Sukses

Andre Taulany dan Rina Nose Dianggap Menghina Marga Latuconsina, Ini 7 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Andre Taulany dan Rina Nose tengah menjadi perbincangan hangat publik. Pasalnya dua komedian itu telah membuah marga Prilly Latuconsina sebagai bahan lelucon saat tampil di acara televisi. Andre dan Rina dinilai telah melecehkan nama salah satu marga orang Maluku, Latuconsina.

Dalam tayangan spesial Ramadhan tersebut, Andre Taulany dan Rina Nose melempar sebuah tebak-tebakan dengan memplesetkan marga Latuconsina. Andre Taulany melempar candaan dengan menyebut Prilly Latuconsina sebagai Latukondangan. Sedangkan Rina Nose menyebut Latuconsina sebagai Latukontraksi.

Candaan tersebut pun dikecam oleh salah satu pihak. Melalui akun Instagramnya, pria bernama Ustaz Arsal Tausikal menyampaikan bahwa perbuatan Andre Taulany dan Rina Nose sangat tidak pantas. Di tengah kehebohan ini, akhirnya Prilly Latuconsina angkat bicara.

Ia pribadi mengerti bahwa Andre Taulany dan Rina Nose tak punya niat sama sekali untuk menghina marganya. Berikut beberapa faktanya mengenai guyonan marga Prilly Latuconsina dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (19/5/2020).

2 dari 8 halaman

1. Prilly memahami jika Andre dan Rina tak bermaksud menghina marganya

Prilly Latuconsina mengaku bisa memahami Andre Taulani dan Rina Nose yang membuat marganya sebagai bahan lelucon saat tampil di acara televisi. Menurutnya, Andre dan Rina Nose tidak berniat menghina marganya.

"Kalau aku sendiri, aku sangat mengerti kalau itu memang sebuah candaan dan aku tahu banget," kata Prilly Latuconsina, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (18/5/2020).

"Kak Rina Nose dan Pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek apalagi mereka juga enggak tahu kalau Latuconsina itu adalah nama keluarga," sambungnya.

3 dari 8 halaman

2. Marga bersifat sakral

Meski demikian, Prilly menganggap guyonan terkait marga seseorang bisa menjadi bumerang bagi Andre dan Rina. Sebab, bisa jadi banyak orang merasa tersinggung dengan candaan tersebut.

Pemain film Danur ini juga tak bisa menyalahkan pihak yang memprotes lawakan Andre dan Rina. Sebab, nama marga memang bersifat sakral, jadi wajar bila ada yang tersinggung.

"Latuconsina itu nama keluarga dan nama keluarga itu kan sakral. Marga itu sakral dianggapnya jadi mungkin ada yang tersinggung dan sebenernya Latuconsina itu bukan satu-satunya marga, ada marga Latu lain," terangnya.

4 dari 8 halaman

3. Salah paham

Menurut Prilly, Andre mengaku tidak mengetahui bahwa Latuconsina merupakan marga ayahnya yang berasal dari Maluku. Artis yang namanya melejit lewat sinetron Ganteng Ganteng Serigala SCTV ini juga menilai bahwa permasalahan itu sebenarnya hanya sebuah kesalahpahaman.

"Cuma aku yakin ini hanya seperti salah paham lah. Mereka juga pasti enggak ada niat sama sekali untuk meledek gitu, enggak sengaja," papar Prilly.

5 dari 8 halaman

4. Andre Taulany minta maaf

Sadar telah melakukan hal yang tidak benar, Andre Taulany pun sudah meminta maaf secara langsung pada Prilly Latuconsina. Kebetulan, saat itu Prilly juga ada dalam program itu sebagai bintang tamu.

"Sebelum kejadian justru aku jadi bintang tamu, pas udah sampe sana, orang NET-nya ngomong ternyata ada kejadian ini. Wah ternyata, 'Oh iya, ya' gitu. Ya udah akhirnya minta maaf," kata Prilly Latuconsina saat dihubungi pada, Senin (18/5/2020).

Sehingga menurut mantan kekasih Maxime Bouttier ini, Andre tidak sengaja dan tidak berniat menghina marganya. Ia menjelaskan bahwa itu hanya candaan saja. Memang tujuannya untuk menghibur dan bukan meledek atau menyinggung perasaan orang.

6 dari 8 halaman

5. Sule juga minta maaf

Bahkan Sule yang juga memandu acara tersebut turut meminta maaf. Padahal, Sule sendiri sebenarnya tak ikut terlibat dalam candaan nama marga yang dilontarkan Andre Taulany dan Rina Nose.

"Iya Pak Andre sama Kang Sule udah minta maaf dan bilang itu enggak sengaja. Aku juga yang kayak 'Ya, iya lah enggak apa-apa, aku juga tahu itu enggak ada maksud apa-apa'," jelas wanita 23 tahun ini.

7 dari 8 halaman

6. Prilly tidak memperkarakan ke jalur hukum

Prilly menganggap permasalahan ini telah selesai dan tak akan memperkarakan ke jalur hukum. Ia memilih untuk saling memaafkan. Apalagi Ramadan adalah bulan yang baik.

"Yang paling terpenting dalam sebuah tindakan itu kan niatnya kalau memang tindakan ini enggak ada niat apa pun untuk menyinggung, apalagi melecehkan marga. Yang memang, pure tidak sengaja dan bercanda, menurut aku sih enggak usah panjang," tuturnya.

"Ya udah lah lagi Ramadan, kita kan juga lagi fokus bagaimana menghadapi pandemi, jadi lebih baik kita ya udah saling memaafkan aja sih menurut aku," Prilly Latuconsina mengakhiri.

8 dari 8 halaman

7. Andre Taulany dan Rina Nose resmi dilaporkan ke pihak berwajib

Meski Andre Taulany dan Rina Nose sudah menyampaikan permohonan maaf, nyatanya keduanya tetap dilaporkan ke pihak berwajib. Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan oleh seorang advokat yang diketahui bernama Ruswan Latuconsina dengan bukti laporan LP/2880/V/YAN 2.5/2020/SPKT PMJ. ke Polda Metro Jaya. Hal itu juga telah dibenarkan langsung oleh Ruswan Latuconsina saat dihubungi pada Senin (18/5/2020).

"Di acara talkshow di Net TV pada tanggal 17, itu talkshow Ramadan. Waktu itu hadir bintang tamu Rina Nose itu. Dibikin lah Latuconsina itu sebagai lelucon," katanya.

Keduanya dilaporkan dengan dugaan melanggar Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP. Artis Prilly Latuconsina diketahui telah memaafkan Andre Taulany dan Rina Nose. Namun tidak demikian dengan sebagian yang lain.

"Kita gak liat Prillynya tapi marga Latuconsina-nya. Ini melukai hati keluarga besar Latuconsina. Kita punya raja, kita punya tatanan adat itu tersendiri," tegas Ruswan Latuconsina.

Dari penuturannya, langkah hukum yang diambil ini merupakan keputusan keluarga besar Latuconsina-nya. "Dari pihak keluarga dari Ambon juga semua sudah satu suara untuk melaporkan yang bersangkutan," ujarnya lagi.