Sukses

6 Kesalahan Memakai Powerbank yang Bikin Ponsel Rusak

Kesalahan memakai powerbank bisa menyebabkan ponsel rusak.

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan memakai powerbank tidak boleh disepelekan begitu saja. Penggunaan powerbank sebagai pengisi daya ponsel yang lebih praktis harus diperhatikan lagi. Apalagi, penggunaan yang sembarangan dapat berakibat buruk pada ponsel kamu.

Walaupun sekarang ini kebanyakan smartphone telah memiliki kapasitas baterai yang besar, penggunaan powerbank tetap digandrungi. Hal ini tentunya terkait pemakaiannya yang lebih praktis, dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Kesalahan memakai powerbank bisa menyebabkan ponsel rusak. Namun, tentunya hal ini dapat terjadi hanya jika kamu menggunakannya dengan tidak semestinya. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan powerbank dan perhatikan cara merawatnya dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020) tentang kesalahan memakai powerbank. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Konektor yang Digunakan Tidak Original

Kesalahan memakai powerbank yang pertama adalah menggunakan konektor yang tidak original. Ketika membeli powerbank, biasanya kamu akan mendapatkan konektor untuk menghubungkan ke smartphone.

Ada baiknya untuk mengecek telebih dahulu, apakah kualitasnya cocok dengan smartphone yang kamu gunakan. Pasalnya kesalahan penggunaan konektor bisa berakibat fatal pada kondis smartphone kamu. Jika kamu ragu dengan konektor tersebut, ada baiknya untuk menggunakan konektor smartphone yang original.

3 dari 7 halaman

Output Powerbank Tidak Sesuai

Selain itu, output powerbank yang tidak sesuai dengan kapasitas baterai smartphone juga menjadi salah satu kesalahan memakai powerbank yang sering terjadi. Walaupun hal ini terlihat sepele, banyak orang yang kurang peduli dengan hal-hal kecil yang bisa memberikan dampak buruk pada ponsel ini.

Perlu diketahui, output powerbank yang kamu gunakan benar-benar harus sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. Tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh pula terlalu tinggi. Jika kamu bisa memperhatikan ini, maka kamu bisa menggunakan powerbank dengan aman dan tidak merusak smartphone kamu.

4 dari 7 halaman

Melanjutkan Pengisian Daya saat Ponsel Terasa Panas

Saat mengisi daya dengan powerbank, kamu tentunya bisa merasakan ketika smartphone terasa sangat panas. Namun banyak orang yang tidak peduli dengan kondisi ini dan tetap melanjutkan pengisian baterai smartphone dengan powerbank. Padahal hal ini merupakan salah satu kesalahan memakai powerbank yang dapat mengakibatkan risiko yang sangat buruk.

Selain bisa merusak smartphone kamu, hal buruk lainya juga bisa terjadi, seperti smartphone atau powerbank akan meledak. Jadi kamu harus lebih hati-hati dalam penggunaannya. Sebaiknya hindari menggunakan powerbank jika tidak terlalu penting.

5 dari 7 halaman

Mengisi Daya Ponsel dengan Powerbank Sampai Penuh

Mengisi daya ponsel sampai penuh dengan powerbank juga merupakan salah satu kesalahan memakai powerbank yang sering terjadi. Karena merasa nyaman dan praktis menggunakan powerbank saat mengisi daya smartphone, banyak orang jadi lupa untuk tidak terus-terusan menggunakan powerbank. Terkadang baterai dibiarkan terisi sampai penuh.

Padahal, saat baterai ponsel sudah sampai 80-90%, sebaiknya kamu melepaskannya dari powerbank. Hal ini lantaran ketika kamu memaksakan untuk mengisi daya hingga penuh, powerbank akan mengeluarkan energi lebih banyak dan menjadi lebih cepat habis. Tidak hanya smartphone saja yang mengalami dampaknya, namun masa pemakaian powerbank juga akan berkurang.

6 dari 7 halaman

Mengoperasikan Ponsel saat Sedang Mengisi Daya dengan Powerbank

Kesalahan memakai powerbank lainnya yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah, menggunakan smartphone ketika sedang mengisi daya. Padahal hal ini tidak tepat, selain berakibat buruk untuk powerbank, kondisi smartphone kamu juga menjadi taruhannya.

Tak hanya itu saja, mengoperasikan smartphone ketika masih mengisi daya akan membuat daya baterai penuh lebih lama. Lebih dari itu, hal ini sangat tidak efektif karena membuat kinerja powerbank kurang maksimal. Kesalahan memakai powerbank satu ini mungkin sering kamu lakukan.

7 dari 7 halaman

Menggunakan Powerbank dengan Harga Murah

Menggunakan powerbank dengan harga murah juga dapat mengakibatkan kerusakan pada smartphone kamu. Tentunya powerbank dengan kapasitas besar yang dijual murah menjadi incaran setiap orang. Namun, kamu harus lebih teliti dan memperhatikan benar kualitas powerbank.

Beberapa kasus menyebutkan bahwa, powerbank yang dibanderol harga murah biasanya menggunakan baterai daur ulang. Jelas sudah, powerbank seperti ini akan merusak smartphone kamu jika digunakan terus menerus.

Itulah beberapa kesalahan memakai powerbank yang bikin ponsel rusak. Sebaiknya kamu benar-benar memperhatikan penggunaan powerbank agar smartphone tetap beroperasi secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.