Sukses

Ria Irawan Meninggal Dunia setelah Berjuang Melawan Kanker, Ini 4 Faktanya

Ria Irawan meninggal dunia pada Senin pagi (6/1/2020).

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Ria Irawan, aktris kelahiran 24 Juli 1969 meninggal dunia pada Senin pagi (6/1/2020). Ria Irawan lama berjuang melawan kanker dan tumor yang menyerangnya. 

Ria Irawan meninggal saat azan Subuh berkumandang. Hal tersebut terkonfirmasi dari suami Ria, Mawki Wongkar yang selalu setia menemani istrinya. Mawki menuturkan bahwa sang istri memang sudah dalam kondisi kritis. Mawki pun tak bisa membendung kesedihannya saat membenarkan berita meninggalnya Ria Irawan.

"Iya (Ria) barusan (meninggal), tadi pas adzan Subuh. Memang udah kritis mas" ujar Mawki seperti Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com (6/1/2020).

Meninggalnya Ria Irawan meninggalkan banyak duka bagi banyak orang. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta meninggalnya Ria Irawan, Senin (6/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Ria Irawan menghembuskan nafas terakhirnya pagi tadi (6/1/2020) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ia meninggal saat azan Subuh berkumandang. Sebelum meninggal, Ria sempat kritis dan ada upaya penyelamatan tim dokter RSCM.

Ria Irawan memang tidaklah asing dengan RSCM. Ia selalu dirawat di rumah sakit ini. Ia sempat keluar masuk rumah sakit ini untuk melakukan perawatan. Sebelum kembali lagi ke RSCM, Ria sempat diperbolehkan meninggalkan rumah sakit pada 14 September 2019.

3 dari 5 halaman

2. Mengidap kanker sejak 2014

Ria Irawan sudah 5 tahun berjuang melawan kanker sejak divonis pada 2014. Ria mengidap kanker endometroim stadium 3 C. Pelantun lagu Hiasan Mimpi ini sudah melakukan kemoterapi selama 1,5 tahun lamanya. Bahkan kankernya sempat didiagnosa bersih.

Tak berselang lama, pada 2017 Ria kembali dikagetkan dengan tumbuhnya sel kanker lagi di diafragma. Sel kanker tersebut menyebar dengan cepat hingga ke bagian paru-paru. Hal inilah yang membuat Ria Irawan sering mengalami kondisi drop di kesehatan.

4 dari 5 halaman

3. Sudah sulit berbicara karena tumor di kepala

Tidak hanya kanker, dalam tubuh Ria tepatnya di kepala terdapat tumor. Tumor tersebut mengakibatkan perempuan berusia 50 tahun sulit berbicara. Ia juga sempat kehilangan keseimbangan karena tumor yang tumbuh di kepalanya.  Kondisi Ria sempat melemah pada Agustus 2019 dan dilakukan perawatan intensif sejak 1 September di RSCM.

"Masih berobat jalan. Kemarin habis cek MRI kepalanya. Ya Alhamdulillah ngomongnya sudah jauh lebih lancar. Mohon doa untuk kesembuhannya," ungkap Dewi Irawan, kakak Ria seperti Liputan6.com rangkum dari KapanLagi.com pada Oktober 2019 lalu.

5 dari 5 halaman

4. Banjir ucapan belansungkawa dari rekan artis

Meninggalnya Ria Irawan menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak termasuk rekan artisnya. Banyak rekan artis Ria Irawan menyampaikan pesan duka melalui media sosialnya.

"Rest in Love Ria Irawan. Speechless gue. Gue bakal kangen banget sama lo" tulis Lukman Sardi di Instagram @lukmansrd (6/1/2020).

"Turut berduka cita sedalam dalamnya semoga untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan keikhlasan," tulis Marsha Timothy di Instagram @marshatimothy (6/1/2020)

"Baru dapat kabar dari Mbak @dewiirawan13, Mbak @RiaIrawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik, sampai jumpa lagi," tulis Ernest Prakasa di Instagram @ernestprakasa (6/1/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini