Sukses

10 Tempat Wisata Batu Raden Terpopuler, Keindahan Alamnya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Batu Raden yang terletak di Kabupaten Banyumas ini sudah sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Batu Raden menyimpan berbagai potensi wisata yang menjanjikan. Alamnya yang sangat indah, membuat kawasan ini menjadi salah satu favorit wisatawan.

Posisi tempat wisata Batu Raden yang berada di sisi selatan lereng Gunung Slamet, menjadi salah satu faktor yang membuat alamnya begitu indah. Dengan banyaknya destinasi alam yang begitu indah dan sejuk, dapat membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Tempat wisata Batu Raden terdiri dari wisata alam hingga gabungan wisata alam dan modern. Ada banyak curug atau air terjun yang indah hingga telaga yang menyejukkan. Ditambah dengan adanya sumber air panas, menambah kesempurnaan alam Batu Raden yang menakjubkan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata Batu Raden dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Batu Raden Curug

Curug Telu

Tempat wisata Batu Raden pertama adalah Curug Telu. Seperti Telaga Sunyi yang diberikan nama begitu karena memang kawasannya yang sunyi, Curug Telu ini juga merupakan sebuah nama dengan arti secara harfiah, karena memiliki 3 air terjun dalam satu tempat.

Meski ketiganya tidak sama besar, namun secara kasat mata curug ini memang tampak dialiri oleh 3 air terjun sekaligus. Curug ini merupakan sumber dari Curug Bidadari yang letaknya juga tidak jauh dari sini.

Curug Telu memiliki pemandangan yang indah dan hawa khas pegunungan yang masih sejuk, air curugnya pun jernih. Pengunjung yang datang kemari biasanya menghabiskan waktu di curug ini dengan berenang, main air, berfoto mengabadikan momen, dan memancing. Jalur menuju curug yang terbilang mudah membuat curug ini semakin banyak didatangi oleh pengunjung.

Curug Bidadari

Curug Bidadari ini merupakan tempat wisata Batu Raden yang masih jarang dikunjungi. Bukan karena tidak terkenal atau tidak terlalu menarik, tapi karena tempatnya yang cukup tersembunyi.

Curug Bidadari ini akan sangat cocok untuk orang yang hobi bertualang. Jalur perjalanan ke Curug Bidadari ini tergolong lumayan menantang. Di perjalanan, kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepopohan yang sejuk dan rindang.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas curug yang terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.

Letaknya tidak jauh dari Curug Telu yang telah terkenal di kalangan wisatawan. Suasana sunyi di curug ini turut menjadi nilai lebih yang dimiliki selain pemandangannya yang indah serta air yang jernih.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Batu Raden Curug Lainnya

Curug Gumawang

Selanjutnya ada Air Terjun Gumawang. Air terjun Gumawang ini terletak di dalam Lokawisata Baturraden. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya sangat jernih karena aliran airnya langsung jatuh dari mata air Gunung Slamet dan membentuk sebuah telaga kecil dibawahnya.

Banyak anak-anak sekitar Baturraden melakukan atraksi terjun atau lompat dari puncak air terjun dan menyelam untuk mengambil uang logam yang dilemparkan kedalam air oleh pengunjung atau uang setelah melakukan atraksi terjun.

Curug Bayan

Masih seputar curug atau air terjun, tempat wisata Batu Raden selanjutnya adalah Curug Bayan. Memang salah satu ciri khas Baturraden adalah memiliki banyak objek wisata alam berupa air terjun atau biasa disebut curug.

Curug Bayan ini tergolong aman bagi segala usia, karena cukup dangkal dan arusnya pun tidak begitu kuat. Curug ini cocok dijadikan destinasi wisata alam bersama keluarga.

Menariknya lagi, di sekitar lokasi Curug Bayan terdapat dam Jepang dan jembatan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh. Keduanya membuat pemandangan yang ada di curug ini semakin menawan. Di sini kamu dapat menikmati suasana tinggal di pedesaan dengan suara gemericik air curug yang mengalir setiap saat.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Batu Raden Sumber Air Panas

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh (Pancuran Pitu)

Tempat wisata Batu Raden selanjutnya adalah Sumber Air Panas Pancuran Tujuh. Lokasi obyek wisata ini terletak ditengah hutan damar dan pinus yang berjarak sekitar 2,5 km arah barat lokawisata Baturraden yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 5 km dari pintu gerbang wana wisata Baturraden.

