Sukses

10 Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Kenali macam-macam perangkat lunak komputer agar bisa memaksimalkan penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Komputer pada umumnya terdiri dari dua perangkat, yakni perangkat lunak dan perangkat keras. Kedua perangkat ini memiliki bentuk dan peranan yang jauh berbeda. Perangkat lunak komputer jauh lebih transparan, sedangkan perangkat keras komputer lebih nyata.

Nah, perangkat lunak transparan inilah yang akan lebih sulit dikenali. Maka dari itu, penting untuk mengenali macam-macam perangkat lunak komputer ini. Tujuannya agar bisa lebih memahami dan memaksimalkan peranannya.

Mengenali dan memahami macam-macam perangkat lunak komputer memang akan sangat berpengaruh pada penggunaan komputer yang lebih maksimal. Meski komponen macam-macam perangkat lunak komputer ini tidak terlihat secara fisik, tetapi bisa dioperasikan langsung oleh pengguna.

Berbagai macam tugas menjadi lebih mudah dijalankan oleh komputer dengan perangkat lunak ini. Sebab, fungsi utama perangkat lunak ini adalah menjembatani antara pengguna komputer dengan perangkat keras untuk melakukan tugas.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam perangkat lunak komputer dari berbagai sumber, Senin (15/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating system (OS) merupakan bagian dari komputer sebelum adanya perangkat lunak lain. Sistem operasi ini berguna untuk mengendalikan, mengontrol/memberikan koneksi dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi ini biasanya berupa Windows, Linux, Mac, Android dan masih banyak lagi. Masing-masing sistem operasi memiliki kekurangan dan kelebihannya yang berbeda.

Pengolah Kata

Pengolah kata dikenal dengan nama word processing. Perangkat lunak ini berhubungan dengan pembuatan dokumen, penyuntingan, dan penyusunan dokumen. Perangkat lunak pengolah kata akan memudahkan pembuatan surat lamaran kerja, proposal, hingga naskah pidato.

Bahkan, data dalam bentuk grafik, gambar, dan tabel juga bisa disajikan dengan perangkat ini. Perangkat lunak ini berupa Microsoft Word, Open Office Writer, LibreOffice, Lotus World, WordPerfect dan masih banyak lagi.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Browser

Perangkat lunak komputer juga terdiri dari browser. Browser ini akan sangat membantu pengguna menjelajahi/mengakses informasi melalui internet. Pengguna juga semakin dimudahkan dengan layanan search engine. Pengguna menjadi lebih mudah melakukan pencarian data dengan menulis kata kunci pada kolom pencarian yang disediakan. Perangkat lunak browser ini berupa Mozilla, Chrome, Safari, Internet Explorer, dan Opera.

Desain Grafis

Perangkat lunak komputer ini cocok digunakan pengguna yang suka atau memiliki pekerjaan di bidang desain. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk komunikasi visual dalam menyampaikan informasi secara interaktif. Hampir sama seperti perangkat lunak pengolah gambar. Perangkat ini juga bisa mendatangkan peluang besar untuk binis. Perangkat lunak ini berupa Photo Scape, Adobe Indesign, Adobe Frame Maker, Picture Manager, dan masih banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Presentasi

Perangkat lunak presentasi akan sangat memudahkan pengguna membuat poin-poin penyajian data. Perangkat ini akan berguna untuk kepentingan sekolah, kuliah, dan perkantoran. Proses penyampaian ide atau gagasan juga menjadi lebih menarik dan interaktif. Hal ini akan membuat audiens menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan dan mudah memahaminya.

Pengguna juga bisa menambahkan objek seperti gambar, video, dan suara pada presentasinya. Perangkat ini seperti Microsoft PowerPoint, Open Office Impress, KPresenter, iWork KeyNote, Macromedia Authorware dan masih banyak lagi.

Pengolah Gambar

Perangkat lunak pengolah gambar ini berhubungan erat dengan desain grafis. Pengguna bisa membuat, mengolah, dan melakukan penyuntingan pada gambar. Perangkat ini juga akan sangat memudahkan pemasaran dan perikalanan. Perangkat ini bisa mendatangkan banyak peluang bisnis jika bisa memanfaatkan dengan maksimal. Perangkat ini adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Freehand, dan masih banyak lagi.

 

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Jaringan Komputer

Perangkat lunak jaringan komputer dirancang untuk membantu perangkat keras menjalankan fungsinya lebih baik. Perangkat ini dikembangkan untuk mengelola, mengawasi, dan melakukan pemeliharaan jaringan komputer. Perangkat ini biasanya digunakan di perkantoran, sekolah, dan perguruan tinggi. Perangkat lunak ini berupa Microsoft Network Monitor, Angry IP Scanner, OpenNMS, Wireshark, dan masih banyak lagi.

Chatting

Perangkat lunak komputer juga menyediakan chatting. Perangkat lunak ini digunakan untuk mendukung aktivitas komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Fungsi utamanya hampir sama dengan perangkat lunak pada ponsel. Pengguna bisa saling bertukar pesan dengan lebih mudah. Perangkat lunak ini berupa Yahoo Messenger, Facebook, LINE, WhatsApp, dan masih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Pengolah Angka

Perangkat lunak pengolah angka sangat berkaitan dengan data dalam bentuk angka. Perangkat ini akan memudahkan pembuatan tabel, pengolahan data grafik, perhitungan, dan menyimpan data angka. Perangkat lunak pengolah angka ini seperti Microsoft Excel, KSpread, Open Office Calc, Star Office, dan masih banyak lagi.

Pengolah Data

Perangkat lunak ini berkaitan erat dengan pengelolaan data dalam jumlah cukup besar (database). Perangkat ini akan memudahkan pengguna dalam membuat data, menyunting, menyeleksi data, dan membuat laporan. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual karena sudah ada perangkat lunak yang mengaturnya secara otomatis. Perangkat lunak pengolah data ini berupa Microsoft Access, Foxbase, SPSS, MySQL, dBase dan masih banyak lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini