pakaian tersebut tersimpan lama dalam keadaan basah.

Hal ini tentunya menimbulkan berbagai efek yang buruk untuk pakaian maupun lingkungan rumah. Pakaian yang lembap terlalu lama akan menimbulkan bau dan bisa saja cepat rusak. Selain itu, pakaian lembap yang menumpuk bisa jadi sarang serangga yang menimbulkan penyakit.

Tips mengeringkan pakaian saat musim hujan cukup mudah diterapkan. Kamu tidak perlu lagi menjemur pakaian di luar rumah dan bertaruh pada cuaca apakah akan hujan atau tidak. Kamu bisa menggunakan beberapa peralatan elektronik di rumah sebagai pengering pakaian.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019) beberapa tips mengeringkan pakaian saat musim hujan.

2 dari 8 halaman

Menggunakan Mesin Cuci

Tips mengeringkan pakaian saat musim hujan yang pertama adalah dengan menggunakan mesin cuci. Selain untuk mencuci, mesin cuci juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai pengering. Jadi pengering tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di pakaian.

3 dari 8 halaman

Menggunakan Hair Dryer

Tips mengeringkan pakaian saat musim hujan selanjutnya adalah dengan menggunakan hair dryer. Saat matahari tidak muncul, kamu perlu memanfaatkan apa yang ada di rumah, hair dryer salah satunya. Hair dryer dapat digunakan sebagai alternatif pengering pakaian.

Caranya yaitu bentangkan pakaian menggunakan gantungan baju atau kamu dapat meletakkannya pada sebuah bidang datar seperti tempat tidur kemudian angin-anginkan sebentar. Setelah itu gunakan pengering rambut untuk mengeringkan pakaian sekitar 30 menit hingga benar-benar kering.

4 dari 8 halaman

Menggunakan Kipas Angin

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kipas angin sebagai salah satu tips mengeringkan pakaian saat musim hujan. Cukup letakkan pakaianmu di dekat kipas angin dan tunggu saja hingga kadar air yang ada di pakaianmu berkurang.

5 dari 8 halaman

Menggunakan Setrika

Kamu juga bisa menggunakan setrika untuk mengeringkan pakaian. Caranya yaitu peras cucian dengan kuat hingga tetesan airnya tidak ada. Kemudian setrika pakaian yang basah tersebut hingga kering.

Agar terhindar dari bau karena dikeringkan dengan paksa, gunakan pengharum pakaian saat bilasan terakhir atau sesaat sebelum pakaian tersebut disetrika. Cara ini cukup efektif dan cepat dalam mengeringkan pakaian. Namun kamu perlu berhati-hati agar tidak terjadi korsleting.

6 dari 8 halaman

Menggunakan Handuk

Tidak banyak yang tahu cara mengeringkan pakaian dengan handuk ini. Caranya kamu cukup mengambil handuk bersih yang tebal kemudian letakkan pakaianmu di atasnya. Setelah itu gulung handuk kemudian peras secara perlahan-lahan hingga kandungan airnya berkurang. Cara ini efektif dilakukan untuk beberapa helai pakaian saja.

Biasanya, cara ini digunakan untuk mengeringkan pakaian berbahan jeans. Caranya, usap handuk yang hangat dan kering ke seluruh pakaian berjenis jeans yang basah. Lakukan berkali-kali dan diamkan dengan cara menggantungnya.

7 dari 8 halaman

Menggunakan Microwave

Alat masak satu ini juga kerap digunakan untuk mengeringkan pakaian. Gunakan suhu yang cukup tinggi (sekitar 130 hingga 150 derajat Celcius) selama 5 hingga 10 menit sehingga pakaian kamu cepat mengering. Namun kamu juga harus mengeceknya sesekali untuk menghindari terjadi pengeringan berlebih yang dapat menyebabkan pakaian menjadi gosong.

8 dari 8 halaman

Menggunakan Kulkas

Cara terakhir untuk mengeringkan pakaian adalah dengan membekukan pakaian hingga muncul bunga es atau kristal es. Trik ini memang tidak lazim, tapi tak ada salahnya dicoba. Dilansir dari Daily Mail, cara ini terinspirasi dari orang penjelajah kutub yang menutup pakaian mereka yang basah hingga membeku. Setelah membeku mereka menggosok dengan keras butiran-butiran es hingga mengering.