Sukses

3 Jenis Burung Jalak Suren dan Ciri Uniknya, Pecinta Kicau Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Burung Jalak Suren merupakan jenis burung peliharaan yang populer di kalangan pecinta burung. Hal ini dikarenakan burung Jalak Suren memiliki banyak sekali keistimewaan. Perlu diketahui bahwa jenis burung Jalak Sure nada tiga. Burung Jalak Suren India, Jalak Suren Yunana, dan Jalak Suren Jawa. 

Jenis burung ini lebih banyak dipelihara karena beberapa alasan, seperti untuk menjaga rumah, menyalurkan hobi, memancing burung lainnya untuk berkicau, memelihara yang dimaksudkan untuk di tangkarkan atau sebagai burung masteran. Namun dari ke semua alasan tersebut, burung ini lebih populer sebagai burung penjaga rumah karena kelihaiannya dalam menjaga rumah dengan kecerewetan dan kepekaannya terutama jika ada orang asing yang datang mendekat.

Di setiap jenis burung Jalak Suren pun memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari bulu, bentuk sayap, sikap, dan lain sebagainya. Buat kamu yang tertarik menjadikan burung Jalak Suren sebagai hewan peliharaan, kamu perlu mengetahui jenis burung Jalak Suren.

Berikut jenis burung Jalak Suren yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020).

2 dari 6 halaman

Mengenal tentang Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang populer di kalangan pecinta burung. Hal ini dikarenakan burung jalak suren memiliki segudang keistimewaan dibandingkan jenis burung peliharaan lainnya.

Terdapat tiga jenis burung Jalak Suren, yaitu Jalak Suren India, Jalak Suren Yunan, dan Jalak Suren Jawa. Secara umum, jenis burung Jalak Suren banyak dipelihara lantaran beberapa alasan.

Misalnya menjadi penjaga rumah, menyalurkan hobi, memancing burung lainnya untuk berkicau, memelihara yang dimaksudkan untuk di tangkarkan atau sebagai burung masteran. Namun, dari keseluruhan alasan tersebut, burung ini lebih populer sebagai burung penjaga rumah.

Hal ini dikarenakan burung Jalak Suren memiliki kelihaian dalam menjaga rumah dengan kecerewatan dan kepekaannya terutama jika ada orang asing yang datang mendekat. Jenis burung ini juga dikenal sangat galak dan agresif jika menghadapi orang yang baru dilihatnya pertama kali.

3 dari 6 halaman

Habitat Asli Burung Jalak Suren

Jenis burung Jalak Suren ini termasuk burung yang sangat berani karena sama sekali tidak takut dengan binatang yang memiliki tubuh lebih besar darinya. Burung ini kerap kali mencari makan di sawah, ladang, padang rumput atau jenis tanah terbuka lainnya. Mereka juga sering mencari makan di antara kerumunan sapi atau kerbau yang sedang merumput.

Biasanya burung Jalak Suren menggunakan paruh yang dimilikinya untuk mencongkel makanan yang berada di dalam tanah dengan mudah. Burung jalak suren memiliki habitat yang sangat beragam seperti burung Jalak Jawa yang banyak di temukan di sekitar pulau Jawa, burung Jalak India yang memiliki habitat asli di sekitar India dan juga burung Jalak Yunan yang memiliki habitat asli di sekitar Yunani.

Burung Jalak banyak ditemukan di dataran rendah yang dekat dengan perairan di mana banyak terdapat pohon yang besar yang memiliki lubang yang bisa mereka gunakan sebagai tempat untuk bernaung. Burung Jalak ini memiliki jenis pakan yang beragam mengingat burung ini doyan makan.

4 dari 6 halaman

Jenis Burung Jalak Suren India

Ada tiga jenis burung jalak suren yang populer di kalangan pecinta burung. Kebanyakan burung jenis tersebut di cari untuk di tangkarkan atau hanya sekedar menjadi hobi saja.

Namun harga yang lumayan fantastis untuk seekor burung membuat banyak orang yang kemudian tertarik untuk memelihara atau menangkarkan burung jenis tersebut. Berikut beberapa jenis burung jalak suren yang banyak di cari oleh para pencinta kicau.

