Sukses

Cara Membuat Tas Tali Kur Motif Jagung, Jadi Kerajinan Cantik

Tas tali kur motif jagung sangat digemari.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tas tali kur motif jagung bisa dipraktikan di rumah. Tas tali kur merupakan produk kerajinan tangan yang banyak diminati. Tas ini hadir dalam berbagai warna dan model.

Tas tali kur biasanya dibuat sendiri dengan keterampilan tangan. Membuat tas tali kur mengombinasikan ragam teknik simpul sederhana hingga rumit. Teknik simpul ini menghasilkan motig berbeda pada tas.

Motif tali kur bisa berupa motif jagung, sisik, jaring, ketupat, bunga, dan masih banyak lagi. Motif yang paling disukai adalah motif jagung. Cara membuat tas tali kur motif jagung memerlukan keterampilan dan ketelitian tersendiri.

Cara membuat tas tali kur motif jagung ini bisa dipelajari oleh pemula. Sudah banyak orang yang memanfaatkan cara membuat tas tali kur motif jagung untuk menghasilkan produk menarik dan inovatif. Meski terlihat rumit, jika ditelateni cara membuat tas tali kur motif jagung dapat dengan mudah dipraktikan.

Cara membuat tas tali kur motif jagung juga harus diikuti cara dasar membuat tas tali kur. Berikut cara membuat tas tali kur motif jagung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan yang diperlukan

Cara membuat tas tali kur motif jagung adalah mempersiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan ini cukup sederhana dan bisa didapatkan dengan mudah di toko, khusunya toko alat jahit. Berikut bahannya:

Tali kur

Tali kur merupakan tali yang biasanya digunakan untuk tali serut, tas, jaket, dan kebutuhan lainnya. Tali ini biasanya berbahan nylon, polyester, cotton, atau filamen. Tali kur tersedia dalam berbagai ukuran dan warna.

Tali kur sangat mudah dibentuk menjadi simpul. Maka dari itu tali ini dimanfaatkan menjadi kerajinan seperti tas, dompet, atau gelang. Untuk digunakan sebagai bahan tas, kamu bisa memiliki tali kur dengan warna terang atau sesuai selera. Biasanya untuk sebuah tas kamu perlu menyiapkan dua warna tali kur agar hasilnya lebih menarik.

Gunting

Korek api

Tali kur memiliki serat yang mudah terurai. Korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

Jarum dan benang

Jarum dan benang berguna untuk menggabungkan simpul tali kur dan mempermudah untuk menyatukan simpul menjadi sebuah tas.

Resleting atau kancing

Resleting atau kancing bisa digunakan untuk menjadi penutup tas.

3 dari 5 halaman

Cara dasar membuat tas tali kur

1. Pada langkah pertama cara membuat tas dari tali kur ini, kamu bisa mengambil dua heli tali dengan panjang tali sama. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 kemudian silangkan kebelakang tali lainnya menuju arah 1. Cara membuat tas dari tali kur selanjutnya ialah letakan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

3. Langkah dari cara membuat tas dari tali kur selanjutnya adalah ambil ujung tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk mengutakan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang anatar kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

5. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkai ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali-tang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

6. Lakukan menbuat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jka telah mebentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

4 dari 5 halaman

Motif tas tali kur

Tas tali kur hadir dalam berbagai motif dan model. Tas ini juga dikenal dengan sebutan Macrame. Macrame sudah ada sejak ke 13 di Timur Tengah. Kerajinan ini terus berkembang hingga Eropa dan seluruh dunia.

Awalnya Macrame hanya berupa teknik simpul sederhana seperti jaring-jaring. Simpul utama macrame adalah simpul bujur sangkar. Namun, seiring berkembangnya zaman, simpul macrame makin berkembang dan memiliki nilai estetika sendiri. Berikut motif tas tali kur yang umum digunakan:

Tas tali kur motif garis 2 warna

- Tas tali kur motif miring

- Tas tali kur motif sisik

- Tas tali kur motif bunga

- Tas tali kur motof ketupat

- Tas tali kur motif panah, dan

- Tas tali kur motif kerang

5 dari 5 halaman

Cara membuat tas tali kur motif jagung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini