Sukses

9 Jenis Jambu Air Termanis, Punya Keunggulannya Masing-masing

Tanaman buah jambu air memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis dan menyegarkan karena kandungan air di dalam jambu air sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis jambu air termanis sesuai dengan dengan variestasnya. Baik dengan melihat bentuk pohonnya dan bagian-bagian tanamannya, rasa dan sifat-sifat buahnya, maupun sifat-sifat yang tidak mudah dilihat seperti kemampuan tumbuhnya terhadap variasi-variasi lingkungan.

Keberagaman jenis air termanis ini memiliki keunggulannya masing-masing. Tak heran, kalau jambu air sangat cocok untuk dibudidayakan. Tanaman buah jambu air memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis dan menyegarkan karena kandungan air di dalam jambu air sangat tinggi. Hal inilah yang membuat jambu air sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat.

Bagi kamu yang tertarik atau sudah menjadikan jambu air sebagai menu camilan, kamu perlu mengetahui jenis jambu air termanis. Mani salami yang menyegarkan dapat sekaligus menjaga kesehatan tubuh kamu.

Berikut jenis jambu air termanis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jambu Madu Deli Hijau

Jenis jambu air termanis pertama adalah Jambu Madu Deli Hijau. Jenis jambu air ini memiliki warna hijau dengan tingkat kemanisan yang luar biasa. Jambu madu hijau tidak memiliki biji di dalamnya dan memiliki daging yang rapuh sehingga lezit saat dimakan.

Pohon jambu madu deli hijau mampu menghasilkan buah yang lebih banyak walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya. Keunggulan lain dari jambu madu deli hijau adalah sifatnya yang genjah, cepat berbuah.

Jika bibit yang ditanam berumur 3-4 bulan mulai pencangkokan yang biasanya memiliki tinggi sekitar 60-70 cm, maka ia akan berbuah pada umur 8-9 bulan dengan perawatan standar.

3 dari 7 halaman

Jambu Madu Kesuma Merah

Jenis jambu air termanis berikutnya adalah Jambu Kesuma Merah. Jambu air ini merupakan salah satu jambu madu air unggulan yang memiliki buah berwarna merah, Selain itu, jambu air ini memiliki daging yang tebal bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh.

Kunggulan  lain jambu air kesuma merah adalah memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, sehingga terkadang cukup sulit untuk memecahkan jambu ketika ingin dimakan. Tanaman buah jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama berbuahnya. Hal ini dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu deli hijau. Biasanya pohon jambu kesuma merah akan mulai berbuah pada usia 13-15 bulan.

4 dari 7 halaman

Jambu Madu Super Green

Jambu Madu Super Green merupakan varietas unggulan dari tanaman jambu air. Jenis jambu air ini memiliki keunggulan berupa ukuran buahnya yang sangat besar. Besarnya jambu air ini bisa mencapai ukuran satu botol minuman kemasan gelas.

Sedangkan kalau ditimbang, 1 kilogram berisikan 4 buah jambu air. Meskipun memiliki ukuran buah yang besar, untuk soal rasa, jambu super green memiliki rasa yang super manis. Jambu air ini memiliki rasa manis yang merata, dari atas hingga ke bagian bawah buahnya.

Pada tanaman buah jambu super green mulai berbuah pada usia 1-2 tahun sejak penanaman. Pohon jambu super green menghasilkan buah besar-besar sehingga tidak sebanyak jambu madu Deli Hijau. Tetapi karena pohonnya terbilang lebih besar, maka jambunya juga dapat berbuah dengan banyak.

5 dari 7 halaman

Jambu Air Citra

Jenis jambu air termanis berikutnya adalah Jambu Air Citra. Jambu air ini merupakan salah satu jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah besar, ditambah dengan rasanya yang super manis.

Pohon jambu air citra dapat berbuah sebanyak 3 kali. Keunggulan lainnya adalah tanaman buah jambu air citra tergolong gampang untuk di budidayakan, tidak perlu memakan waktu lama untuk panen.

Tanaman jambu air citra mulai berbuah pada usia 2 tahun ke atas. Kalau buah ini panen pada musim hujan, maka rasa manisnya akan sedikit luntur. Hal ini dikarenakan struktur gabus yang ada pada jambu menyerap air terlalu banyak. Sedangkan saat musim kemarau, jambu ini bisa tumbuh baik. Hal ini ditandai dengan rasanya yang lebih manis ketimbang saat musim hujan.

6 dari 7 halaman

Jambu Air Delima, Bol, dan Jambu Air Bajang Leang

Jambu Air Delima

Jambu delima merupakan varietas unggulan buah khas dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jambu delima memiliki keunggulan daging buahnya yang renyah dan mengandung banyak air, ditambah lagi, rasanya yang manis mirip dengan jambu citra.

Jambu Bol

Jambu Bol Jamaika merupakan salah satu jenis jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah yang besar. Satu buah jambu bol jamaika bisa mencapai ukuran segenggaman tangan orang dewasa. Daging buah jambu bol jamaika tergolong tebal.

Jambu Air Bajang Leang

Jambu Bajang Leang merupakan salah satu jenis jambu air yang paling banyak. Bentuk jambu air ini sangat besar dengan warna yang menarik serta rasa yang manis. Selain itu, kandungan air buah ini sangat tinggi.

7 dari 7 halaman

Jambu Air Cincalo Merah dan Jambu Air King Rose

Jambu Air Cincalo Merah

Jambu Cincalo Merah merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan daging buah yang tebal dan padat. Selain itu, rasa buahnya manis dan menyegarkan. Uniknya lagi, bentuk buah jambu cincalo memanjang seperti lonceng, tetapi tidak gemuk membulat di bagian tengahnya sehingga dari pangkal ke ujungnya tampak lurus.

Jambu Air King Rose

Jambu air king rose merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan keunikan warnanya yang merah legam seperti bunga mawar. Ukuran buah jambu ini juga dikategorikan jumbo, yaitu mencapai 200 – 350 gram per buahnya.

Buah jambu air king rose memiliki rasa yang tak kalah dengan jambu super green. rasanya sangat manis dan segar dengan kadar airnya cukup tinggi dan lebih hebatnya lagi buah jambu air king rose biasanya tidak memiliki biji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini