Sukses

Manfaat Kunir Putih dan Temulawak, Obat Herbal Alami

Ada beberapa manfaat kunir putih dan temulawak yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunir putih dan temulawak sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Kunir putih dan temulawak merupakan jenis rimpang yang dapat dengan mudah ditemui di kawasan Asia Tenggara. Baik kunir dan temulawak mengandung senyawa kaya antioksidan yang menguntungkan.

Kunir putih, sesuai namanya memiliki bentuk mirip dengan kunyit namun dengan warna daging yang putih. Sementara temulawak memiliki tampilan rimpang berbentuk bulat dengan warna oranye kecokelatan. Manfaat kunir putih dan temulawak sudah terkenal berkhasiat dalam dunia herbal.

Manfaat kunir putih dan temulawak sebagai tanaman obat diyakini dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Manfaat kunir putih dan temulawak ini seperti membersihkan hati, anti peradangan, anti bakteri, dan anti kanker. Bagi Anda yang suka minuman atau pengobatan herbal, manfaat kunir putih dan temulawak penting untuk disimak.

Manfaat kunir putih dan temulawak bisa didapatkan dari meminum air rebusan keduanya atau dalam bentuk suplemen yang dijual secara komersial. Anda bisa menemukan kunir putih dan temulawak di pedagang jamu atau obat herbal. Berikut manfaat kunir putih dan temulawak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat kunir putih untuk kesehatan

Sehatkan pencernaan

Minyak esensial pada kunir puith memiliki manfaat dalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, serta jarang buang air besar. Kunir putih juga mampu mencegah radang usus karena stres.

Penghilang nyeri

Kunir putih memiliki sifat analgesik yang membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Rimpang ini sudah lama digunakan untuk mengobati sakit perut, nyeri haid, nyeri sendi, dan nyeri lainnya.

Cegah peradangan

Sifat diuretik kunyit putih mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian. Ini membuat tubuh mampu mendetoksifikasi racun penyebab peradangan. Bahkan kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

3 dari 7 halaman

Manfaat kunir putih untuk kulit

Antimikroba dan Antijamur

Beberapa penelitian telah menunjukkan kunyit putih dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit. Bakteri ini seperti E. coli yang menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Ada juga Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis. Kunir putih juga bisa melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida.

Atasi alergi

Kunir putih mengandung curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi. Senyawa ini terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kunir putih bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, sebuah zat kimia yang memicu reaksi alergi.

4 dari 7 halaman

Manfaat kunir putih untuk kecantikan

Atasi jerawat

Kandungan antioksidan dalam kunir putih membuat rimpang ini bisa dijadikan sebagai obat jerawat. Jika Anda memiliki jerawat, conalah menggunakan masker kunyit putih sebelum mandi dan diamkan kira-kira 15 menit.

Cerahkan wajah

Kandungan nutrisi dan vitamin serta pati kunyit putih disinyalir sangat baik untuk membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Kunir putih juag dapat menyegarkan wajah dan mencegah kulit berminyak.

5 dari 7 halaman

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Tingkatkan stamina

Temulawak dikenal luas sebagai penambah stamina tubuh. Temulawak bisa mendetoksifikasi tubuh, membuat tubuh terasa bugar dan segar. Temulawak bisa mengurangi gejala masuk angin, demam, batuk, dan flu.

Tingkatkan nafsu makan

Temulawak juga digunakan untuk menambah nafsu makan. Manfaat ini sangat cocok bagi anak yang sulut makan agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

Obati gangguan pencernaan

Sama seperti kunir putih, temulawak juga bermafaat unruk kesehatan pencernaan. Temulawak dapat mengatasi perut kembung, sembelit, dan diare. Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

6 dari 7 halaman

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Atasi peradangan sendi

Temulawak juga dapat meringankan peradangan sendi atau osteoarthritis. Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan, temulawak memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan pada pasien osteoarthritis.

Tingkatkan kekebalan untuk kesehatan

Temulawak memiliki sifat anti-peradangan dan anti-inflamasi. Ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang membuat tubuh jauh dari risiko penyakit. Sifat anti-bakteri dan anti-jamurnya juga membuat tubuh kebal dari infeksi.

Detoks tubuh untuk kesehatan

Temulawak dapat mendetoksifikasi tubuh melalu hati. Herbal ini juga membantu ginjal menyaring sisa metabolisme dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Temulawak melindungi hati dari senyawa berbahaya yang dapat merusaknya.

7 dari 7 halaman

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Cegah kanker

Temulawak dapat bertindak sebagai agen antikanker serta agen kemopreventif. Antioksidan dalam temulawak dapat mencegah dan menangkal radikal bebeas. Temulawak mampu membantu menyusutkan sel kanker bangkan pada pasien stadium lanjut.

Sehatkan kulit

Temulawak juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Temulawak dapat mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, meremajakan kulit, hingga menyamarkan bekas luka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.