Sukses

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan, Tetap Perhatikan Jumlah Konsumsi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat garam untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secukupnya. Mengonsumsi garam berlebihan memang menimbulkan berbagai dampak negatif untuk tubuh, namun itu bukan berarti kamu harus menghilangkan garam dari makananmu sehari-hari. Pasalnya, garam juga diperlukan oleh tubuh.

Garam sering dikaitkan dengan darah tinggi (hipertensi), stroke dan penyakit jantung koroner. Langkah terbaik adalah membatasi konsumsi garam sesuai dengan kebutuhan agar tubuh tetap mendapatkan manfaatnya. Konsumsi garam yang pas bagi tubuh harus disesuaikan dengan usia.

Manfaat garam untuk kesehatan bisa didapatkan dengan memperhatikan asupan yang dibutuhkan tubuh. Makin muda usia kamu, makin sedikit asupan garam yang dibutuhkan tubuh. Mengingat manfaat garam yang esensial dan efeknya yang membahayakan bagi tubuh jika berlebihan, maka ketepatan mengonsumsi garam harus diperhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/1/2020) manfaat garam untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya yang tepat.

2 dari 5 halaman

Jumlah Kebutuhan Garam Menurut Usia

Konsumsi garam yang pas bagi tubuh harus disesuaikan dengan usia. Makin muda usia kamu, makin sedikit asupan garam yang dibutuhkan tubuh. Berikut konsumsi garam yang direkomendasikan berdasarkan kriteria usia:

- Untuk bayi di bawah setahun, dianjurkan diberikan asupan garam kurang dari 1 gram sehari.

- Usia anak 1-3 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 2 gram per hari atau setara dengan 0,8 gram natrium.

- Usia anak 4-6 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 3 gram per hari atau setara dengan 1,2 gram natrium.

- Usia anak 7-10 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 5 gram per hari atau setara dengan 2 gram natrium.

- Usia anak 11 tahun ke atas dan orang dewasa, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 6 gram per hari atau setara dengan 2,3 gram natrium. Sedangkan, untuk penderita gangguan jantung, disarankan membatasi asupan natrium hingga 1,5 gram per hari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Garam (Melancarkan Metabolisme dan Menjaga Kesehatan Pencernaan)

Melancarkan Metabolisme

Manfaat garam untuk kesehatan bisa membantu melancarkan metabolisme. Metabolisme yang baik akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh.

Garam dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudahnya dapat menyerap di dalam darah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat garam untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Kalau kamu sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut.

Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya kamu memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Garam (Meringankan Masalah Pernapasan dan Mencegah Hiponatremia)

Meringankan Bronkitis dan Masalah Pernapasan Lainnya

Meringankan bronkitis dan sakit pernapasan juga menjadi salah satu manfaat garam untuk kesehatan. Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang kamu hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh.

Maka dari itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

Mencegah Hiponatremia

Manfaat garam untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah hiponatremia. Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tidak tercukupi kebutuhan garam, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh dan akhirnya terjadi pembengkakan di tubuh karena sel-selnya kelebihan air.

5 dari 5 halaman

Manfaat Garam (Membuat Tubuh Rileks dan Membersihkan Mulut)

Membuat Tubuh Rileks

Manfaat garam untuk kesehatan selanjutnya adalah membuat tubuh rileks. Merendam tubuh pakai garam ternyata bisa menghasilkan rileks pada tubuh dan otot-otot yang kaku. Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal.

Kamu bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh dengan campuran garam tersebut. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Membersihkan Mulut

Manfaat garam untuk kesehatan juga bisa membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam.

Caranya campurkan ½ sendok teh garam dicampur secangkir air hangat. Tindakan ini mencegah pembengkakan dan menenangkan sakit pada gusi.