Sukses

14 Artis Ini Ditangkap Kasus Narkoba di 2019, Ada yang Empat Kali

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 menjadi tahun yang cukup memiliki banyak kesan bagi sebagian orang. Akan tetapi, tak semua kesan yang ditinggalkan pada 2019 ini cukup baik. Nyatanya, sepanjang 2019, beberapa selebriti Tanah Air juga terjerat kasus narkoba dan harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Tak hanya sebagai pengguna saja, beberapa selebriti Tanah Air justru turut serta menjadi pengedar barang haram tersebut. Penangkapan selebriti atas kasus narkoba tentu saja cukup mengejutkan publik. Mulai dari tertangkapnya komedian Nunung, aktor muda Jefri Nichole hingga aktor senior Ibra Azhari.

Bahkan, ada pula yang harus berurusan dengan pihak kepolisian atas kasus narkoba lebih dari satu kali. Bahkan, ada yang sampai 4 kali tertangkap pihak kepolisian atas kasus yang sama.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019) berikut ini beberapa deretan selebriti yang tertangkap karena kasus narkoba sepanjang 2019.

2 dari 8 halaman

Jupiter Fortessimo dan Zul 'Zivilia'

1. Jupiter Fortissimo

Jupiter Fortissimo harus kembali mendekam di penjara karena tertangkap kasus penyalahgunaan narkoba. Ia diamankan oleh Satuan Reserse Narkoba Polda Metro Jaya pada 11 Februari 2019 lalu di Grogol, Jakarta Barat. Sebelumnya, Jupiter juga sempat menjalani hukuman 2,5 tahun penjara atas kasus yang sama. Ia diamankan oleh pihak kepolisian beserta barang bukti satu paket sabu dan alat hisap atau bong.

2. Zul ‘Zivilia’

Penangkapan vokalis band Zivilia pada akhir Februari 2019 lalu juga sempat menghebohkan publik. Bukan sebagai pemakai, akan tetapi Zul juga masuk dalam jaringan pengedar narkoba. Pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa sabu seberat 9,54 kilogram serta 24.000 butir pil ekstasi. Ia juga divonis oleh majelis hakim dengan pidana penjara selama 18 tahun dan denda sebesar Rp 1 Miliar.

3 dari 8 halaman

Sandy Tumiwa dan Edo Idol

3. Sandy Tumiwa

Aktor Sandy Tumiwa juga terjerat kasus narkoba pada Maret 2019 lalu. Dirinya ditangkap dengan barang bukti berupa sabu sebanyak 0,24 gram. Sandy Tumiwa diamankan pihak kepolisian bersama rekannya saat tengah melakukan pesta sabu. Bahkan, dari tes urin yang dilakukan oleh pihak kepolisian, mendapati aktor 37 tahun ini positif menggunakan narkoba. Ia ditangkap tanpa perlawanan di Hotel The Grpve, Jakarta Selatan pada 1 Maret 2019.

4.  Eddo Idol

Mantan finalis Indonesian Idol 2007, Eddo Charles atau yang dikenal sebagai Edo pun harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia diamankan oleh Satuan reserse Narkoba Polrestro Jakarta Barat pada 2 Maret 2019 di sebuah apartemen di Jakarta Selatan. Saat ditangkap, pihak kepolisian pun berhasil menemukan barang bukti berupa sebuah plastik klip berisi sabu serta alat hisap. Barang bukti tersebut ditemukan di lipatan bawah celana yang ia kenakan.

4 dari 8 halaman

Agung Saga dan Nunung

5. Agung Saga

Aktor FTV sekaligus DJ Agung Saga juga diamankan oleh pihak kepolisian atas kepemilikkan narkoba. Ia ditangkap dengan rekannya bernama Harry Nugraha pada 9 April 2019. Penangkapan tersebut dilakukan di Kawasan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada pukul 02.00 WIB. Pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 1,49 gram dari tangan keduanya. Ia beralasan jika mengonsumsi barang haram tersebut demi meningkatkan stamina tubuh.

6. Nunung ‘Srimulat’

Penangkapan komedian Nunung ‘Srimulat’ dan sang suami atas kasus narkoba cukup membuat heboh publik. Pasalnya, dirinya mengaku telah cukup lama mencicipi narkoba. Ia diamankan oleh pihak kepolisian di rumahnya yang berada di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada 19 Juli 2019 lalu. Video penangkapan Nunung dan sang suami Jully Jan Sembiran ini pun beredar di media sosial. Sebelum diamankan pihak kepolisian, Nunung juga mengaku telah membuang barang haram tersebut di kloset rumahnya.

