Sukses

Sempat Trending, Ini 5 Fakta Lagu 'Keke Bukan Boneka' yang Hilang dari YouTube

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu yang lalu nama selebgram Kekeyi berhasil mencapai kesuksesannya di dunia tarik suara. Pemilik nama lengkap Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka ini merilis single berjudul "Keke Bukan Boneka" pada Jumat (29/5/2020) lalu.

Hanya berselang beberapa menit rilis, lagu tersebut langsung menjadi trending nomor satu di YouTube Indonesia. Namun sayangnya ketika lagu tersebut menjadi trending, Kekeyi tersandung kasus hak cipta. Wanita berusia 25 tahun tersebut pun kembali menjadi perbincnagan netizen.

Musisi Novi Umar lewat Instagram pribadinya mengunggah video pernyataan soal lagu yang dibawakan Kekeyi mirip dengan lagu hasil ciptaannya yang dinyanyikan oleh solois, Rinni Wulandari. Bagian lagu yang diduga plagiat adalah pada lirik 'Keke bukan boneka' yang diulang beberapa kali.

Semakin merambat ke ranah plagiasi, kini video klip Keke Bukan Boneka milik Kekeyi akhirnya di-take down oleh pihak YouTube. Berikut ini 5 fakta hilangnya single terbaru Kekeyi yang sempat trending, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (5/6/2020).

2 dari 6 halaman

1. Klarifikasi Rinni Wulandari

Dituding plagiat lagu "Aku Bukan Boneka" yang dibawakan oleh Rinni Wulandari, pemenang Indonesian Idol Musim ke-4 ini pun memberikan klarisifikasinya. Terlebih lagi ketika video klip Kekeyi itu hilang dari YouTube, banyak netizen yang berkomentar di akun Instagram miliknya. 

"Terkait dengan di take down-nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka yang dimana Sony Music sekarang bukan lagi label aku," tulisnya di Instagram pada Kamis (4/6/2020).

Ia pun membeberkan alasan mengapa video dari selebgram berusia 25 tahun itu hilang dari YouTube. 

"Nah video yang kena takedown sama Youtube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum di situ," lanjutnya. 

3 dari 6 halaman

2. Kekeyi Tak Ingin Diganggu Dulu

Video klip "Keke Bukan Boneka" sudah tak bisa ditemukan lagi di YouTube sejak Kamis (4/6/2020) malam. Mengetahui video klipnya di-take down, Kekeyi pun mengunggah pernyataan di Instagram Storiesnya. 

Selebgram ini mengaku pasrah atas kejadian tersebut. Sejak baru dirilis, single "Keke Bukan Boneka" viral dan tuai pro kontra. Lewat Instagram Storiesnya, ia kini tengah berusaha menghilangkan trauma.

"Saat ini aku ingin belajar ikhlas, dan aku belajar untuk menerima serta aku ingin menghilangkan trauma dalam diriku. Karena sudah satu minggu aku dalam rasa deg deg an yang amat sangat. Biarkan aku termenung sahabat. Tolong jangan ganggu saya dulu" tulis Kekeyi pada Jumat (5/6/2020).

4 dari 6 halaman

3. Minta Bantuan Anji

Tersandung masalah copyright, Kekeyi rupanya meminta bantuan dari musisi Tanah Air yakni Anji. Dalam unggahan Insta Story-nya, Anji menceritakan bahwa Kekeyi meminta pertolongannya untuk mengurusi perihal copyright.

"Ketika mendapatkan masalah ini, @rahmawatikekeyiputricantikka23 dan Mamanya minta bantuan saya tentang urusan copyright karena mereka tidak mengerti sama sekali," tulis Anji pada Kamis (5/6/2020). 

Anji melanjutkan jika dirinya belum bisa membantu lantaran tak memiliki surat kuasa. Namun mendengar lagu Kekeyi telah ditake down oleh YouTube, Anji melanjutkan jika ini bukan soal permasalahan pribadi Kekeyi namun soal industri musik terkait hak cipta.

5 dari 6 halaman

4. Kevin Aprilio Beri Dukungan

Tak hanya mendapatkan dukungan dari Anji saja, anak dari musisi Addie MS yakni Kevin Aprilio juga memberikan dukungannya. Kevin bahkan mengunggah tangkapan layar dirinya dengan Kekeyi lewat DM yang berisi dukungan semangat bagi Kekeyi. Ia juga menuliskan caption panjang di Instagram miliknya.

"Kenapa di take down? Miripnya cuman sedikit banget, bukan part yang ada nada vocal, dan belum tentu Kekeyi sadar pas dia bikin part 'aku bukan boneka'," tulis Kevin.

Dalam pesan singkat itu, putra sulung Addie MS tersebut merasa sedih saat mengetahui langsung bahwa lagu milik Kekeyi sudah dihapus di YouTube. Kevin sangat menyayangkan sikap pihak yang telah men-take down klip lagu milik Kekeyi tanpa adanya komunikasi terlebih dahulu.

"Aduh... smngt ya key. Sumpah sedih aku.. kamu orang baik. Bismillah semoga diganti rejekinya melimpah dr yang lain2" tulis Kevin Aprilio dalam pesan singkat kepada Kekeyi yang diunggah pada Jumat (5/6/2020).

6 dari 6 halaman

5. Trending Nomor Satu di YouTube

Seperti yang diketahui jika single milik Kekeyi berjudul "Keke Bukan Boneka" sempat menduduki peringkat nomor satu di YouTube Indonesia. Bahkan selebgram ini berhasil menggeser posisi Lady Gaga ft. BLACKPINK yang juga baru merilis single terbaru berjudul "Sour Candy". 

Video klip single perdana Kekeyi berdurasi 3 menit 26 detik itu menceritakan tentang dirinya yang kerap dipermainkan oleh para pria. Menggenakan gaun bermotif kupu-kupu, Kekeyi tampak dikawal oleh dua orang pria tampan saat menyanyikan lagunya. 

Dilansir dari Social Blade tercatat bahwa video ini sempat ditonton sebanyak 12,6 juta kali dan telah mendapatkan komentar 310 ribu kali. Platform ini memperkirakan bahwa video tersebut menghasilkan US$6.300-US$50.200 atau setara dengan Rp 91,78 juta-Rp 731,34 juta.