Jalak Suren India

Jenis burung Jalak Suren India merupakan jenis jalak yang terkenal dengan sebutan brahmana atau Gracupica Contra contra yang di kenal memiliki ciri khas yang sama dengan burung Jalak dari Bali yaitu dengan rambut jambul yang berjumbai.

Jenis burung Jalak Suren ini merupakan salah satu burung Jalak yang di impor dari India dan memiliki habitat di timur laut Afghanistan, Nepal, India Pakistan dan Srilanka. Jenis burung Jalak Suren  ini sering digunakan untuk memaster burung Jalak lainnya agar supaya memiliki suara kicau yang berkualitas.

Ciri fisik yang dimiliki burung Jalak Suren India seperti:

- Beberapa ciri khas Jalak India yang bisa kamu amati dengan mudah adalah warna bulu yang hitam, memiliki bercak putih di bagian pipi dengan besar yang lumayan, serta melebar ke sisi bagian tengkuk burung serta hampir memiliki kemiripan seperti burung Gracupica Contra Sordida hanya saja perbedaannya adalah bagian pundak dan tengkuknya tidak memiliki motif yang terlalu bergaris mencolok.

- Burung ini identik dengan warna dominan hitam dan putih yang menjadi salah satu ciri khasnya.

- Jenis burung ini juga memiliki ciri khas dengan bentuk sayap yang agak bulat dan cara terbang yang mirip dengan kupu-kupu.

 

5 dari 6 halaman

Jenis Burung Jalak Suren Yunan

Jenis burung Jalak Suren Yunan memiliki nama ilmiah Gracupica Contra Superciliaris. Burung ini memiliki habitat di wilayah timur laut India, wilayah timur Myanmar dan wilayah barat daya China (Yunan). Merupakan burung yang menjadi simbol keindahan dan kecintaan para dewa dan dewi Yunani di mana para bangsawan memelihara jenis burung ini sebagai salah satu kebanggaan mereka. Jenis burung Jalak Suren Yunan memiliki ciri fisik seperti:

- Warna bulu kepala yang sebagian hitam dan sebagian putih, bagian atas mata atau bagian alis memiliki bulu yang berwarna putih serta bercak bulu putih di bagian pipi yang tidak terlalu besar namun melebar hingga ke sisi bagian tengkuk adalah beberapa ciri khas yang bisa di amati dari burung yang mirip dengan Gracupica Contra Floweri ini. Hanya saja burung Gracupica Contra Floweri memiliki

- Ciri lain yaitu bulu putih yang berada di atas kepala dengan jumlah yang lebih banyak.

- Perilaku burung ini juga sangat agresif dan sangat tangkas, hal ini lebih dikarenakan burung Jalak Yunan yang ada di pasaran adalah burung Jalak Yunan hasil tangkapan dari hutan bukan hasil penangkaran. Tentu dari jenis, kualitas dan perilaku akan sangat menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan mengingat hampir mayoritas burung Jalak lokal yang ada di pasaran adalah burung Jalak hasil penangkaran.

- Perlu diketahui nama Superciliaris di ambil dari warna putih pada bulu di atas kepala yang terlihat memanjang.

 

6 dari 6 halaman

Jenis Burung Jalak Suren Jawa

Jenis burung Jalak Suren Jawa dianggap sebagai salah satu burung Jalak yang memiliki kualitas terbaik di antara berbagai jenis burung Jalak lainnya. Burung dengan nama latin Gracupica Contra Jalla ini banyak ditemukan di wilayah Jawa, Sumatra, dan Bali.

Jenis burung Jalak Suren ini menyukai tempat bertengger dengan bentuk yang meninggi seperti dengan adanya tanaman yang tinggi, memiliki dahan atau cabang yang lumayan banyak serta berdaun lebat. Tempat yang tinggi dan besar akan bermanfaat sebagai tempat untuk perkawinan serta berkembang biak yang terbaik untuk burung jenis ini. Ciri khas burung Jalak Suren Jawa adalah:

- Bulu di atas kepala berwarna hitam dan bulu di sekitar mata berwarna oranye.

- Ciri khas lainnya, burung Jalak Suren Jawa memiliki bercak di sekitar pipi yang umumnya berwarna putih terlihat lebih sedikit daripada warna putih yang dimiliki jenis bulung Jalak lainnya.