Sukses

8 Jenis Kain Katun yang Bagus untuk Pakaian, Pilih Sesuai Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta Jenis kain katun yang bagus tentunya menjadi salah satu incaran kamu dalam membuat busana. Katun sendiri adalah salah satu jenis bahan kain yang berasal dari serat alami tanaman kapas dengan nama latin gossypium.

Bahan katun ini menduduki posisi tertinggi sebagai bahan baku tekstil yang paling banyak diproduksi jika dibandingkan dengan serat buatan atau sintetis. Proses pembuatan kain katun dari serat-serat kapas hingga menjadi kain cukup rumit.

Jenis kain katun yang bagus bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan. Tidak hanya untuk busana saja, biasanya benang katun juga dijadikan benang rajut untuk merajut baju, taplak, sepatu bayi, dan sejenisnya.

Bahan katun sendiri pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu katun yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman kapas, dan Linen yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman rami. Jenis linen juga masuk kedalam kategori katun, tetapi biasanya disebut dengan katun linen. Apabila dibandingkan dengan bahan katun biasa, katun linen memiliki daya tahan yang lebih baik serta serat katunnya lebih kuat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/1/2020) jenis kain katun yang bagus.

2 dari 6 halaman

Karakteristik Kain Katun

Dengan begitu banyaknya jenis kain katun yang bagus di pasaran, mungkin kamu akan kesulitan memilihnya. Kamu bisa mengenali berbagai ciri-ciri pakaian berbahan katun sebagai berikut:

- Memiliki tekstur kain yang lembut dan halus

- Daya tahannya kuat dan awet

- Dingin atau adem saat dikenakan

- Bersifat hypoallergic, yang artinya tidak menyebabkan alergi pada banyak orang

- Beberapa jenis katun ada yang mengkilap

- Terdapat beberapa serabut-serabut halus (bergantung dari jenis katunnya)

3 dari 6 halaman

Jenis Kain Katun yang Bagus

Katun Supernova

Jenis kain katun yang bagus pertama adalah Katun Supernova. Jenis katun supernova memiliki karakteristik bahan yang dingin, lembut, halus, serta tergolong bahan yang ringan.

Jika diamati secara saksama tekstur jenis katun supernova terlihat jelas serat-serat benang halus yang terburai tipis pada permukaan kainnya. Ini adalah ciri khas yang terdapat pada pakaian berbahan katun pada umumnya.

Biasanya jenis katun supernova digunakan sebagai bahan dasar baju koko, baju formal, gamis syar’i dan juga jilbab.

Katun Ima Polos dan Ima Slub

Jenis kain katun yang bagus selanjutnya adalah Katun Ima Polos dan Katun Ima Slub Import. Jenis katun ima polos dan ima slub sepintas terlihat mirip satu sama lainnya. Akan tetapi kedua jenis katun ini sedikit berbeda di bagian teksturnya. Katun ima polos memiliki tekstur permukaan yang mulus serta motif yang polos, sedangkan jenis katun ima slub memiliki tekstur benang yang bersilang-silang pada permukaannya.

Jenis katun ima merupakan produk impor dari Jepang. Apabila dilihat dari tingkat ketebalan kainnya, bisa dikatakan sebanding dengan katun supernova. Meskipun demikian, kualitas dan ketahanan bahannya berada diatas katun supernova. Kamu tidak akan menemui serabut serat halus pada kain ini seperti yang banyak ditemukan pada jenis supernova.

Biasanya katun ima digunakan sebagai material untuk produk seragam, gamis syar’i, jilbab, maupun baju koko.

4 dari 6 halaman

Jenis Kain Katun yang Bagus

Katun Madinah

Katun madinah memiliki karakteristik bahan yang ringan, jatuh, sangat lembut, dingin, dan tidak menerawang. Jenis katun yang bagus ini sangat cocok untuk dijadikan gamis syar’i dan jilbab.

Jika kamu mengamati serat kainnya dengan saksama, maka akan terlihat serabut halus yang mirip dengan katun supernova. Akan tetapi kualitasnya berada diatas katun supernova, karena dari segi harganya pun lebih mahal.

Katun Linen Euro

Jenis katun Linen Euro ini memiliki serat benang yang paling longgar dan juga besar. Selain itu, katun ini juga memiliki karakter yang agak kaku sebagai salah satu jenis kain katun yang bagus.

Meski demikian, bahan ini sangat cocok untuk digunakan untuk bahan dasar baju kasual karena sifat kainnya yang lembut dan dingin saat menyentuh kulit.

5 dari 6 halaman

Jenis Kain Katun yang Bagus

Katun Toyobo Original Import

Jenis kain katun yang bagus berikutnya adalah Katun Toyobo Original Import. Jenis katun ini memiliki karakteristik bahan yang ringan, tidak kaku, tidak menerawang, halus, dingin dan kainnya sedikit licin.

Biasanya katun toyobo digunakan sebagai material untuk membuat seragam kantor, jilbab, gamis syar’i, baju koko, dan sejenisnya. Kualitasnya pun tergolong premiun dan eksklusif.

Katun Toyobo Fodu Import Premium

Katun Toyobo Fodu merupakan jenis kain katun yang bagus berikutnya. Memiliki serat benang yang rapat dan sedikit lebih tebal, jenis katun ini merupakan produk impor. Jenis toyobo fodu memiliki permukaan kain yang sedikit mengkilap, sehingga menghasilkan kesan yang berkelas.

6 dari 6 halaman

Jenis Kain Katun yang Bagus

Katun Ima Royal Platinum

Jenis kain katun yang bagus selanjutnya yaitu Katun Ima Royal Platinum. Jenis katun ini memiliki tekstur kotak-kotak kecil yang terlihat jelas pada permukaan kainnya. Karakteristik lain dari ima royal platinum yaitu kainnya ringan, tidak terlalu jatuh dan tidak menerawang.

Katun Jepang Polos Tokai Senko

Jenis kain katun yang bagus selanjutnya adalah Katun Jepang Tokai Senko. Tokai senko ini berasal dari pabrik lokal yang telah mengantongi lisensi dari jepang.

Kelebihan dari jenis katun tokai senko sendiri yaitu bahannya cukup tebal, halus, warnanya awet, dan juga serat benang tidak mudah terurai meski dilakukan pencucian berulang kali.

Selain berbagai jenis kain katun yang bagus di atas, masih banyak lagi jenis-jenis kain katun lainnya seperti, kain katun biasa, kain katun rayon, kain katun cina, katun combed, dan lain-lain yang bisa kamu pilih untuk dijadikan pakaian yang nyaman.