Sukses

6 Bahan Pengganti Sabun Cuci Piring yang Praktis dan Mudah Didapatkan

Bahan pengganti sabun cuci piring ini didapatkan dan harganya murah.

Liputan6.com, Jakarta Bahan pengganti sabun cuci piring ini berguna saat Anda harus segera membersihkan segala alat masak maupun piring kotor bekas makanan, namun sabun cuci piring yang biasa Anda gunakan telah habis. Nah, itulah mengapa bahan pengganti sabun cuci piring perlu Anda ketahui jenis-jenisnya.

Apakah Anda pernah memiliki kendala pada saat mencuci piring dan sedang berada di lokasi yang tidak mungkin untuk mendapatkan sabun? Pada kondisi tersebut akan membuat Anda memilih mencuci alat makan maupun alat masak tanpa menggunakan sabun. Padahal di sekitar Anda, banyak bahan pengganti sabun cuci piring yang bisa Anda dapatkan, baik dari tumbuhan maupun bahan-bahan yang biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan.

Bahan pengganti sabun cuci piring ini sangat mudah Anda dapatkan. Bahkan beberapa bahan pengganti sabun cuci piring terbilang sangat murah harganya. Anda bisa persiapkan bahan pengganti sabun cuci piring tersebut sebagai alternatif untuk berjaga-jaga, apabila Anda kehabisan sabun cuci piring seperti biasanya.

Lalu apa saja jenis dan bagaimana cara pakai bahan pengganti sabun cuci piring tersebut, maka Liputan6.com, Selasa (7/4/2020), di bawah ini telah merangkum beberapa bahan pengganti sabun cuci piring yang tentunya mudah dan praktis untuk Anda gunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jeruk Nipis

Sebenarnya jeruk nipis sudah cukup umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai pengganti sabun cuci piring. Selain baunya yang segar, jeruk nipis juga dapat mengangkat lemak maupun minyak pada alat-alat makan dan alat memasak, sekaligus jeruk nipis dapat menghilangkan bau tidak sedap seperti amis apabila alat makan atau masak digunakan untuk memasak daging atau ikan.

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai bahan pengganti sabun cuci piring sangatlah mudah dan praktis. Jeruk nipis cukup dipotong lalu diperas ke dalam air hangat, dan larutan air jeruk nipis tadi dapat langsung digunakan menjadi bahan pengganti sabun cuci piring.

3 dari 7 halaman

2. Cuka

Selain mudah didapatkan baik di toko atau pasar, cuka mungkin sering Anda gunakan sebagai bahan penambah cita rasa pada masakan. Padahal, selain fungsi cuka sebagai penambah cita rasa pada masakan, cuka juga dapat membantu Anda pada saat mencuci alat masak, salah satunya alat-alat yang berbahan dasar kayu. Selain karena cuka dapat membersihkan berbagai macam noda membandel pada alat masak, cuka yang diaplikasikan ke media berbahan kayu, dapat mencegah alat masak dari kuman dan bakteri yang menumpuk pada alat-alat masak dari kayu tersebut.

Cara penggunaan cuka tersebut terbilang cukup mudah, yaitu dengan merendam alat masak selama beberapa menit pada air panas yang telah diberi sedikti cairan cuka. Setelah itu sikat secara perlahan dan bilas dengan air bersih seperti biasa.

4 dari 7 halaman

3. Garam kasar

Bahan pengganti sabun cuci piring selanjutnya yaitu garam. Bahan ini memiliki zat mineral yang ampuh untuk menyerap noda dan minyak yang berasal dari sisa makanan di piring maupun alat masak. Jenis garam yang baik untuk digunakan sebagai bahan pengganti sabun cuci piring ini adalah jenis garam kasar. Garam kasar yang dikombinasikan dengan perasan air lemon sangatlah ampuh untuk mencuci piring maupun segala macam alat makan yang telah digunakan.

Cara menggunakan garam sebagai bahan pengganti sabun dalam membersihkan alat makan cukup dengan menaburkan garam di piring yang akan dicuci, lalu gosok perlahan piring dengan spons seperti mencuci dengan sabun cuci piring biasanya. Jika ingin lebih maksimal, Anda dapat menambahkan air perasan lemon untuk membuat piring menjadi lebih harum dan kesat.

5 dari 7 halaman

4. Belimbing wuluh

Jenis tumbuhan ini biasanya dijadikan bahan pembersih porselen maupun bahan dari keramik. Belimbing wuluh juga dapat dijadikan alternatif dalam dijadikan bahan pengganti sabun cuci piring. Belimbing wuluh akan efektif jika alat makan yang terbuat dari bahan keramik. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Hanya dengan mengupas belimbing wuluh, lalu gosok belimbing wuluh ke piring tersebut. Setelah itu dapat Anda diamkan dahulu selama beberapa menit. Lalu Anda tinggal dibilas dan piring dilap dengan kain bersih.

6 dari 7 halaman

5. Baking Soda

Banyaknya noda minyak yang membandel pada permukaan wajan maupun alat makan bisa diatasi apabila Anda menggunakan baking soda. Tetapi baking soda sendiri biasanya akan lebih efektif jika dalam penggunaannya dicampurkan dengan sabun cuci piring seperti pada umumnya.

Cara penggunaan baking soda untuk mencuci piring cukup dengan menggosok wajan maupun alat makan yang akan dicuci dengan baking soda dengan spons pada bagian kasarnya.

7 dari 7 halaman

6. Lerak

Biasanya bahan alami pengganti sabun cuci piring yang digunakan sebagai alternatif pengganti sabun cair cuci piring seperti pada umumnya tidak akan menghasilkan busa. Namun, Anda akan mendapatkan busa cuci jika Anda menggunakan buah lerak yang telah diolah menjadi sabun.

Sebenarnya dalam membuat sabun cuci dari buah lerak dapat dikategorikan cukup mudah. Caranya yaitu dengan merebus buah lerak ke dalam air. Pada saat air rebusan lerak telah mendidih, matikan api, dan biarkan air rebusan sedikit mendingin. Setelah itu tiriskan lerak dan masukkan hasil rebusan tersebut ke dalam botol yang biasa Anda pakai untuk mencuci alat makan atau masak. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial supaya sabun lerak dapat memiliki aroma wangi.

Dari berbagai jenis bahan pengganti sabun cuci piring tersebut, alangkah baiknya digunakan apabila dalam keadaan mendesak dan sabun cuci piring Anda ternyata habis. Karena bagaimanapun, bahan pengganti sabun cuci piring tersebut tidak sepenuhnya efektif untuk membersihkan alat makan dan masak. Penggunaan sabun cuci piring yang dijual seperti pada umumnya tentunya telah melalui berbagai riset yang dapat membantu Anda untuk membersihkan alat makan atau masak dengan lebih cepat, efektif, dan eifisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.