Sesuai dengan namanya disebut Pancuran Tujuh atau dalam bahasa jawa disebut Pancuran Pitu karena mempunyai tujuh buah pancuran yang alami mengalir langsung dari gunung slamet. Sumber air panas ini mengandung belerang bersuhu antara 70º-90º celcius serta mengandung beberapa unsur mineral. Karena kandungan belerangnya, maka sangat efektif untuk therapy pengobatan sakit tulang/ rheumatik dan berbagai macam penyakit kulit.

Sumber Air Panas Pancuran Tiga (Pancuran Telu)

Sumber air panas pancuran tiga ini mirip dengan Pancuran Tujuh hanya bedanya memiliki tiga buah pancuran saja. Adapun mengenai bentuk dan karakteristiknya sama dengan Pancuran Tujuh. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat beberapa kamar mandi yang airnya dialiri dari Pancuran Tiga.

Di sini, wisatawan akan dibuat nyaman dan dimanjakan karena dapat memanfaatkan jasa pijat trsdisional dengan mandi lumpur belerang yang tidak ubahnya di Pancuran Tujuh. Bagi wisatawan yang menginginkan lumpur belerang untuk dibawa pulang, tersedia pula lumpur belerang dalam kemasan botol beraneka ukuran yang biasa digunakan untuk mandi lulur agar kulit menjadi sehat dan bersih dari jerawat. Obyek wisata ini mudah dijangkau pengunjung karena berada didalam Lokawisata Baturraden.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Batu Raden Terpopuler

Telaga Sunyi

Tempat wisata Batu Raden yang selanjutnya adalah Telaga Sunyi. Berjarak sekitar 2,8 kilometer dari Lokawisata Baturaden, Telaga Sunyi berada di suatu kawasan yang sunyi, sesuai dengan namanya.

Destinasi wisata alam ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin bersantai dengan nyaman, melarikan diri dari keramaian kota. Telaga ini memiliki panorama alam yang sangat indah, udara pegunungan yang sejuk, ditambah pohon-pohon besar yang rindang membuat kamu bakal betah berlama-lama di sini.

Telaga sunyi memiliki kedalaman hingga 3 meter. Gemericik air yang mengalir serta air telaga yang jerni,h akan menggoda siapa saja yang datang untuk segera menceburkan diri dan berenang di telaga ini.

Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger ini merupakan tempat wisata Batu Raden yang memiliki panorama alam indah dan menyuguhkan pengetahuan tentang kesenian tradisional. Di sini pengunjung bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik, seperti Ebeg atau kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calung, dan juga orkes melayu.

Selain menikmati beraneka hiburan kesenian, pengunjung bisa berkeliling menyusuri situs peninggalan sejarah yang ada. Seperti rel lori dan Waduk Ketenger yang merupakan peninggalan jaman penjajahan.

Memancing atau berkeliling menikmati keindahan alam di sekitar desa juga jadi pilihan menarik di desa ini. Wisata Baturaden ini selain terkenal dengan hiburan keseniannya, juga memiliki kekayaan alam berupa curug seperti curug gede dan curug kembar.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Batu Raden Lainnya

Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden adalah destinasi yang sudah sangat populer sekarang ini. Tempat wisata Batu Raden satu ini memadukan konsep wisata alam dengan wisata modern, yang akan sangat cocok dikunjungi oleh setiap kalangan dari berbagai umur.

Hanya berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Purwokerto, banyak yang mengunjungi Lokawisata Baturaden ini bersama keluarga. Hal ini terjadi karena memang banyak fasilitas dan wahana yang disediakan untuk rekreasi keluarga, khususnya anak-anak. Walaupun begitu, buat anak muda juga banyak spot untuk berfoto yang sangat indah di sini.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet, membuat hawa di Lokawisata Baturraden terasa sejuk. Beberapa wahana rekreasi yang ada di dalam Lokawisata Baturraden, antara lain kolam renang dengan papan seluncur, sepeda air, air terjun, dan pemandian air panas belerang.

Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden ini hanya berjarak 14 kilometer dari Kota Purwokerto. Salah satu tempat wisata Batu Raden ini tidak akan sulit ditemukan, karena lokasinya juga searah dengan Lokawisata Baturaden.

Tempat ini selain sebagai tempat rekreasi, juga merupakan wisata edukasi. Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman seperti Liliana, Perdu, tanaman merambat, Anggrek, hingga pepohonan besar.

Fasilitas hiburan seperti wahana permainan sederhana untuk anak-anak juga tersedia di sini, sehingga kebun raya ini cocok sekali dijadikan tempat piknik bersama keluarga di hari libur.

Pemandangan di sekitar kebun dengan tanaman yang ditata rapi menjadikannya latar yang cocok untuk berselfie ria bersama keluarga.