Sukses

6 Makanan yang Mengandung Yodium Tinggi Selain Garam

Makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam bisa jadi pilihan pemenuhan asupan yodium tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang mengandung yodium tinggi perlu dikenali agar kamu tidak menggunakan garam berlebihan. Garam sendiri merupakan sumber utama yodium untuk kesehatan tubuh. Namun, di samping itu, garam juga mengandung sodium yang tak kalah tinggi. 

Yodium sendiri berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyakit seperti gondok, menjaga fungsi kelenjar tiroid, hingga dapat mencegah stroke. Sedangkan mengonsumsi sodium terlalu banyak dapat menyebabkan hipertensi. Karena itu banyak orang menghindari konsumsi garam.

Makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam bisa jadi pilihan pemenuhan asupan yodium tubuh. Apalagi, tubuh tidak bisa memproduksi yodium sendiri, sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yodium dari makanan yang kamu santap.

Mengetahui makanan-makanan yang mengandung yodium tinggi ini juga dapat membuat kamu lebih berhati-hati dalam penggunaan garam. Jika kamu menggunakan garam yang berlebihan pada makanan yang mengandung yodium tinggi ini, tentunya tidak baik pula untuk kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/1/2020) tentang makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumput laut dan Telur

Rumput Laut

Makanan yang mengandung yodium tinggi selain garam pertama adalah rumput laut. Kamu bisa mengkonsumsi rumput laut sebagai pengganti garam yang lebih sehat. Selain menjadi salah satu sumber yodium yang baik, rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, rumput laut juga rendah kalori.

Namun, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi rumput laut dalam jumlah terlalu banyak. Mengonsumsi rumput laut lebih dari satu kali dalam seminggu tidak direkomendasikan, terutama saat kamu sedang hamil.

Kelebihan asupan yodium juga tidak baik untuk kesehatan. Ini bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh dan berakibat buruk pada kelenjar tiroid.

Telur

Dalam sebutir telur terkandung berbagai nutrisi mulai dari protein, lemak sehat, dan vitamin serta mineral. Satu butir telur (sekitar 50 gram) mengandung yodium sebesar 25 mcg. Ini bisa memenuhi sekitar 16% dari kebutuhan yodium kamu. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi kolin yang baik bagi kesehatan otak.

3 dari 4 halaman

Ikan dan Daging

Ikan dan makanan laut lainnya

Makanan yang mengandung yodium tinggi berikutnya adalah ikan dan berbagai makanan laut lainnya. Ikan cod, salmon, tuna, dan haddock merupakan ikan sumber yodium. Seratus gram ikan salmon mengandung kurang lebih 14 mcg yodium, 100 gram ikan tuna mengandung 12 mcg yodium, 120 gram ikan cod mengandung 230 mcg yodium, dan 120 gram ikan haddock mengandung 390 mcg yodium.

Tak hanya rendah kalori, tinggi protein, dan sumber omega-3 yang baik, ikan tuna juga mengandung yodium yang cukup tinggi, yakni sebanyak 11 persen dari kebutuhan harian yang disarankan. Sedangkan, yodium pada ikan cod dapat memenuhi 66 persen kebutuhan harian tubuh. Karena itu, kamu harus memperhatikan konsumsinya agar tak berlebihan. Makanan laut lainnya yang juga mengandung yodium adalah udang dan kerang.

Daging

Selain ikan, makanan yang mengandung yodium tinggi selanjutnya adalah daging sapi dan daging ayam. Seratus gram daging sapi atau daging ayam mengandung kurang lebih 10 mcg yodium. Jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan yodium kamu per hari.

4 dari 4 halaman

Susu dan Produk Olahan Susu, Sayuran dan Buah-buahan

Susu dan Produk Olahan Susu

Susu juga merupakan sumber yodium yang baik, terutama susu sapi. Dalam 200 ml susu sapi terkandung yodium sebesar 50-100 mcg. Produk susu yang juga mengandung yodium adalah yogurt, keju, dan es krim.

Jumlah kandungan yodium dalam produk olahan susu bervariasi. Pada secangkir susu misalnya, dapat menyediakan 59 hingga 112 persen kebutuhan yodium harian pada tubuh. Sedangkan, yoghurt dapat memenuhi setengah kebutuhan harian yodium yang disarankan. Sedangkan, keju mempunyai kandungan yodium yang jauh lebih sedikit.

Sayuran dan Buah-buahan

Tak hanya pada sumber hewani, yodium juga bisa ditemukan dalam makanan sumber nabati. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang mengandung yodium, yaitu jagung, kentang, kacang lima, kacang polong, apel, dan pisang.

Tidak seperti sumber yodium lainnya, kandungan yodium dalam sayuran dan buah-buahan ini tergolong lebih sedikit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.