5 dari 8 halaman

Jefri Nichol, McDanny dan Reno Fenady

7. Jefri Nichol

Tak berselang lama setelah penangkapan Nunung, publik pun kembali dikejutkan dengan penangkapan aktor Jefri Nichol atas kasus kepemilikan narkoba. Bintang film Habibie & Ainun 3 ini pun diamankan pihak kepolisian pada 22 Juli 2019 di Kawasan Santa, Jakarta Selatan. Dari tangah Jefri Nichol, polisi pun mengamankan barang bukti ganja seberat 6,01 gram di rumahnya.

8. McDanny dan Reno Fenady

Dua komika Tanah Air McDanny dan Reno Fenady berhasil diamankan oleh Polresta Tangerang terkait kasus narkoba. Keduanya diciduk di Kawasan Salemba, Jakarta Pusat pada 25 Agustus 2019 lalu. Dari tangan kedua komika tersebut ditemukan dua paket sabu seberat 0,97 gram dan alat hisap.

6 dari 8 halaman

Rifat Umar dan Daffa D'Academy 2

9. Rifat Umar

Artis lenong, Rifat Umar juga ditangkap oleh Polda Metro Jaya karena kepemilikan narkoba. Ia diamankan pada 2 Oktober 2019 pada pukul 01.35 WIB di Rumah Kayu Manis, Jl. Melati, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Polisi pun mengamankan barang bukti dari tangan tersangka berupa tiga linting kertas dengan isi ganja, empat buah plastik klip sedang dan satu wadah kaleng dengan masing-masing berisi ganja. Dari hasil tes urine, Rifat Umar dinyatakan positif ganja dan metamin.

10. Daffa D’Academy 2

Pedangdut Daffa atau yang memiliki nama lengkap Septyan Arochman ditangkap pohak kepolisian atas penggunakan obat terlarang pada 5 Oktober 2019. Ia diamankan di jl. Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada pukul 02.00 WIB. Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya juga merilis mengenai detai penangkapan Daffa D’Academy 2 atas kasus narkoba. Saat diamankan, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 buah ponsel, 1 buah alat hisap, 1 buah cangklong serta sebungkus klip sabu dengan berat brutto 0,73 gram. Dari tes urine yang dilakukan oleh pihak kepolisian, Daffa juga dinyatakan positif menggunakan Amphetamin dan Methampetamin (Sabu).

7 dari 8 halaman

Menantu Elvy Sukaesih dan Rio Reifan

11. Menantu Elvy Sukaesih

Suami Dhawiyah yang merupakan menantu Elvy Sukaesih pun kembali ditangkap atas kasus narkoba pada 5 Oktober 2019 lalu. Pria bernama Muhammad Basurrah Bin Anis B ini sebelumnya juga sempat diamankan oleh pihak kepolisian bersama dengan Dhawiyah dan dua kakaknya pada Februari 2018 lalu.  Menantu Elvy Sukaesih ini diamankan di daerah Cililitan, Jakarta Timur pada pukul 00.30 WIB. Saat diamankan, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa dua klip sabu dengan berat masing-masing 0,33 gram dan 0,41 gram.

12. Rio Reifan

Pada 13 Agustus 2019 lalu, aktor Rio Reifan kembali ditangkap pihak berwajib atas kepemilikan obat-obatan terlarang. Ia ditangkap oleh Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya bersama dua orang rekannya dikediamanan Rio Reifan. Polisi juga mengamankan barangbukti berupa narkoba jenis sabu seberat 0,0129 gram.

8 dari 8 halaman

Ibnu Rahim dan Ibra Azhari

13. Ibnu Rahim

Mantan bintang cilik Ibnu Rahim yang bermain dalam sinetron Madun juga ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengedarkan narkoba. Ia ditangkap pada 9 Oktober 2019 lalu di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Saat penangkapan oleh Satuan Narkoba Polres Tangerang Selatan, Ibnu tengah bertansaksi sabu dan ekstasi. Dari tangan tersangka, polisi pun menemukan barang bukti berupa sabu severat 1,06 gram dan 5 butir ekstasi serta cangklong. Ia mengaku menjual barang haram tersebut karena sepi job.

 

14. Ibra Azhari

Dipenghujung tahun 2019 ini, publik kembali dihebohkan atas berita penangkapan artis karena kasus narkoba. Artis senior Ibra Azhari pun ditangkap oleh pihak kepolisian untuk yang keempat kalinya. Pihak kepolisian berhasil mengamankan adik dari Ayu Azhari di rumahnya yang berada di Jalan Batu Merah, pasar Minggu, Jakarta Selatab pada 21 Desember 2019 lalu.