Sukses

Fakta Sosok Mian Tiara, Artis yang Mengaku Jadi Korban Pelecehan Seksual

Liputan6.com, Jakarta Nama musisi sekaligus aktris Mian Tiara sempat menghebohkan media sosial. Ia mengungkapkan telah menjadi korban pelecehan seksual. Vokalis simakDialog ini membuat sebuah thread panjang di Twitter miliknya pada Kamis (23/1/2020) terkait kejadian yang ia alami tersebut. 

Aktris Mian Tiara sendiri menjelaskan jika pengalaman tak mengenakkan tersebut ia bagikan di media sosial agar wanita-wanita lain yang pernah mengalami hal yang sama, bisa berani berbicara. Ia menambahkan jika pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja bahkan di lingkup keluarga. Apa yang ia alami terjadi di tempatnya bekerja, dimana ia mengenal semua orang dalam timnya.

Diketahui jika pelaku pelecehan seksual yang Mian Tiara maksud adalah aktor senior. Utas yang ditulis oleh Mian Tiara sontak membuat heboh netizen. Cuitannya bahkan telah diretweets sebanyak lebih dari 2,4 ribu dan disukai 2,7 ribu.

Berani buka suara menjadi korban pelecehan di media sosial, berikut ini 3 fakta sosok aktris Mian Tiara dirangkum dari berbagi sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (25/1/2020).

2 dari 4 halaman

1. Jadi Korban Pelecehan

Kejadian tak menyenangkan tersebut bermula ketika Tiara membantu temannya untuk mengerjakan tugas film pendek. Ia menjadi pemain di film tersebut dengan beberapa aktor dan aktris lainnya. Perlakuan tak mengenakan itu ia alami saat proses syuting.

Tiara mengungkapkan jika aktor senior yang tak disebutkan identitasnya tersebut mulai memegang bagian pahanya ketika mereka berdua berada di ruang rias.

“Kami melanjutkan obrolan kami. Pada saat itu hanya kami berdua di ruang rias. Saya duduk di sebelahnya dan mendengarkan ceritanya. Tiba-tiba dia menghadapkan kursinya ke saya dan mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tapi enggak bisa bereaksi apa-apa,” tulis Tiara di akun Twitter pribadinya @miantiara.

Tak hanya disitu saja, saat proses pemotretan dirinya berdiri di dekat sang aktor. Ia pun kembali menerima pelecehan dari seniornya tersebut.

"Akhirnya dia berdiri di sebelah saya. Si aktor senior memasukkan jarinya ke pinggir celana jins saya & memegang erat sambil menggantungkan tangannya ke celana saya. Saya merasa jijik, marah, terlanggar atas perbuatannya," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

2. Vokalis simakDialog

Mian Tiara dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu dan juga aktris. Ia lahir pada 28 Desember 1977 dan sudah aktif sejak 2002 silam hingga kini. Tiara memiliki aliran musik jazz, folk dan akustik. Dalam menulis lagu, tak jarang Tiara menyelipkan sajak di liriknya. 

Pada tahun 2002, Mian Tiara terlibat dalam album jalur suara untuk film Rumah Ketujuh untuk lagu "Mimpi dan Rumah Ketujuh". Lagu tersebut memenangkan penghargaan AMI Awards 2003 untuk kategori Best Jazz Song.

Ia juga dikenal sebagai vokalis simakDialog. Band beraliran musik jazz ini kerap menampilkan kombinasi antara bunyi-bunyian etnik Indonesia.

4 dari 4 halaman

3. Aktris

Selain bergelut di dunia musik, Mian Tiara juga terjun ke dunia akting. Dirinya kian dikenal luas setelah membintangi film Perempuan Tanah Jahanam pada 2019 lalu garapan Joko Anwar. Film ini menjadi film sukses yang juga dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Christine Hakim, Asmara Abigail dan lainnya.

Selain menjadi aktris film layar lebar, Tiara juga kerap tampil di drama musikal dan pementasan seni. Hal ini diketahui lewat Instagram pribadinya yang kerap mengunggah potret dirinya kala berada di atas panggung drama. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kabar Terbaru 5 Aktris Lawan Main Rhoma Irama di Film-Film Jadulnya