Sukses

12 Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan, Tetap Mendapatkan Keberkahan

Ketika haid, wanita tetap bisa melakukan banyak amalan saat haid di bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Amalan saat haid di bulan Ramadhan untuk wanita tentunya masih banyak. Selama dalam keadaan haid, wanita tetap bisa melakukan amalan-amalan agar tetap bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dalam Islam, haid atau menstruasi adalah masa di mana seorang wanita sedang dalam keadaan tidak suci atau kotor. 

Setiap bulan, seorang wanita tentunya akan memasuki masa menstruasi yang membuatnya tidak bisa melakukan ibadah-ibadah penting. Namun, wanita tetap bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan saat haid di bulan Ramadhan. Amalan saat haid di bulan Ramadhan tentunya harus sesuai sunnah dan anjuran yang sudah ditetapkan Allah SWT.

Selama bulan Ramadhan tentunya pintu keberkahan terbuka lebar. Setiap orang berlomba-lomba agar bisa menambah amalan dan mendekatkan diri kepada Allah. Wanita haid pun tetap bisa mendekatakan diri kepada Allah dengan melakukan amalan saat haid di bulan Ramadhan.

Walaupun banyak larangan-larangan untuk wanita haid selama bulan Ramadan, Allah SWT tentunya memberikan kemudahan bagi hambanya. Allah SWT memberikan kemudahan kepada wanita yang tidak bisa melakukan ibadah-ibadah penting selama bulan Ramadan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 15 Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan, Jumat (24/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ragam Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan

Banyak amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan para wanita. Selain bisa mendekatkan diri, amalan-amalan tersebut juga dapat memberikan ketenangan hati dan jiwa wanita saat sedang dalam keadaan haid.

1. Berdzikir

Amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan wanita yang pertama adalah berdzikir. Selama dalam keadaan haid, wanita diperbolehkan berdzikir dan tetap menyebut Asma Allah SWT. Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan siapapun dan kapan pun. Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, wanita yang sedang haid bisa mengucapkan berbagai kalimah thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Dzikir juga bisa dilakukan untuk memohon pengampunan pada Allah dengan beristighfar dan bertobat.

2. Berdoa

Selama dalam keadaan haid, wanita tetap diperbolehkan berdoa. Amalan saat haid di bulan Ramadan satu ini tentunya bisa dilakukan siapa saja dan kapan pun. Berdoa adalah bentuk ikhtiar dan cara manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Wanita yang sedang dalam keadaan haid tetap bisa memohon, meminta, dan mendekatkan diri kepada Allah.

Wanita yang sedang dalam keadaan junub diperbolehkan membaca doa apa saja karena tidak masuk dalam larangan saat haid. Saat haid wanita masih bisa mengamalkan doa harian seperti al-Matsurat. Al-Matsurat merupakan kumpulan doa harian yang diamalkan Rasulullah.

3. Mendengarkan lantunan Al-Qur’an

Mendengarkan lantunan Al-Qur’an merupakan amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan wanita. Walaupun tidak bisa membaca Al-Qur’an karena kondisi sedang dalam keadaan hadats besar, wanita bisa menggantinya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Dengan tetap mendengar lantunan ayat suci, hati wanita haid akan selalu dekat dengan Allah. Ini sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah. Dari Aisyah Ra ia berkata, " Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran."

3 dari 5 halaman

Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan

4. Berselawat

Amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan wanita adalah berselawat. Selawat adalah bukti cinta manusia kepada Allagh SWT dan Rasulullah SAW. Selawat adalah sebab turunnya rahmat, pengampunan, dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Selawat tidak dilarang saat haid dan bisa dilakuakan kapanpun.

5. Bersedekah

Bersedekat merupakan amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid. Bersedekah merupakan amalan yang mudah namun pahalanya cukup besar. Memperbanyak sedekah bisa dengan berbagai cara. Mulai dari memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan. Dalam hal bersedekah, Rasulullah SAW juga menyerukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

" Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka." (HR. Muslim)

6. Mendengarkan Tausiyah

Amalan saat haid di bulan Ramadan selanjutnya yang bisa diamalkan wanita adalah mendengarkan tausiyah. Melalui televise, radio, atau media sosial wanita sudah bisa mendengarkan tausiyah. Dengan mendengarkan tausiyah dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

 

4 dari 5 halaman

Amalan Saat Haid di Bulan Ramadan

7. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu merupakan amalan saat haid di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan. Menutut ilmu merupakan amalan penuh pahala bagi wanita saat haid. Aktivitas menuntut ilmu tidak dibatasi dengan kondisi, usia, dan waktu.

Belajar dan mencari ilmu dalam konteks ini bisa berlaku untuk seluruh disiplin ilmu pengetahuan, baik keagamaan maupun pengetahuan umum. Yang lebih utama yaitu ilmu yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Imam Muslim mencatat hadis tentang keutamaan orang yang sedang mencari ilmu, " Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju surga baginya." (HR. Muslim)

8. Membaca atau Mengamalkan Asmaul Husna

Membaca atau mengamalkan Asmaul Husna merupakan salah satu amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan wanita. Membaca Asmaul Husna dapat mengingatkan kita tentang nama-nama Allah yang istimewa dan luar biasa. Dengan mengamalkan Asmaul Husna, kita juga bisa merasa dekat dengan Allah SWT.

9.  Menyampaikan Atau Berdakwah Walaupun Hanya Satu Ayat

Selama masa menstruasi, wanita tetap bisa melakukan amalan saat haid di bulan Ramadan. Wanita bisa menyampaikan atau berdakwah walaupun hanya satu ayat. Selama haid di bulan Ramadan, seorang wanita bisa mengajar atau membagi ilmu kepada orang lain untuk mendapatkan keberkahan. Saling berbagi ilmu kebaikan tentunya dapat memberikan manfaat untuk orang lain.

5 dari 5 halaman

Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan Lainnya

 

10. Bersilaturrahmi

Amalan saat haid di bulan Ramadhan selanjutnya yang bisa dilakukan wanita adalah bersilaturrahmi. Bersilaturrahmi merupakan amalan mudah yang bisa dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid. Bersilaturahmi dengan saudara, teman, dan kerabat bisa menambah pahala dan membuka pintu rezeki sesama umat. Bersilaturahmi bisa dilakukan dengan mengunjungi kerabat, bertemu teman, atau melakukan kegiatan sosial.

11. Menyiapkan Sahur dan Berbuka untuk Orang yang Berpuasa

Walaupun sedang dalam keadaan haid, wanita tetap bisa menambah amalan saat haid di bulan Ramadan. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah menyiapkan menu sahur dan berbuka untuk orang yang sedang berpuasa. Menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang berpuasa menjadi salah satu amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Nilainya bahkan setara dengan orang berpuasa.

12. Menghadiri Sholat Hari Raya

Amalan saat haid di bulan Ramadan selanjutnya yang bisa dilakukan wanita yang sedang haid adalah menghadiri sholat hari raya. Walaupun tidak bisa menunaikan sholat hari raya, wanita tetap mendapatkan pahala dengan menghadiri sholat hari raya tersebut. Wanita yang sedang haid disunahkan untuk duduk di belakang menjauhi tempat salat dan mendengarkan khutbah.

Itulah beberapa amalan saat haid di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.