Sukses

6 Manfaat Infused Water Lemon dan Timun Serta Cara Membuatnya

Manfaat infused water lemon dan timun sangat baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat infused water lemon dan timun semakin populer sebagai minuman sehat. Infused water sendiri merupakan air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran atau rempah-rempah. Karena dibuat dengan menanamkan rasa, infused water mengandung sangat sedikit kalori.

Selain itu, cara membuat infused water ini juga cukup mudah dan praktis. Infused water yang paling terkenal adalah yang menggunakan lemon. Berbagai manfaat air lemon bisa didapatkan dari nutrisinya yang kaya vitamin C.

Manfaat infused water lemon dan timun sangat baik untuk kesehatan. Cara membuat infused water lemon bukan cuma mencampurkan lemon dan air, kamu juga bisa menambahkan rasa lain seperti timun atau rempah. Kamu juga bisa memisahkan bahan-bahan tersebut menjadi infused water lemon dan infeused water timun saja.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat infused water lemon dan timun dari berbagai sumber, Rabu (5/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Infused Water Lemon

Manfaat infused water lemon dan timun bisa dirasakan orang-orang yang mengonsumsinya secara teratur. Apalagi manfaat infused water lemon dan timun ini merupakan campuran air dengan buah lemon, timun, rempah, dan air.

Berikut manfaat infeused water lemon dan timun:

Membantu Menurunkan Berat Badan

Air dapat membantu menurunkan berat badan, dan ini berlaku juga sebagai manfaat infused water lemon dan timun. Air telah terbukti untuk sementara meningkatkan laju metabolisme, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum setengah liter air dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30% selama sekitar satu jam.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Hidrasi penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi, yang dapat membuat kembung.

Manfaat infused water lemon dan timun ini juga ditengarai oleh minum banyak air dapat membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Mood dan Tingkat Energi

Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1% dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi rentang konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala.

Satu studi mengamati orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari 1,2 liter air per hari. Ketika mereka meningkatkan asupan air hingga 2,5 liter per hari, mereka lebih bahagia, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih tenang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Infused Water Timun

Selain manfaat infused water lemon dan timun, kamu juga bisa mengambil khasiat dari infused water timun. Timun mengandung antioksidan dan juga vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan berbagai macam kandungan lain. Selain baik untuk kesehatan kulit, timun juga baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh.

Mengandung Zat Anti Tumor

Banyak orang yang belum tahu bahwa manfaat infused water timun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dihambat oleh timun yaitu kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker ovarium. Hal ini disebabkan karena timun megandung zat anti tumor.

Kesehatan Ginjal

Timun mengandung kalium, fluorin dan silikon yang bisa membantu kerja ginjal. Beberapa zat ini juga mampu membuang sisa hasil metabolisme tubuh dan membantu ginjal untuk membuang lemak yang ada pada tubuh

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Manfaat infused water timun selanjutnya yaitu bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Ketika kamu mengkonsumsi timun yang banyak mengandung air, maka akan mendorong produksi air seni sehingga ikut membuang racun hasil metabolisme tubuh.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Infused Water Lemon dan Timun

Setelah membahas manfaat infused water lemon dan timun, kamu sudah bisa mengikuti cara pembuatannya, sebagi berikut:

1. Siapkan 2 buah lemon, cuci sampai bersih

2. Iris lemon menjadi beberapa bagian, buang bijinya.

3. Siapkan 1 liter air putih matang

4. Masukkan seluruh potongan lemon ke dalam air.

5. Anda bisa menambahkan potongan timun, daun mint, atau buah lain sebagai penambah rasa.

6. Diamkan air lemon minimal 1 jam dan maksimal 4 jam. Anda bisa memasukkannya kedalam lemari pendingan agar lebih segar.

7. Setelah 1 jam, infused water akan berasa asam yang berarti infused water sudah siap diminum.

5 dari 5 halaman

Menghilangkan Rasa Pahit pada Infused Water Lemon

Tidak jarang rasa pahit kamu rasakan saat mengonsumsi infused water lemon, biasanya rasa pahit dari kulit buah tersebut masih tertinggal.  

Untuk mendapatkan manfaat infused water lemon dan timun dengan rasa yang lebih kamu sukai, pastikan kamu merendam lemon tidak lebih dari 4 jam untuk menghindari kepahitan dari kulitnya yang ditransfer ke dalam air.

Pastikan kamu tidak meninggalkan irisan lemon dalam air terlalu lama. Pastikan juga untuk menghapus semua biji sebelum menambahkannya ke air.

Rasa pahit biasanya berasal dari kulit lemon dan terutama dari biji dalam lemon. Setelah 4 jam, buang irisan lemon. Kamu bisa membekukan irisan lemon dan air menjadi es batu untuk dapat menikmati rasa lemon yang lebih kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.