Sukses

10 Manfaat Gula Merah untuk Stamina, Nutrisinya Bantu Jaga agar Tetap Stabil

Liputan6.com, Jakarta Manfaat gula merah untuk stamina kini banyak digunakan sebagai aternatif pemanis alami. Gula merah dapat dijadikan sebagai penambah cita rasa di dalam makanan atau minuman.

Bukan hanya sebatas pemanis alami yang menyehatkan tubuh, manfaat gula merah untuk stamina juga bisa kamu rasakan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Gula merah terbuat dari nira, merupakan cairan yang keluar dari bunga pohon keluarga palma seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Di balik cita rasa karamel yang ringan dan manis yang khas, gula merah dapat dijadikan sebagai pemanis penghasil stamina. Hal ini dikarenakan gula merah mangandung segudang nutrisi baik yang diperlukan untuk menghasilkan stamina.

Beberapa studi menyebutkan bahwa di dalam gula merah mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan anthocyanidin. Tidak hanya itu, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang mampu membantu perasaan dan membuat tubuh lebih kuat serta berstamina.

Di balik kandungan nutrisi itulah, manfaat gula merah untuk stamina bisa didapat. Berikut manfaat gula merah untuk stamina lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020). 

2 dari 6 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Stamina

Meningkatkan Energi

Manfaat gula merah untuk stamina yang pertama untuk meningkatkan energi. Konsumsi gula merah dapat meningkatkan energi seketika. Jadi, jika mengalami keluhan badan lemas dan tidak bertenaga, kamu bisa mengonsumsi kopi atau teh yang telah dicampur oleh gula merah pada porsi yang disesuaikan.

Tinggi Nutrisi

Manfaat gula merah untuk stamina berikutnya didapat karena tingginya nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam gula merah membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Ketika kamu tidak mudah terserang penyakit, dengan begitu kamu dapat menjaga stamina tubuh tetap stabil.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Stamina

Rendah Kalori

Manfaat gula merah untuk stamina berikutnya didapat karena rendah kalori. Mengonsumsi makanan yang mengandung rendah kalori sangat baik untuk menjaga stamina.

Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan gula merah sebagai altrenatif untuk menjaga stamina tubuh. Mencukupi kebutuhan kalori di dalam tubuh, akan membuat kamu merasakan manfaat kalori bagi kesehatan secara utuh.

Punya Beragam Vitamin

Manfaat gula merah untuk stamina berikutnya dikarenakan adanya vitamin yang beragam di dalamnya. Vitamin sangat diperlukan tubuh, baik untuk menjaga kesehatan bahkan untuk perawatan tubuh.

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam gula merah dapat membantu meningkatkan stamina. Hal ini dikarenakan vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina agar terus dapat kembali pulih. Bukan hanya vitamin, melainkan terdapat zat-zat lain di dalam gula merah seperti mineral.

4 dari 6 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Stamina

Mengandung Zat Besi

Manfaat gula merah untuk stamina berikutnya didapat karena adanya zat besi di dalamnya. Selain vitamin, zat besi juga diperlukan untuk menjaga stamina agar tetap terjaga.

Mengonsumsi gula merah dapat membantu meningkatkan zat besi sehingga akan menjaga stamina tetap stabil. Hal ini dikarenakan zat besi juga sering digunakan untuk memulihkan stamina yang hilang. Oleh karena itu, zat besi sering dicari untuk menambhkan dan memulihkan stamina.

Kadar Glikemik Rendah

Glikemik merupakan angka yang menggambarkan dampak dari makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah pada seseorang. Gula merah memiliki kadar glikemik yang rendah.

Kamu dapat menjaga kadar gula darah dengan mengonsumsi gula merah. Ketika kadar gula darah kamu terjaga, maka kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan stamina akan tetap terjaga.

5 dari 6 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Stamina

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat gula merah untuk stamina berikunya dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat dan terjaga akan membantu menjaga stamina.

Untuk itu, jika ingin meningkatkan stamina, kamu bisa mengonsumsi gula merah agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan stamina juga tetap terjaga.

Punya Garam Mineral

Selain mengandung vitamin dan zat besi, manfaat gula merah untuk stamina juga didapat karena di dalamnya mengandung garam mineral. Garam mineral memiliki fungsi untuk membantu proses pembentukan standar sehingga stamina akan tetap terjaga.

6 dari 6 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Stamina

Mengandung Protein

Gula merah juga memiliki kandungan protein di dalamnya yang berguna untuk menjaga stamina kamu. Protein sangat berguna bagi tubuh karena dapat membantu metabolisme tubuh agar menjadi kuat. Metabolisme tersebut akan menjaga tubuh dengan baik agar tidak mudah terkena penyakit dari luar ataupun radikal bebas yang berbahaya.

Mengandung Asam Folat

Asam folat memiliki peran penting untuk menjaga tubuh serta menjaga stamina. Asam folat berfungsi untuk menggantikan atau membantu memulihkan stamina kamu yang telah hilang.

Dengan adanya asam folat inilah stamina tubuh kamu dapat terjaga. Adanya asam folat yang ada di dalam gula merah inilah yang menyebabkan stamina akan cepat pulih kembali meskipun sudah kehilangan banyak stamina.