Sukses

10 Jenis-Jenis Profesi dan Ketahui Tugasnya

Ketahui jenis-jenis profesi agar lebih memahaminya.

Liputan6.com, Jakarta Profesi dan pekerjaan biasa jelas berbeda. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Profesi juga diasosiasikan dengan kode etik, sertifikasi, dan lisensi pada suatu bidang. Ketahui jenis-jenis profesi agar lebih memahaminya.

Jenis-jenis profesi ada banyak sekali, tetapi tidak sebanyak yang dibayangkan. Tidak seperti petani, tukang las, dan pedagang. Profesi dipengaruhi pendidikan dan keahlian dari pendidikan kejuruan. Termasuk menguasai teori sistematis yang mendasari praktik pekerjaannya.

Orang yang tahu dan menguasai keahliannya disebut profesional. Bisa dikatakan profesional inilah yang menerapkan profesinya. Jenis-jenis profesi yang paling populer, yakni presiden, guru, dokter, dan wartawan.

Berikut jenis-jenis profesi dan tugasnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Profesi

1. Presiden

Presiden termasuk profesi tertinggi dalam suatu negara modern. Gaji pokok presiden cukup besar dan bergengsi. Presiden sebenarnya hanya sebutan, intinya adalah kepala negara. Arab Saudi menyebutnya raja karena menganut sistem pemerintahan kerajaan Islam.

Di Malaysia, kepala negaranya dinamakan Perdana Menteri. Di Jepang sering disebut Kaisar, dan masih banyak lagi. Sebenarnya pemimpin negara bukan hal yang patut disombongkan. Tanggung jawabnya cukup besar. Dituntut melakukan tindakan yang jelas, tegas, dan pro kepada rakyatnya.

2. Arsitek

Arsitek termasuk profesi yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Seorang Arsitek harus pandai menggambar desain bangunan lengkap dengan ukuran yang presisi.

Gedung-gedung yang menjulang dan kokoh memerlukan konstruksi bagus dan presisi. Seperti halnya konstruksi gedung di Jepang yang dapat bertahan karena gempa.

 

3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Profesi

3. Guru

Guru termasuk profesi yang sangat mulia. Tugas Guru mengajar berbagai macam hal kepada muridnya. Mengajar yang dilakukan sangat membutuhkan pengetahuan dan keahlian. Termasuk bagian dari kontribusi Guru untuk mencerdaskan bangsa.

Sejak dulu, Guru merupakan profesi spesial dengan kedudukan tinggi. Berbeda sekali dengan keadaan saat ini. Banyak guru yang justru dianiaya dan dikucilkan. Niatnya mendidik namun banyak disalahkan orang tua.

4. Dokter

Dokter termasuk profesi yang sangat vital di tengah masayarakat. Dokter adalah garda terdepan dalam hal pengobatan. Hanya dokter yang sangat diandalkan karena keahlian dan pengetahuannya.

Padahal, apabila bisa lebih sabar, seseorang yang terkena penyakit yang ringan cukup melakukan penyembuhan tanpa perlu meminum obat-obatan. Termasuk mereka memiliki kode etik untuk melindungi pasiennya.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Profesi

5. Perawat

Perawat juga termasuk profesi yang tidak kalah penting. Hampir sama dengan pekerjaan dokter. Namun, perawatlah yang bertugas merawat pasien selain dokter. Mereka juga menggunakan kode etik dalam pekerjaannya. Misalnya dalam hal pemberian obat, pengecekan sampel darah, pemeriksaan tekanan darah, dan pemulihan pasien.

6. Apoteker

Apoteker juga profesi yang tidak boleh dianggap remeh. Seorang Apoteker dituntut teliti dalam memberikan obat kepada pasien. Perannya hampir sama dengan perawat, yang berkaitan erat dengan pemulihan pasien. Apabila takaran obat tidak  sesuai, khasiat obat tidak akan efektif. Bahkan bisa terjadi overdosis hingga kematian.

 

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Profesi

7. Wartawan

Wartawan termasuk profesi yang membutuhkan keberanian dan keahlian. Wartawan/reporter/jurnalis memiliki tugas untuk mencari, mengumpulkan, memilih, mengelola berita, dan menyajikannya dengan cepat dan tepat. Mereka menyampaikan melalui media massa seperti media cetak, online, dan elektronik. Wartawan tidak cuma-cuma dalam menjalankan pekerjaannya. Dituntut professional serta patuh terhadap kode etik dan standar profesi wartawan.

8. Pilot

Pilot termasuk profesi dengan tanggung jawab yang cukup besar. Pilot bertugas mengendalikan pesawat sesuai keahlian dan pengetahuannya. Tidak semua orang bisa menjadi pilot. Pilot harus membawa puluhan hingga ratusan penumpang untuk terbang dan mendarat lagi dengan selamat.

 

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Profesi

9. Peneliti

Peneliti termasuk profesi yang selalu mengandalkan pengetahuan. Harus selalu cerdik dan berhati-hati dalam penelitian. Peneliti senior disebut sebagai Profesor. Ada peneliti fisika, kimia, biologi, geografi, dan masih banyak lagi. Tanggung jawab mereka cukup besar karena berkaitan erat dengan penemuan-penemuan baru.

10. Polisi

Polisi merupakan profesi yang harys mengemban tanggungjawab besar. Pekerjaannya berkaitan erat dengan  keamanan dan ketertiban negaranya. Harus selalu berhadapan dengan orang-orang jahat. Bahkan polisi selalu mempertaruhkan nyawa untuk melindungi warga negaranya.

Polisi sudah pasti tersebar di berbagai penjuru tanah air. Tujuannya untuk menjaga pemerataan kondusifitas di dalam negara. Polisi juga harus bersikap netral dalam menegakkan hukum kepada siapapun. Penegakan hukum tidak boleh bersikap “tajam ke bawah, tetapi tumpul ke atas”.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.