Sukses

8 Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan, Konsumsi Secara Teratur

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah anggur merah untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah yang berbentuk bulat kecil ini memiliki rasa manis yang digemari oleh banyak orang. Kamu bisa mendapatkan manfaat buah anggur merah ini baik saat dikonsumsi mentah maupun setelah diolah menjadi jus, jelly, selai anggur, dan bentuk olahan lainnya.

Berbagai kandungan nutrisi dalam buah anggur merah menjadi faktor utama manfaatnya untuk kesehatan. Secara umum, kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula. 10 persen kandungan gizi lainnya pada anggur berupa asam galat, glukosida, asam folat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, dan kalsium.

Selain itu, terdapat pula senyawa antioksidan seperti polifenol dan resveratrol . Kandungan antioksidan polifenol dalam buah anggur merah ini akan memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan kerusakan akibat faktor lingkungan, serta membantu melawan radikal bebas.

Manfaat buah anggur merah untuk kesehatan dipengaruhi kandungan fitonutrien dan antioksidannya yang tinggi. Rutin mengonsumsi buah ini ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, namun juga dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat buah anggur merah dari berbagai sumber, Kamis (9/4/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah

Mencegah dan Melawan Kanker

Manfaat buah anggur merah yang pertama adalah untuk mencegah dan melawan kanker. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut para ahli, kandungan ini sangat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah kanker paru-paru esophagus, kanker mulur, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pancreas, hingga kanker prostat.

Pada penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat buah anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak kamu. Resveratrol dalam buah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif sehingga memperlambat penuaan, meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak, misalnya pada penyakit Alzheimer.

Selain itu, pada penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa, anggur sebagai salah satu buah yang bisa membantu menyegarkan pikiran. Vitamin dan rasa segar pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdas, kemampuan mengingat semakin baik, dan bikin bahagia.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah

Menyehatkan Jantung

Selain dapat mencegah kanker, manfaat buah anggur merah selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur ini juga sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan menunjang endotel.

Selain itu, anggur juga mengandung flavonoid yang dinamakan rutin. Kandung ini memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan dengan menghambatnya, sehingga mampu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur juga dipercaya bisa melindungi tubuh, khususnya jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat atau LDL.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah anggur merah berikutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa studi yang pernah dilakukan oleh para ahli juga menemukan, kalau buah-buahan seperti anggur ini juga kaya akan flavonoid.

Kandungan flavonoid ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan, kandungan ini juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

Selain itu, buah anggur juga tinggi akan kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam buah anggur terdapat sebuah senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti mampu untuk menangani masalah berat badan. Mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur setara dengan 100 kalori.

Sehingga buah anggur bisa menjadi camilan yang menyehatkan bagi kamu yang ingin memiliki berat badan yang ideal. Manfaat buah anggur merah ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang sedang menerapkan program diet.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah anggur merah juga baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata kamu.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, buah anggur yang dikonsumsi secara teratur bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pada retina mata, misalnya degenerasi makula. Mengonsumsi ekstrak biji anggur juga dapat membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah anggur merah juga dapat digunakan untuk kulit. Kandungan air yang sangat tinggi pada buah anggur ini, memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian mengatakan, bahwa buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien ini ampuh dalam melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

Melawan Penuaan Dini

Selain itu, manfaat buah anggur merah selanjutnya juga dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan. Ternyata, buah ini bermanfaat untuk melawan penuaan dini, dan mempercantik kulit.

Kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat kaya pada buah anggur ini, ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu juga membantu melindunginya dari berbagai masalah seperti kulit kusam, kering, hingga pecah-pecah.