Sukses

Kreatif, Aksi Tari Ratoh Jaroe Via Online ala Warganet Akibat Physical Distancing

Liputan6.com, Jakarta Wabah pandemi virus corona covid-19 pada Selasa (7/4/2020), kini telah mencapai angka 2.738 kasus positif di seluruh Indonesia. Di antaranya sebanyak 204 pasien dinyatakan sembuh, sementara korban meninggal dilaporkan sebanyak 221 orang. 

Hal ini lantas membuat pemerintah mengeluarkan imbauan untuk masyarakat melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik selama beraktivitas di luar ruangan. Pemerintah pun juga membatasi aktivitas yang melibatkan banyak orang agar dapat menekan angka penyebaran virus corona covid-19.

Kini, berbagai aktivitas pun harus dilakukan secara online agar bisa tetap berjalan dari rumah masing-masing atau disebut sebagai work from home (WFH) agar penyebaran virus corona bisa ditekan. Video call pun menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menggantikan pertemuan tatap muka.

Baru-baru ini, ada seorang warganet yang membuat video editan kumpulan beberapa orang sedang menari tarian Ratoh Jaroe. Beberapa video orang sedang menari tarian Ratoh Jaroe ini dikumpulkan dan diedit menjadi satu ini terlihat mengagumkan. Seolah-olah seperti sedang menari bareng meski sedang physical distancing. Berikut ulasan selengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (8/4/2020).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tari Ratoh Jaroe berupa video editan menjadi viral di Twitter

 

Dilansir dari postingan warganet @segernyaleale di Twitter pada Selasa (7/4/2020), ada kumpulan beberapa orang melakukan tari Ratoh Jaroe dan terlihat seperti menari bersama-sama. Padahal faktanya video tersebut adalah video editan.

Video tersebut dibuat oleh pria bernama Alex asal Aceh. Awalnya, Alex hanya membagikan video tersebut di akun Instagramnya. Namun, oleh @segernyaleale dibagikan ulang di Twitter dan mendapatkan respon beragam dari warganet.

3 dari 4 halaman

Meski tak bisa bertatap muka secara langsung, tak membendung semangat untuk tetap berkarya

Tak hanya membuat satu video saja, ternyata Alex pun membuat dua video editan. Kreativitasnya dalam memanfaatkan video editan ini pun menuai banyak pujian dari warganet.

Salah satu pengguna twitter @MonicaDarmayan1 menuliskan, "Debest bgt dah bang alex," ketika menanggapi postingan tersebut. Beberapa di antaranya bahkan ada yang merasa terinspirasi dan ingin melakukan hal yang sama. 

4 dari 4 halaman

Mendapatkan beragam respon dari warganet

Postingan yang diunggah oleh @segernyaleale tersebut menjadi viral di Twitter. Hingga berita ini di rilis, postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak 6,2 Ribu retweet dan disukai sebanayk 12,8 Ribu kali.

Tak hanya memuji kreativitas Alex, salah seorang warganet pun malah ada yang gagal fokus. Menurutnya, video tersebut terlalu mulus untuk ukuran video call. Ia pun mempertanyakan apa provider yang digunakan.

Pengguna Twitter @someoneknowmeyt berkomentar, "Kok bisa gak ngelag sih, pake kartu apa huahah," tulisnya menanggapi postingan tersebut.

Si pembuat video lantas memberikan klarifikasi jika video yang viral tersebut adalah video editan, bukan video call.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.