Sukses

Tak Banyak Disebut, Ini 5 Profesi yang Ikut Berjuang Hadapi Virus Corona

Orang-orang ini rela bekerja meski besar resiko tertular virus corona.

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya virus corona di beberapa negara membuat aktivitas warga setempat menjadi terbatas. Beberapa negara mulai merumahkan warganya demi mencegah penularan virus corona alias COVID-19.

Para pekerja pun diimbau untuk tidak datang ke tempat kerja dan diharapkan dapat beraktivitas di rumahnya masing-masing. Bahkan sekolah dan perguruan tinggi juga menyuruh anak didiknya untuk belajar di rumah. Ada pula yang menerapkan pembelajaran secara online. 

Namun aktivitas warga di luar rumah tidak dapat sepenuhnya dihentikan karena berbagai alasan kepentingan yang tidak dapat ditinggalkan. Seperti para pekerja yang tetap memenuhi tanggung jawabnya untuk bekerja demi kepentingan umum.

Orang-orang tersebut tidak dapat melakukan pekerjaannya dari rumah dan tetap malakoni profesinya, bahkan di tengah risiko tertular virus corona. Para pekerja tersebut tetap bekerja demi melayani dan kelancaran berbagai aktivitas masyarakat.

Orang berprofesi ini sering tidak disadari oleh banyak orang seberapa penting peranannya. Orang-orang yang tetap bekerja di tengah virus corona yang melanda sebenarnya adalah 'pahlawan' kemanusiaan. Berikut 5 profesi yang berjuang hadapi corona dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (19/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pengemudi Transportasi Umum

Banyak orang yang masih harus meneruskan aktivitas sehari-harinya, meskipun di tengah merebaknya virus Corona. Seperti pergi ke tempat perbelanjaan, tetap pergi ke tempat kerja dan lain sebagainya. Orang-orang tersebut masih membutuhkan transportasi, sehingga layanan transportasi umum tetap beroperasi seperti biasa.

Begitu juga dengan pengemudinya, ia tetap memberikan pelayanannya demi mengantar masyarakat ke tempat tujuannya. Profesi ini sering tidak disadari oleh banyak orang betapa pentingnya sang pengemudi angkutan umum. Orang tersebut tetap bekerja meskipun resiko tertular virus corona cukup tinggi karena bertemu dengan banyak penumpang.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Pegawai Bank

Virus corona yang makin merajalela, kini banyak orang melakukan aktivitasnya di rumah. Namun masih ada orang yang pergi ke bank karena berbagai alasan. Seperti petugas keuangan yang masih berkepentingan untuk berhubungan dengan bank.

Demi memberi pelayanan kepada orang-orang tersebut, pegawai bank harus tetap bekerja. Profesi ini termasuk cukup beresiko tertular COVID-19 karena bertemu dengan banyak nasabah atau klien. Bahkan ada pegawai bank yang harus bersentuhan dengan uang nasabah yang mungkin saja tidak steril dari virus.

4 dari 6 halaman

3. Pengantar Pengiriman Makanan

Banyak orang yang mulai enggan untuk keluar rumah. Namun orang-orang tersebut tetap memerlukan makanan untuk memenuhi energinya. Di sinilah pentingnya para pengantar makanan untuk tetap melakoni profesinya.

Para pengantar makanan tetap memberi pelayanan terbaikknya. Ia juga rela menempuh perjalanan yang melintasi berbagai tempat dan bertemu banyak orang.

5 dari 6 halaman

4. Peneliti Lab

Dokter dan perawat yang menangani pasien memang beresiko terinfeksi virus, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang bekerja di belakang layar? Peneliti Lab bekerja sepanjang waktu untuk mendeteksi keberadaan virus secepat mungkin.

Selain itu, para peneliti juga berupaya menemukan obat untuk virus corona. Orang-orang tersebut bekerja tanpa lelah sehingga tenaga medis dapat memberikan perawatan dan penanganan secepat mungkin.

6 dari 6 halaman

5. Pembersih Rumah Sakit

Rumah sakit didatangi oleh banyak orang yang memiliki berbagai macam riwayat penyakit. Bahkan ada pula yang positif terinfeksi virus corona. Namun rumah sakit tetap harus dibersihkan agar virus yang mungkin dibawa oleh pasien tidak bersarang di rumah sakit.

Hal itu merupakan tanggung jawab para petugas kebersihan rumah sakit. Orang-orang tersebut tetap melakukan tugasnya meskipun resiko yang dihadapi juga cukup besar karena harus membersihkan banyak bagian dari rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.