Sukses

8 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Urat, Bebas Kumat

Olahraga yang aman untuk penderita asam urat penting dilakukan agar penyakit tidak bertambah parah.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga yang aman untuk penderita asam urat penting dilakukan agar penyakit tidak bertambah parah. Selain itu, olahraga yang diikuti dengan pola makan yang sehat dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan, sehingga dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Tak hanya itu, penurunan berat badan juga membantu mengurangi stres pada sendi-sendi yang menahan beban tubuh, misalnya pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan kaki. Namun, olahraga berat tidak disarankan karena berisiko memicu dehidrasi, dan dapat meningkatkan asam urat dalam darah.

Olahraga yang aman untuk penderita asam urat adalah yang tidak membebani sendi. Hal ini tentunya agar tidak membuat sendi-sendi makin nyeri. Selain itu olahraga bagi penderita asam urat cukup penting dilakukan. Karena, jika orang yang memiliki asam urat tidak berolahraga, sendi-sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku, dan otot akan menjadi lebih lemah.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang olahraga yang aman untuk penderita asam urat dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Berenang

Olahraga yang aman untuk penderita asam urat pertama adalah berenang. Berenang adalah aktivitas fisik terbaik untuk orang dengan asam urat karena latihan ini tidak menekan sendi-sendi.

Berenang membuat lutut yang mengalami nyeri melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya dalam menopang berat badan dan dalam waktu yang sama menyebabkan seluruh tubuh ikut bergerak. Saat berenang, hindari gerakan yang terlalu fokus pada gerak lutut, seperti gaya dada.

Bersepeda

Kamu juga dapat melakukan olahraga sepeda untuk menguatkan sendi-sendi. Bersepeda sebagai salah satu olahraga yang aman untuk penderita asam urat termasuk olahraga yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh atau low impact. Jenis olahraga ini juga cocok bagi kamu yang menderita nyeri sendi lutut karena tidak meningkatkan kadar stres pada lutut.

3 dari 5 halaman

Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Jalan Kaki

Dengan melakukan jalan kaki secara rutin, orang dengan asam urat akan mendapatkan kesehatan yang baik. Tak hanya membakar kalori, jalan kaki juga dapat menguatkan otot tanpa harus menyiksa persendian.

Meskipun melibatkan lutut, berjalan kaki merupakan olahraga yang aman untuk penderita asam urat. Olahraga ini juga memiliki risiko paling rendah bagi seorang penderita nyeri sendi lutut. Berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti misalnya ketika berlari. Selain meredakan nyeri sendi lutut, berjalan kaki juga bisa memperkuat otot kaki.

Peregangan

Olahraga yang aman untuk penderita asam urat berikutnya adalah peregangan atau stretching. Peregangan akan membantu fleksibilitas serta kekuatan otot kamu. Selain itu, yoga, taici, dan pilates juga merupakan olahraga yang populer untuk orang dengan asam urat karena melatih otot dan sendi.

4 dari 5 halaman

Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Senam Ringan

Senam ringan menjaga agar sendi kamu fleksibel dan mudah bergerak untuk mengurangi kekakuan. Hal ini tentunya menjadi salah satu olahraga yang aman untuk penderita asam urat.

Latihan senam yang baik untuk kaki adalah dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar. Latihan lainnya termasuk memutar kepala dan leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan.

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang aman untuk penderita asam urat. Bahkan, gerakan yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Selain itu, yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan kamu untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih bersemangat.

5 dari 5 halaman

Olahraga yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Taici

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Taici juga dapat dijadikan olahraga yang aman untuk penderita asam urat.

Olahraga taici dirancang untuk meningkatkan dan mempertahankan kekuatan otot tanpa perlu menggunakan beban. Otot yang kuat tentunya dapat membantu menghilangkan tekanan pada sendi yang sakit serta menguatkan tulang.

Kardio

Olahraga kardio akan membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan berat badan, serta memberikan energi.

Sebagai salah satu olahraga yang aman untuk penderita asam urat, penting untuk memilih latihan kardio yang ringan, seperti menaiki tangga, joging, menari, atau kardio lainnya yang kamu sukai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.