Sukses

Tampak Sempurna, 5 Karya Seni Ini Ternyata Ada Kekurangan yang Tak Terlihat

Liputan6.com, Jakarta Karya seni adalah ciptaan artistik atau benda estetik. Karya seni melingkupi tentunya terdiri dari beberapa jenis. Seniman memiliki kemampuan luar biasa untuk menghasilkan karya seni yang indah dan dicintai masyarakat. Lukisan, patung, hingga musik adalah beberapa contoh karya seni yang tak jarang membuat seseorang kagum dengan kreativitas seorang seniman.

Seniman selalu menghasilkan karya terbaik yang membuat seseorang takjub. Pembuatan karya seni tentunya dikerjakan dengan ketelitian yang luar biasa. Seseorang yang mengagumi karya seni seorang seniman tentunya selalu menganggap bahwa karya tersebut sangat sempurna.

Setiap karya seni tentunya memiliki sebuah nilai dan sejarah. Seseorang hampir tidak pernah menilik kekurangan dan ketidaksempurnaan sebuah karya seni. Namun terkadang seorang seniman juga pernah melakukan kesalahan dalam pembuatan sebuah karya seni sebelum dinikmati masyarakat.

Beberapa karya seni yang terkenal di dunia ternyata terdapat ketidaksempurnaan yang tersembunyi. Karena kemegahannya, ketidaksempurnaan karya tersebut hampir tidak diperhatikan. Jika diperhatikan secara detail tentunya seseorang yang melihat karya seni tersebut akan menemukan ketidaksempurnaan karya seni tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang karya seni dengan ketidaksempurnaan yang hampir tidak terlihat, Selasa (5/5/2020).

2 dari 6 halaman

1. “The Sistine Madonna” oleh Raphael

Banyak orang memperhatikan jika ada jari keenam di tangan Paus serta jari keenam di kaki Madonna. Tetapi pada kenyataannya, itu hanya sebuah ilusi. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa jari keenam hanyalah bagian dari tangannya, dan jari kakinya mungkin bunion.

3 dari 6 halaman

2. “Dinner at Emmaus” oleh Caravaggio

Dinner at Emmaus adalah karya seni Caravaggio. Telihat dalam foto tersebut jika mangkuk buah ini seperti berada di atas meja sempurna.

Namun jika diperhatikan lebih detail, terlihat mangkuk buah ini berada di tengah-tengah ujung meja dengan buah di atas. Jika dipikirkan secara rasional dan berada di kehidupan nyata, mangkuk buah ini sudah terjatuh. Beberapa penikmat seni percaya bahwa mangkuk buah tidak hanya melanggar hukum gravitasi dengan menjulurkan terlalu banyak buah dan tidak jatuh.

4 dari 6 halaman

3. “The Ninth Wave” oleh Ivan Aivazovsky

Karya seni indah selanjutnya dengan ketidaksempurnaan yang hampir tidak terlihat adalah The Ninth Wave. Lukisan tersebut adalah karya seniman Ivan Aivazovsky.

Lukisan indah ini menggambarkan gelombang raksasa di laut terbuka. Ketidaksempurnaan yang tidak terlihat yakni bentuk ombak di perairan terbuka tidak sama dengan yang menghantam pantai.

5 dari 6 halaman

4. “Bar in the Foley Berge” oleh Édouard Manet

Penempatan botol di pantulan cermin tidak 100% akurat. Ketidaksempurnaan tersebut bisa jadi dilakukan dengan sengaja oleh Édouard Manet. Hanya Édouard Manet yang mengetahui tentang makna dalam karya seni yang dia ciptakan.

6 dari 6 halaman

5. Michelangelo's David

Memahat sebuah patung tentunya membutuhkan ketelitian yang mendalam agar menjadi sempurna. Namun ternyata setiap karya yang dihasilkan oleh seniman bisa mengalami kesalahan kecil yang tidak terlihat. Dalam karya seni patung tersebut, Michelangelo tidak memerhatikan jika terdapat otot yang hilang di punggung karya seni yang diciptakan olehnya.