Sukses

20 Tahun Berlalu, Ini 7 Potret Terbaru Oplet Biru 'Si Doel' yang Ditawar Rp 1 M

Liputan6.com, Jakarta Bagi generasi 90-an tentunya sudah tak asing dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron tersebut merupakan salah satu serial televisi yang digemari pada kala itu. Alur cerita yang menarik sukses meninggalkan segudang kenangan bagi para penontonnya.

Selain ceritanya, properti jadul pada tayangan tersebut juga menjadi sorotan. Tak hanya rumah Betawi yang ikonik, ada satu properti yang berhasil menjadi pusat perhatian dari peninggalan sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Bagi para pecinta mobil jadul, tentu tak asing dengan oplet di sinetron tersebut. Oplet yang berbasis Morris Minor 1000 di drama televisi ini adalah milik Rano Karno, pemeran Si Doel. Pada kala itu Rano Karno membeli mobil jadul itu seharga Rp 500 ribu. Oplet berwarna biru di Si Doel ini sudah menjadi ikon tersendiri. Mobil jadul itu merupakan angkutan umum di Jakarta pada 1980.

Melalui akun YouTube Gofar Hilman, oplet tersebut bernama resmi Morris Minor Traveler 1980. Mobil buatan Inggris ini memang sudah terkenal di Indonesia sekitar tahun 60-an hingga 70-an. Jadi tak heran jika ada yang ingin membeli mobil itu dengan tawaran hingga Rp 1 miliar.

Namun, sekarang sudah sangat langka ditemukan dan bisa dihitung jari tinggal berapa biji oplet ini. Meski sudah langka dan jarang beroperasi di Jakarta, oplet biru ikonik ini masih diperlihatkan dalam Si Doel The Movie. Mobil jadul ini juga sudah dimodifikasi dengan mesin keluaran tahun 2013. Berikut potret terbaru oplet biru Si Doel Anak Sekolahan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Oplet biru ini menjadi saksi biru perjalanan panjang kisah Si Doel. Oplet yang selalu dipakai Mandra dan Doel mencari nafkah.

3 dari 8 halaman

2. Dulu Rano Karno mengaku membeli oplet ini seharga sekitar Rp 500 ribu, namun kini mobil jadul ini ditawar Rp 1 miliar.

4 dari 8 halaman

3. 20 Tahun berselang setelah sinetron Si Doel berakhir, oplet ini masih terawat dengan baik. Bahkan Rano Karno sampai lakukan modifikasi.

5 dari 8 halaman

4. Mobil ikonik yang bernama resmi Morris Minor Traveler 100 itu sudah Rano Karno modifikasi dengan mesin keluaran tahun 2013.

6 dari 8 halaman

5. Meski ditawar mahal Rano Karno tak akan melepas oplet kesayangannya ini, ia rela melakukan perawatan ekstra dan biaya yang tak sedikit.

7 dari 8 halaman

6. Oplet ini juga masih diperlihatkan di film Si Doel The Movie.

8 dari 8 halaman

7. Rano Karno juga sengaja membiarkan bentuk oplet ini apa adanya meski cat pada body mengelupas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.