Sukses

15 Tempat Wisata Alam di Bali Eksotis, Tenang dan Bikin Betah

Keindahan alam Bali sudah tak diragukan lagi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam di Bali merupakan destinasi favorit di Pulau Dewata. Bali sudah tidak diragukan lagi popularitasnya di mata dunia. Bali menawarkan eksotisme alam berbalut budaya yang menawan.

Ketika menginjak pulau Bali, kamu mungkin ingin menyambangi tempat wisata alam di Bali. Tak terhitung tempat wisata alam di Bali yang bisa dikunjungi. Tempat wisata alam di Bali ini juga punya ragam bentuk mulai dari pantai, danau, desa wisata, hingga air terjun.

Tempat wisata alam di Bali memiliki keasrian dan keindahan yang begitu memanjakan mata. Banyak tempat wisata alam di Bali yang mudah dijangkau. Berikut 15 tempat wisata alam di Bali menawan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(19/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat wisata alam di Bali: Pantai

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa berada di Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti.

Pantai Sanur

Pantai Sanur menjadi tujuan favorit para pelancong untuk menikmati keindahan pantai di Denpasar. Lokasi pantai ini tepat berada di sebelah timur yang cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Ombak di pantai Sanur cukup tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat untuk menyelam dan snorkeling.

Pantai Yeh Leh

Berbeda dengan pantai kebanyakan yang bertaburkan pasir, Pantai Yeh Leh memiliki banyak batuan tersebar di area pantainya. Saat air sedang surut, batuan yang tersebar di sepanjang pantai ini memberi pesona tersendiri.

Pantai Melasti

Pantai Melasti terkenal akan formasi batu karang dan tebing yang menjulang tinggi. Pantai Melasti berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di pinggir pantai ini terdapat bangunan pura yang menambah eksotisme pantai Melasti. Tak cuma tebing dan karang, di Pantai Melasti kamu juga bisa menemukan laguna alami yang bisa dinikmati untuk berendam sembari menyaksikan matahari terbenam.

3 dari 6 halaman

Tempat wisata alam di Bali: Air terjun

Air Terjun Leke-Leke

Air Terjun Leke-Leke berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Lokasi Air Terjun Leke-Leke sangat tenang dan rindang dengan kesejukan udara yang dikeluarkan dari pepohonan dengan gemercik suara air yang menghantam batu.

Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo cenderung memiliki jatuhan air yang tenang. Ini karena air yang jatuh, melalui tebing berundak sehingga tidak menciptakan suara gemuruh. Di sekitar air terjun, terdapat sebuah gua yang konon dulunya digunakan pada masa penjajahan.

Air Terjun Kembar Banyumala

Air terjun Banyumala jadi salah satu air terjun tertinggi di Bali Utara. Di sini kamu bisa menemukan air terjun kembar yang berdekatan. Air Terjun Kembar Banyumala berlokasi di desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng.

4 dari 6 halaman

Tempat wisata alam di Bali: Desa wisata

Desa Ubud

Ubud adalah sebuah desa wisata di daerah kabupaten Gianyar, Bali. Ubud terutama terkenal akan panorama terasering persawahan dan hutannya yang masih sangat asri. Selain itu, Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang pesat.

Kintamani

Kintamani merupakan kawasan wisata pemandangan alam di Bali. Potensi wisata kawasan ini adalah pemandangan kawasan pegunungan yang unik dan menakjubkan. Kombinasi antara Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia.

5 dari 6 halaman

Tempat wisata alam di Bali: Danau

Danau Beratan

Danau Beratan berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Danau ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba. Di pinggir danau ini terdapat Pura Ulun danu yang merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali.

Danau Buyan

Tak jauh dari Danau Beratan, kamu juga bisa menemukan danau kawah lain yang bernama Danau Buyan. Danau ini berlokasi di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari ketiga danau kembar, Danau Buyan merupakan danau yang paling luas.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Kawasan danau ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Danau ini tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar danau ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

Danau Batur

Danau Batur merupakan sebuah danau kawah di Kintamani, Kabupaten Bangli di Bali. Danau ini berada di dalam kaldera gunung berapi aktif, Gunung Batur, terletak di sepanjang, aktivitas vulkanis Cincin Api Pasifik. Danau ini merupakan danau eksotis dengan pemandangan ketinggian yang damai dan sejuk.

6 dari 6 halaman

Tempat wisata alam di Bali: Taman nasional dan kebun raya

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul atau yang juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali merupakan salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bedugul berada di ketinggian 1.250–1.450 m. Kini Kebun Raya ini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia.

Kebun Raya Bedugul terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi. Kebun Raya ini berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Di sini terdapat beragam koleksi botani seperti anggrek, tumbuhan paku, begonia, kaktus dan koleksi tanaman yang digunakan untuk Upacara Adat Hindu Bali.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali yang terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.