Sukses

Selain Rachel Vennya dan Suami, 7 Artis Ini juga Berjuang Hadapi Mental Illness

Rachel Vennya dan suami akui idap gangguan kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Rachel Vennya dan suami, Niko Al-Hakim baru-baru ini tengah menjadi sorotan netizen. Pasalnya, melalui salah satu unggahan video pada channel YouTube Rachel & Niko, keduanya mengungkapkan tengah berjuang menghadapi mental illness atau ganguan mental. 

Pasangan selebriti yang menikah pada 7 Januari 2017 ini pun membagikan pengalaman mereka yang berjuang menghadapi penyakit tersebut. Rachsel juga sempat menutupi penyakitnya karena khawatir dengan stigma masyarakat terhadap penyakit gangguan mental yang diidap keduanya.

Sebelumnya, Rachel Vennya sendiri diketahui sempat mengungkapkan jika dirinya mengidap Bipolar Disorder. Rupanya, pada video yang diunggah melalui channel YouTube Rachel & Niko pada Minggu (26/4/2020) sang suami, Niko juga diketahui mengidap Generalized Anxiety Disorder (GAD). Pria kelahiran 27 Maret 1994 ini pun baru mengidap GAD selama dua tahun terakhir.

Suami Rachel Vennya tersebut sebelumnya mengaku sering mengalami sakit pada beberapa bagian tubuh serta sesak napas. Dirinya juga sempat menjalani berbagai rangkaian medical check up dikarenakan khawatir memiliki penyakit berat. Namun rupanya, hasil yang didapat dirinya cukup sehat dan tak mengalami penyakit berat apapun.

Niko baru menetahui gejala psikis yang ia alami setelah melihat seorang publik figur yang tengah membicarakan mengenai penyakit mental.

"Acara stasiun TV itu memang lagi membahas kesehatan mental dan dia speak up soal itu. Gue akhirnya chat dia dan sharing. Dan dia bilang itu psikosomatis, merasakan penyakit yang sebenarnya tidak terjadi,Gue cerita. Ternyata memang benar, didiagnosis GAD, Generalized Anxiety Disorder. Jadi, gue suka merasakan kecemasan," ujar Niko.

Dirinya pun mendapat obat dari seorang dokter untuk mengatasi masalah kecemasan yang ia alami. Tak hanya Rachel Vennya dan sang suami saja yang memiliki gangguan mental. beberapa selebriti ini juga mengalami hal serupa. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa selebriti yang diketahui miliki penyakit gangguan mental, Selasa (28/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Marshanda

Beberapa aksi yang dilakukan Marshanda selama beberapa tahun lalu sempat menghebohkan publik. Ia pun mengaku mengidap bipolar disorder tipe. Akibatnya, aktris kelahiran 10 Agustus 1989 ini diharuskan mengonsumsi obat setiap hari.

Penyakit gangguan mental yang diidap oleh Marshanda sendiri mengakibatkan dirinya menjadi hiperaktif. Hingga kini, dirinya pun cukup aktif untuk mengkampanyekan kepada masyarakat yang memiliki indikasi penyakit gangguan mental untuk tak perlu malu dan segera mencari pertolongan kepada tenaga ahli.

3 dari 8 halaman

2. Ariel Tatum

Aktris muda, Ariel Tatum juga diketahui memiliki ganguan mental yang diidapnya. Namun, berbeda dengan Marshanda, Ariel memiliki Borderline Personality Disorder (BPD). Dirinya pertama kali mengetahui adanya indikasi penyakit gangguan mental saat usia 13 tahun.

Tak hanya itu saja, Ariel Tatum yang takut untuk menceritakan gangguan yang dialaminya ini membuatnya sempat mendatangi beberapa psikolog. Dirinya pun mengajak masyarakat yang memiliki penyakit gangguan mental untuk selalu bahagia.

4 dari 8 halaman

3. Deddy Corbuzier

Presenter sekaligus YouTuber, Deddy Corbuzier mengaku mengalami disleksia saat dirinya masih kecil. Hal ini mengakibatkan dirinya tak bisa menyerap papun yang diajarkan oleh sang guru.

Kondisi disleksia sendiri merupakan suatu penyakit mental yang kerap dialami oleh anak-anak. Penyakit ini juga dikenal sebagai gangguan belajar yang membuat anak-anak kesulitan untuk menulis, membaca hingga berbicara dengan jelas.

5 dari 8 halaman

4. Vidi Aldiano

Pada pertengahan 2019 lalu, penyanyi bersuara merdu Vidi Aldiano mengaku mengidap gangguan mental. Gangguan mental yang dialami oleh pelantun lagu Nuansa Bening ialah Anxiety Attack atau kecemasan yang berlebih.

Dirinya juga mengaku sudah cukup lama mengidap Anxiety Attack tapi tak terlalu parah. Namun, dirinya juga sempat mengalami gangguan kecemasan yang cukup parah hingga membuatnya pingsan sebelum manggung.

6 dari 8 halaman

5. Tamara Bleszynski

Aktris cantik Tamara Bleszynski juga diketahui sempat mengidap penyakit disleksia seperti Deddy Corbuzier. Dia juga sempat kesulitan saat melihat huruf yang seolah tengah menari-nari. Bahkan, dirinya juga sempat mengalami kesulitan saat membaca dan mengingat urutan alfabet.

7 dari 8 halaman

6. Tora Sudiro

Aktor sekaligus presenter Tora Sudiro rupanya juga mengalami penyakit mental. Penyakit tersebut terungkap saat dirinya ditahan oleh polisi karena menyimpan 30 butir dumolid tanpa resep dokter pada 2017 lalu.

Tora diketahui mengidap Tourette Syndrome dimana penyakit tersebut merupakan penyakit turunan yang menyerang sistem saraf. Tourette Syndrome sendiri membuat penderita sering berkata-kata ataupun melakukan tindakan di luar kendali diri.

8 dari 8 halaman

7. Cerelia Raissa

Aktris FTv Cerelia Raissan diketahui memiliki lima jenis masalah kesehatan mental pada dirinya. Hal tersebut diketahui lewat unggahan video pada channel YouTUbe Gritte Agatha. Sebelumnya, Cerelia mengetahui dua penyakit mental yang ia idap saat duduk di bangku SMP. Dimana penyakit tersebut ialah Bipolar serta Anxiety Disorder. Dirinya pun sering melakukan konsultasi serta terapi kepada psikiater.

Namun, seiring berjalannya waktu wanita kelahiran 15 Februari 1997 ini diketahui mengidap Borderline Personality Disorder (BPD), Binge Eating Disorder serta Anorecia Disorder. Meski memiliki lima jenis mental illness, Cerelia mengaku jika keluarga besarnya tak ada yang mengetahui hal tersebut. Ia pun selalu menjalani perawatan tanpa pengetahuian mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.