Sukses

10 Jenis dan Harga Lovebird Mahal Hingga Murah, Kenali Ciri Uniknya

Semakin unik dan langka jenis lovebird, harganya akan semakin mahal.

Liputan6.com, Jakarta Jenis dan harga lovebird cukup bervariasi. Tinggi harga dari setiap lovebird dilihat dari masing-masing keunikannya. Selain kicauan suara yang menjadi ciri khas, ada karakteristik lain yang menjadi penentu harga lovebird. 

Ada berbagai tujuan seseorang memelihara burung kicau. Baik untuk mendengarkan suaranya yang merdu hingga melihat keindahan bulunya. Apapun tujuan kamu, ragam keunikan setiap lovebird menentukan harganya.

Semakin unik lovebird, maka perawatan juga membutuhkan tenaga ekstra. Burung lovebird dianggap bagus dan indah apabila warnanya terbilang langka dan sulit ditemukan. Warna lovebird yang langka justru semakin banyak peminatnya.

Maka tak heran kalau jenis dan harga lovebird yang langka termasuk ke dalam jenis lovebird paling mahal. Warna lovebird langka bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu ekornya. Namun, bagi pemula, memiliki jenis dan harga lovebird dengan harga yang cukup murah bukan menjadi masalah.

Hal terpenting adalah bagaimana kamu merawat lovebird agar tetap indah dan sehat. Nah, buat kamu yang tertarik ingin memelihara lovebird, tak ada salahnya untuk mencari ragam jenis dan harga lovebird. Berikut Liputan6.com, Selasa (14/1/2020) telah mengumpulkan beberapa jenis dan harga lovebird mulai yang mahal hingga murah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lovebird Biola Blue dan Halfsider

Lovebird Biola Blue

Biola Blue merupakan salah satu jenis lovebird yang cukup mahal. Dibandingkan varian lovebird Biola lainnya, harga lovebird biola blue lebih fantastis. Dimana jenis dan harga lovebird Biola Blue sekitar Rp 40 jutaan.

Lovebird Biola Blue memiliki bulu yang cantik. Lovebird Biola Blue termasuk ke jajaran jenis yang termahal. Harganya biasanya berada di atas harga biola lainnya. Perpaduan warna biru sangat menyatu dengan burung ini.

Lovebird Halfsider

Jenis lovebird berikutnya yang cukup mahal adalah Halfsider. Jenis lovebird ini tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan. Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari jenis lovebird yang satu ini.

Ciri fisik dari lovebird Halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning. Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Keunikan perpaduan lovebird halfsider juga cukup aneh karena berada tepat di tengah-tengah garis tubuhnya.

Jenis dan harga lovebird Halfsider ini bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya.

3 dari 6 halaman

Lovebird Batman dan Violet

Lovebird Batman

Lovebird Batman merupakan lovebird termahal selanjutnya. Lovebird Batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan. Maka tak heran kalau cukup sulit menemukan lovebird Batman ini.

Lovebird Batman sangat sulit diternak kalau induknya tidak ada yang berwarna hitam Batman. Warna lovebird Batman ini juga tergolong mutasi warna baru, sehingga harganya pun lumayan mahal. Untuk jenis dan harga lovebird Batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp 900 ribu rupiah hingga Rp 1,3 juta rupiah.

Lovebird Violet

Lovebird Violet merupakan jenis lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Lovebird violet ini mempunyai penurunan sifat single dan double. Untuk mencetak mutasi warna lovebird Violet, salah satu indukan harus jenis lovebird Violet, baik itu jantan maupun betina.

Ciri-ciri lovebird Violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut dengan violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan di bagian perut lovebird berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau otanye tua.  

Tidak hanya itu, lovebird Violet mempunyai varian warna lain yang dinamakan lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis lovebird ini didominasi putih, tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Jenis dan harga lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu rupiah hingga Rp 800 ribu rupiah. Harga ini juga masih dilihat dari daerah dan usianya.

4 dari 6 halaman

Lovebird Kepala Elang dan Albino

Lovebird Kepala Elang

Lovebird kepala elang juga termasuk ke dalam jenis lovebird yang langka dan sulit dibudidayakan. Lovebird ini merupakan hasil perkawinan dari lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

Lovebird kepala elang termasuk ke dalam keluarga lovebird fischeri. Lovebird ini lebih populer dipanggil dengan sebutan Sable yang memiliki arti lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih.

Untuk jenis dan harga lovebird kepala elang ini lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird Violet. Harga lovebird kepala elang berkisar Rp 1,5 juta rupiah hingga Rp 2 juta rupiah.

Lovebird Albino

Berbeda dengan jenis lovebird paling mahal lainnya, lovebird Albino memiliki keunikan tersendiri karena tidak memiliki variasi warna lain alias hanya ada warna putih saja. Beberapa orang kerap menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih.

Lovebird jenis ini juga sangat langka ditemukan di Indonesia. Lovebird albino ini terbagi menjadi dua, yakni lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. 

Untuk jenis dan harga lovebird Albino dengan mata hitam biasanya dibanderol seharga Rp 500 ribu rupiah hingga Rp 750 ribu rupiah. Sedangkan lovebird Albino mata merah dihargai sekitar Rp 500 ribu rupiah hingga Rp 1 juta rupiah.

5 dari 6 halaman

Lovebird Cobalt dan Lutino

Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt merupakan salah satu jenis lovebird yang paling dikenal oleh orang Indonesia, dibandingkan dengan jenis lovebird lainnya karena memiliki varian warna yang banyak. Ciri utama jenis lovebird Cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. 

Namun, ada jenis burung lovebird lain yang mirip dengan cobalt, yaitu lovebird biru violet. Untuk jenis dan harga lovebird Cobalt ini berkisar Rp 450 ribu rupiah hingga Rp 750 ribu rupiah.

Lovebird Lutino

Lovebird Lutino memiliki warna yang sangat cerah dan mencolok. Pada bagian kepala dihiasi oleh bulu berwarna oranye kemerahan yang sangat cantik.  Sementara dari leher hingga keseluruhan badannya berwarna kuning terang dengan sedikit sentuhan putih dibagian sayap. 

Untuk jenis dan harga lovebird Lutino ini biasanya berkisar pada Rp 400.000 hingga Rp 600.000.

 

6 dari 6 halaman

Lovebird Dakocan dan Blorok

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan secara keseluruhan memiliki kemiripan dengan Lovebird Biola. Namun, yang membedakan warna Dakocan adalah memiliki warna hitam di bagian kepala dan bagian lainnya berwarna hijau olive.

Jenis dan harga lovebird Dakocan ini berkisar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per ekornya. Sedangkan untuk Dakocan hijau dan Dakocan biru mencapai harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Lovebird Blorok

Lovebord Blorok memiliki perpaduan warna bulu yang cantik, seperti oranye dan hijau olive. Namun, ada bebera ajenis warna lovebird Blorok dengan warna pasblue, warna biola, dan lain sebagainya.

Untuk bagian warna sayap, punggung, dan ekor lovebird Blorok seakan memiliki warna campuran di antara beberapa warna seperti kuning dan hijau. Untuk jenis dan harga lovebird Blorok berkisar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per ekornya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.