Sukses

10 Manfaat Daun Kelor untuk Anak, Bisa Mencerdaskan Otak

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan serta tumbuh kembang anak merupakan salah satu kewajiban yang perlu dipahami orang tua dengan baik. Ada banyak bentuk usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembangnya agar tetap baik alias terbebas dari gangguan.

Salah satu bentuk usaha yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi anak, maka akan memperkecil risiko munculnya penyakit yang tidak diinginkan. Bentuk pemenuhan nutrisi untuk anak bisa Anda peroleh dari bahan makanan yang mudah ditemukan, salah satunya daun kelor.

Daun kelor adalah bahan makanan yang punya segudang nutrisi. Daun kelor punya nutrisi tinggi yang mampu mencukupi kebutuhan gizi anak. Selain mudah ditemukan, mengolah daun kelor juga tidak sulit dan tentunya disukai anak.

Berikut manfaat daun kelor untuk anak beserta cara mengolahnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

2 dari 7 halaman

Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Meningkatkan Metabolisme

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Manfaat daun kelor untuk anak pertama dipercaya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Hal ini dikarenakan daun kelor mempunyai nutrisi berlipat ganda dari jenis makanan lainnya.

Pada satu gram daun kelor menghasilkan tujuh kali vitamin C seperti jeruk, empat kali kalsium pada susu, empat kali vitamin A pada wortel, dan tiga kali potasium pada pisang. Daun kelor juga kaya serat mineral dan zat besi.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses penyerapan nutrisi untuk menghasilkan katabolisme atau energi yang digunakan sehari-hari. Anak biasanya memiliki metabolisme yang tinggi, terlebih saat masa pertumbuhan.

Apabila anak sedang sakit, maka metabolisme dalam tubuhnya akan langsung turun. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral sehingga baik untuk meningkatkan metabolisme anak.

3 dari 7 halaman

Lancarkan Pencernaan dan Optimalkan Tumbuh Kembang

Melancarkan Sistem Pencernaan Anak

Manfaat daun kelor untuk anak mampu membantu melancarkan pencernaan. Manfaat ini didapatkan karena daun kelor punya serat yang tinggi.

Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin, kalsium, dan mineral juga membantu penyerapan nutrisi melalui pencernaan.

Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Daun kelor mengandung zat besi yang tinggi, sehingga mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Memenuhi kebutuhan zat besi pada anak merupakan salah satu yang perlu diperhatikan untuk tumbuh kembang anak.

Hal ini dikarenakan zat besi pada daun kelor mampu membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Apabila anak kekurangan zat besi, maka akan membuat tubuhnya lemas dan tidak fokus.

Kekurangan zat besi pada anak akan menimbulkan penyakit anemia dan defisiensi besi.

 

4 dari 7 halaman

Baik untuk Pertumbuhan Tulang dan Massa Otot

Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat daun kelor untuk anak selanjutnya mampu memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kalsium empat kali lebih besar daripada susu.

Jadi, apabila mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu pertumbuhan tulang anak. Selain kalisum, daun kelor juga memiliki kandungan fosofr yang baik untuk tulang.

Meningkatkan Massa Otot

Otot terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Pada  daun kelor juga mengandung asam amino essensial.

Kandungan asam amino essensial pada daun kelor ini mampu membuat massa otot anak meningkat. Massa otot bukan berarti 'membesarkan otot' namun lebih pada mengukur bagaimana anak pulih dari kelelahan beraktivitas dan seberapa besar metabolisme aerobik maupun anaerobik pada anak.

5 dari 7 halaman

Mencerdaskan Otak dan Jaga Kesehatan Rambut

Mencerdaskan Otak

Untuk menjaga kesehatan otak, Anda bisa memberikan daun kelor pada anak untuk merasakan manfaatnya. Adanya kandungan asam folat dan asam amino pada daun kelor, merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk otak.

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang tidak kalah penting baik untuk mengoptimalkan kerja otak anak.

Jaga Kesehatan Rambut

Manfaat daun kelor untuk anak juga bisa untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat ini didapatkan karena daun kelor memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang dapat membantu pembentukan protein keratin pada rambut.

Protein ini merupakan materi dasar penyusun lapisan kulit manusia yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

6 dari 7 halaman

Meringankan Luka dan Jaga Kelembapan Kulit

Meringankan Luka dan Bekasnya

Di masa pertumbuhannya, anak cenderung aktif saat sedang main dan malakukan aktivitas lainnya. Risiko terjadi cedera pada anak sangat mungkin terjadi karena keaktifannya.

Ketika anak terluka saat melakukan kegiatannya, jangan terlalu cemas berlebihan. Anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk mengobati luka pada anak.

Selain menyembuhkan luka, manfaat daun kelor juga dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah adanya bekas luka.

Jaga Kelembapan Kulit

Manfaat daun kelor selanjutnya yang bisa dirasakan adalah ampuh melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung vitamin E yang terkenal ampuh untuk melembapkan kulit.

Menjaga kelembapan kulit pada anak sangat diperlukan. Pastikan anak Anda tidak mengalami kulit kering hingga mengalami iritasi. Daun kelor juga dapat mengobati ruam-ruam di kulitnya.

7 dari 7 halaman

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Anak

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor, Anda bisa memberikan beberapa olahan masakan atau minuman untuk anak. Tidak sulit mengolah daun kelor agar dapat dikonsumsi oleh anak.

Untuk menjadikannya masakan lezat, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai makanan seperti sayur bening, sup, dan lain sebagainya. Apabila daun kelor terasa pahit dan anak tidak menyukainya, Anda bisa menambahkan kapur sirih ketika merebusnya.

Sedangkan untuk minuman, Anda bisa daun kelor yang masih muda dan yang sudah dikeringkan. Tumbuk daun kelor yang sudah kering, lalu dihaluskan. Seduh bubuk daun kelor dengan air panas dan tambahkan madu untuk mendapatkan rasa yang nikmat.

Selain dikonsumsi sebagai makanan dan minuman, daun kelor juga dapat dijadikan untuk mengobati luka. Cara menggunakan daun kelor sebagai penyemuhan luka cukup mudah. Cukup cuci bersih daun kelor dan rendam hingga teksturnya lembek. Setelah itu, tempelkan saja pada luka.

Loading