Sukses

7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Gatal Akibat Alergi

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami untuk mengatasi kulit gatal kebanyakan adalah tanaman herbal. Berbagai tanaman herbal ini bisa menjadi alternatif pengobatan alami dalam mengatasi kulit gatal akibat alergi. Jadi, bahan alami tersebut dapat menjadi pengganti obat medis dari dokter.

Gatal karena alergi adalah hal yang umum dan biasanya bisa sembuh tidak lebih dari dua minggu. Gejala ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah melawan zat yang sebetulnya tidak berbahaya (alergen). Saat alergen masuk atau menyentuh tubuhmu, tubuh akan mengeluarkan antibodi dan histamin yang menyebabkan peradangan seperti ruam dan gatal di kulit.

Bahan alami untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi bisa mempercepat penyembuhan. Hal ini tentunya lebih baik dari menggaruk kulit yang gatal tersebut. Menggaruk kulit yang gatal sebenarnya tidak disarankan dan bisa memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kering, bersisik, dan muncul luka. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019) tentang bahan alami untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi.

2 dari 4 halaman

Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Lidah Buaya

Bahan alami untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi yang pertama adalah lidah buaya. Gel dari lidah buaya bisa digunakan untuk meredakan iritasi karena kulit gatal dan melembapkan kulit. Hal ini ini juga dapat mencegah iritasi berkembang menjadi infeksi. Selain itu, lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akan lebih cepat sembuh dan meninggalkan bekas luka samar.

Lidah buaya umumnya aman untuk digunakan semua orang. Namun, beberapa orang yang kulitnya sensitif disarankan untuk mengujinya terlebih dulu. Caranya oles sedikit lidah buaya ke kulit punggung tangan untuk memeriksa tanda-tanda reaksi. Bila sampai 24 jam tidak ada tanda serius yang muncul, bahan alami ini bisa digunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi yang kamu alami.

Pilih lidah buaya murni untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Kamu juga dapat menggunakan gel lidah buaya yang sudah ada di dalam kemasan. Namun, pilih produk yang kandungan gelnya paling banyak dibanding komposisi pendukung lainnya.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Minyak kelapa juga dipercaya dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi kulit gatal karena peradangan sewaktu alergi.

Minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan. Menurut penelitian dari Healthline, antioksidan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan, salah satunya gatal-gatal. 

Minyak kelapa juga efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering. Orang yang kulitnya kering rentan mengalami gatal dan bersisik. Jadi kamu bisa menggunakan bahan alami satu ini untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi.

3 dari 4 halaman

Daun Peppermint dan Tea Tree Oil

Daun Peppermint

Daun Peppermint atau daun mint merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi. Hal ini bisa terjadi karena sifatnya yang menyejukkan sekaligus mengurangi rasa gatal alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga dan terkena poison ivy. 

Dalam sebuah studi tahun 2016, ditemukan bahwa minyak daun mint ini dapat mengurangi rasa gatal yang parah. Namun tidak disarankan mengoleskan langsung minyak peppermint ke kulit yang luka karena gatal, karena dapat memicu sensasi panas terbakar atau malah memperburuknya.

Campurkan minyak daun mint dengan pelembap yang biasa kamu gunakan sebagai obat gatal tradisional. Campuran ini hanya bisa digunakan pada rasa gatal alergi yang ringan, bukan gatal parah.  

Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak daun teh bisa menjadi obat gatal alami saat reaksi alergi muncul. Sifat antiperadangan dari minyak pohon teh berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. Tea tree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

Perlu diketahui, bahwa obat gatal alami dari minyak pohon teh ini punya aturan pakai yang khusus. Kamu tidak disarankan langsung pakai minyak pohon teh langsung ke kulit yang gatal saat alergi. 

Untuk menggunakannya dengan benar, campurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa kamu gunakan, lalu dioles ke bagian tubuh yang gatal beberapa kali dalam sehari. 

4 dari 4 halaman

Pegagan dan Oatmeal

Centella Asiatica atau Pegagan

Centella asiatica atau dikenal dengan pegagan, adalah tanaman herbal yang masih satu jenis dengan tanaman parsley. Tanaman ini bisa menjadi obat gatal alami karena beberapa kandungan anti alergi, antipruritus, dan anti peradangan di dalamnya. 

Pada sebuah penelitian, ketika serum ekstrak pegagan disuntikkan ke domba dan juga tikus, hasilnya menunjukkan bahwa tanaman ini menunjukkan aktivitas antialergi, antipruritus, dan antiinflamasi. Hal ini berlaku sebanding ketika diuji dengan obat antihistamin ketotifen fumarate.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pegagan aman digunakan dengan cara diminum atau dioles sebagai obat gatal alami saat alergi. Pastikan kamu konsultasi ke dokter sebelum memakai obat dari bahan-bahan alami. 

Oatmeal

Oatmeal fungsinya bukan hanya sebagai makanan yang sehat dan baik untuk tubuh, tapi bisa dijadikan sebagai obat gatal tradisional. Oatmeal pada dasarnya bersifat humektan, yang artinya dapat membantu melembapkan kulit. 

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Science, menunjukkan bahwa minyak dalam gandum bekerja bersama untuk membantu memperbaiki kulit. Ini karena oat mengandung zat anti-inflamasi seperti minyak linoleat, asam oleat, dan avenanthramides. Hal ini berguna untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi.

Kamu bisa menggunakan oatmeal dalam bentuk krim koloid (campuran zat) sebagai campuran air di bak mandi, caranya sebagai berikut:

- Isi bak mandi dengan air hangat.

- Campurkan satu cangkir (atau satu paket) oatmeal koloid ke dalam air.

- Benamkan diri di dalam air dan rendam selama 30 menit, jangan lebih. 

- Bilas dengan air hangat

Es Batu

Mengompres bagian kulit yang gatal dengan es batu juga bisa membantu meringankan gejala gatal. Cobalah untuk meletakkan kantong es atau es batu yang yang dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa sangat gatal. 

Namun perlu diingat, bahan alami ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama dan alternatif. Jika gatal tak kunjung mereda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit.