Sukses

8 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau badan secara alami harus dicoba bagi kamu yang seringkali masih memiliki bau badan walaupun sudah mandi. Bau badan ini biasanya disebabkan oleh keringat dari dalam tubuh. Dan bau badan ini akan sangat bermasalah sekali jika dihadapkan dengan cuaca panas yang ekstrem. Ditambah jika tidak berada di ruangan yang memiliki pendingin ruangan, misalnya saja seperti AC atau kipas angin.

Sebelum membicarakan Cara Menghilangkan Bau Badan secara alami, akan lebih baik untuk mengetahui penyebab bau badan terlebih dahulu. Apakah benar bau badan ini disebabkan oleh keringat?

Bau badan sebenarnya tidak disebabkan oleh keringat, tetapi memang dipicu oleh keringat. Jadi, keringat yang dihasilkan oleh tubuh manusia ini sebenarnya tidak memiliki bau. Penyebab dari bau badan yang bercampur dengan keringat adalah bakteri. Bakteri ini yang mengubah keringat menjadi berbau dan terasa asam. Bakteri ini disebut bakteri anaerobik yang memecah protein keratini pada permukaan kulit.

Sebenarnya tidak hanya karena bakteri yang ada di tubuh manusia yang menyebabkan bau badan. Penyebab lain yang bisa menyebabkan bau badan, misalnya saja karena obesitas atau kelebihan berat badan karena pori-pori akan tertutup oleh lipatan tubuh yang gemuk. Bisa jadi ada infeksi pada kulit yang menyebabkan kulit menghasilkan keringat berurea. Kemudian makanan rempah, penyakit diabetes, gagal ginjal, liver, gangguan metabolisme, sampai pada konsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin.

Berikut penjelasan mengenai cara menghilangkan bau badan secara alami dan mudah dilakukan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Mandi

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang sangat ampuh adalah dengan mandi. Karena saat mandi, keringat yang bersifat asam karena bakteri jika dipertemukan dengan sabun yang bersifat basa maka akan kembali normal.

Paling tidak untuk mengantisipasi adanya bau keringat, lakukan aktivitas mandi dua kali sehari. Selain dapat menghilangkan bau badan, mandi juga akan menjauhkan kulit kita dari bakteri penyebab bau, dan tentu saja membuat kulit kita menjadi lebih segar dan sehat.

2. Minum Air Putih

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan rutin mengonsumsi air putih. Minimal satu liter dalam satu hari. Karena minum air putih juga dipercaya dapat mempermudah proses metabolisme tubuh manusia. Bakteri yang ada dalam tubuh manusia akan ikut terbawa ketika manusia mengeluarkan urine.

Nah minum air putih ini juga harus dibarengi dengan lebih sering mengeluarkan urine. Karena jika urine tidak segera dikeluarkan, maka akan segera menjadi keringat. Tidak hanya itu, tetapi minum air putih juga lebih bisa menyegarkan tubuh loh. Apalagi jika air putih dicampur dengan es batu, pasti akan segera membantu suhu tubuh menjadi semakin dingin.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

3. Mencukur Ketiak

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan lebih rajin mencukur ketiak. Hal ini juga berlaku bagi yang memiliki bulu ketiak lebat atau juga tidak lebat.

Pasalnya, bulu ketiak ini seringkali menjadi tempat yang paling nyaman untuk bersembunyi bakteri-bakteri penyebab bau badan. Jadi kalau bisa lebih rajin mencukur bulu ketiak, maka ketiak tidak akan lagi menjadi lebih sering lembab atau juga berkeringat.

4. Rajin Berolahraga

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan lebih rajin melakukan olahraga. Karena ketika berolahraga, pori-pori yang ada pada kulit akan lebih terbuka dan akan membantu mengeluarkan bakteri penyebab bau badan.

Namun, hal ini tentu akan lebih sulit dilakukan bagi kalian yang jarang sekali memiliki banyak waktu luang. Jam kerja padat dan tidak ingin berolahraga diluar rumah, apalagi lari atau jalan-jalan setiap pagi. Nah, solusinya bisa dengan melakukan pemanasan-pemanasan ringan di rumah. Sediakan waktu luang 10 sampai 15 menit per harinya.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

5. Hindari Rempah-Rempah

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan menghindari makanan yang mengandung banyak rempah-rempah. Seperti merica/lada, cengkeh, jahe, pala, kayu manis, adas, kapulaga, kunyit, dan saffron. Karena rempah-rempah ini dikenal sebagai penghasil zat asilin, sehingga membuat bau badan menjadi tidak sedap.

6. Minum Jeruk

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan lebih sering mengonsumsi jeruk. Bisa jeruk nipis atau juga jeruk purut. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada dalam buah jeruk. Seperti, vitamin C, flavonoid, asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Sehingga mengonsumsi jeruk dipercaya mampu membantu menghilangkan bau badan secara alami.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

7. Memperhatikan Pakaian

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang cukup ampuh bisa dengan lebih memperhatikan pakaian. Maksudnya adalah bisa dengan lebih rajin mengganti pakaian setiap hari, mencucinya dengan lebih bersih agar bakteri dan kuman hilang, dan terakhir bisa lebih memperhatikan pakaian yang dikenakan.

Memperhatikan pakaian yang dikenakan bisa disesuaikan dengan cuaca. Misalnya saja ketika cuaca sedang panas sekali, akan lebih baik jika menggunakan pakaian yang bisa lebih banyak menyerap keringat. Nah, sehingga bakteri penyebab bau badan tidak bisa menggunakan keringat untuk bereaksi menjadi asam sebagai penyebab bau badan.

8. Makan Secukupnya

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan lebih memperhatikan pola makan. Makan secukupnya agar berat badan lebih ideal. Karena penyebab dari banyaknya keringat adalah pori-pori kulit yang tertutup oleh lipatan lemak tubuh. Selain makan-makanan dengan porsi yang cukup, akan lebih baik lagi jika diseimbangkan dengan buah dan sayur.

Namun hindari juga sayur yang dapat menyebabkan bau badan, seperti brokoli, kubis, brussels, dan sayuran yang termasuk keluarga cruciferous. Sayur-sayuran ini ternyata bisa membuat keringat yang dihasilkan oleh tubuh menjadi bau. Bukan karena bakteri penyebab bau badan yang bereaksi dengan keringat tetapi karena sayuran ini mengandung sulfur dan sulfide.